Boladunia

Final Piala Dunia Prancis Vs Kroasia Dipimpin Wasit Argentina

Wasit asal Argentina, Nestor Pitana akan memimpin partai puncak Piala Dunia 2018.

Stephanus Aranditio

Nestor Pitana (Sumber: FIFA)
Nestor Pitana (Sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Wasit asal Argentina, Nestor Pitana akan memimpin partai final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Minggu (15/7/2018) 22:00 WIB. Pitana akan dibantu oleh asisten wasit Hernan Maidana dan Juan Pablo Bellati, keduanya juga berasal dari Argentina.

Pitana adalah seorang guru pendidikan jasmani berusia 43 tahun, ia telah memimpin empat pertandingan di Rusia 2018, diantaranya parta pembuka Rusia v Arab Saudi dan Meksiko v Swedia di babak grup, babak 16 besar antara Kroasia dan Denmark , serta perempat final antara Uruguay dan Prancis.

Pitana telah menjadi wasit internasional sejak tahun 2010. Dia adalah wasit Argentina kedua yang pernah berpartisipasi dalam dua kali Piala Dunia setelah Norberto Coerezza yang pernah memimpin dua Piala Dunia pada 1970 dan 1978.

Nestor Pitana
Nestor Pitana

Ia juga wasit asal Argentina kedua yang memimpin partai Final Piala Dunia setelah Horacio Elizondo pada tahun 2006.

Pitana adalah salah satu wasit paling berpengalaman di Amerika Selatan dan memiliki pengalaman memimpin pertandingan di level remaja. Tiga pertandingan Piala Dunia U-17 2013 pernah ia pimpin.

Tahun berikutnya ia dikirim ke Piala Dunia 2014 di Brasil, Pitana memimpin empat pertandingan, salah satunya Prancis Vs Jerman di perempat final. 

Untuk duel perebutan tempat ketiga antara Belgia dan Inggris, FIFA menunjuk wasit Iran yang pernah memimpin Liga 1 Indonesia, Alireza Faghani. Dia akan didampingi Reza Sokhandan dan Mohammed Mansouri sebagai asisten, serta Malang Diedhiou yang jadi wasit keempat.

Berita Terkait

Berita Terkini