Prediksi Rusia vs Kroasia di Perempat Final Piala Dunia 2018

Rusia dan Kroasia yang sama sama berstatus sebagai tim underdog bakal melakoni laga perempat final Piala Dunia 2018 malam ini. Ini akan jadi ajang pembuktian siapa yang pantas menuju babak semifinal.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Sabtu, 07 Juli 2018 | 22:56 WIB
Rusia vs Kroasia/Bolatimes.com

Rusia vs Kroasia/Bolatimes.com

Bolatimes.com - Berstatus menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia sejatinya tergolong sebagai salah satu tim non unggulan alias underdog. Demikian juga halnya dengan Kroasia. Maka, wajar jika laga perempat final antara Rusia vs Kroasia, Minggu (8/7/2018) dini hari nanti, disebut sebagai duel dua tim underdog demi menggapai impian.

Kedua tim juga sama-sama melaju ke fase ini setelah menjalani laga berat di 16 Besar atau perdelapan final. Rusia akhirnya berhasil menaklukkan juara Piala Dunia 2010, Spanyol, sementara Kroasia menyingkirkan Denmark. Dua-duanya harus mengakhiri laga lewat drama adu penalti.

Tidak dipungkiri, Rusia punya satu keuntungan dalam hal ini karena bermain di hadapan publik sendiri, di salah satu stadion kebanggaan mereka yaitu Fisht Stadium di Sochi. Namun Kroasia punya kelebihan lain sebagai salah satu tim yang belum terkalahkan sejauh ini (empat pertandingan). Sedangkan Rusia sempat ditekuk Uruguay di penyisihan grup.

Baik tim tuan rumah asuhan pelatih Stanislav Cherchesov, maupun Kroasia yang diasuh pelatih Zlatko Dalic, jelas kini sama-sama punya misi untuk bisa melangkah lebih jauh yaitu ke semifinal atau empat besar. Bahkan lebih dari itu, impian berlaga di partai puncak dan peluang merebut trofi pun kini ada di benak mereka, kendati saat ini masih sama-sama akan fokus dulu ke laga di hadapan mata.

"Tidak ada tekanan berat bagi kami lagi seperti saat menjelang turnamen ini. Kini kami sudah di perempat final. Kami hanya ingin menyenangkan para pendukung kami, dan melaju lebih jauh. Itu saja," ungkap salah seorang pemain timnas Rusia, Aleksandr Samedov, sebagaimana dilansir situs FIFA.

"Kami tidak butuh eforia saat ini, karena turnamen ini masih berjalan. Beberapa tim hebat sudah harus tersingkir, dan di pertandingan fase knock out (seperti ini) tidak ada ruang untuk berbuat kesalahan," tutur pelatih Cherchesov pula, menekankan fokus timnya saat ini.

Para pemain timnas Rusia saat berlatih di Park Arena di Sochi, Jumat (6/7/2018), jelang laga perempat final Piala Dunia 2018 melawan Kroasia. [Nelson Almeida / AFP]
Para pemain timnas Rusia saat berlatih di Park Arena di Sochi, Jumat (6/7/2018), jelang laga perempat final Piala Dunia 2018 melawan Kroasia. [Nelson Almeida / AFP]

Di kubu timnas Kroasia, komentar senada antara lain datang dari dua penggawa mereka, Ivan Rakitic dan Luka Modric. Tanpa sedikit pun meremehkan lawan, optimisme dan tekad menggapai hasil terbaik pun terdengar dari mulut mereka.

"Bagiku, semua pertandingan istimewa saat bermain bagi tim nasional. Kami sangat termotivasi untuk menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa kami bermain dengan hebat, bahwa kami adalah tim yang bagus," ujar Rakitic.

"Ya, saya menduga taktiknya (Rusia) akan sama (saat melawan Spanyol). Rusia adalah tim yang tak nyaman (untuk dihadapi). Mereka banyak berlari dan sangat terorganisir. Mereka pantas ada di perempat final dan tentunya akan berusaha melangkah jauh. Menghadapi Rusia dan pendukungnya akan jadi sesuatu yang luar biasa," komentar Modric pula.

"Bisa bermain di Piala Dunia ini adalah satu kebanggaan besar. Bermain untuk tim kami merupakan kehormatan besar sekaligus sebuah kesenangan. Namun memenangi Piala Dunia bersama Kroasia itu hampir tak terbayangkan, seperti sebuah dongeng paling indah. Akan luar biasa (rasanya jika bisa) mengangkat trofi itu sebagai kapten tim," sambung Modric mengutarakan impian yang kini ada di benaknya.

Pemain Kunci dan Kondisi Tim

Selain Samedov, pemain kunci yang kembali bakal diharapkan maksimal memainkan perannya di Rusia adalah Aleksandr vin dan Denis Cheryshev. Demikian juga dengan Artem Dzyuba di lini terdepan, dan tentu saja Igor Akinfeev di bawah mistar gawang.

Namun pelatih Cherchesov saat ini harus kehilangan Yuri Zhirkov yang cedera. Sementara untuk pemain penting lainnya yang sudah harus absen sejak awal, Alan Dzagoev, kondisinya dilaporkan sudah membaik dan bakal ditentukan di saat-saat terakhir oleh sang pelatih apakah bakal masuk starting line-up atau tidak.

Di pihak lain, Kroasia juga mengalami masalah ketika Mateo Kovacic dan Ivan Strinic berada dalam kondisi cedera. Walau demikian, perkembangan kondisi terakhir akan memastikan apakah mereka maupun salah satunya bisa dimainkan sejak awal atau tidak kali ini.

Yang jelas, sesuai prediksi banyak pengamat, selain Rakitic dan Modric, pelatih Dalic masih akan mengandalkan beberapa pilar seperti Dejan Lovren, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Ivan Perisic, serta Mario Mandzukic di depan. Tidak terkecuali tentunya kiper Danijel Subasic yang aksinya tak kalah hebat kala melawan Denmark.

Suasana latihan para pemain timnas Kroasia di Park Arena, Sochi, Jumat (6/7/2018), jelang laga perempat final Piala Dunia 2018 melawan Rusia. [Adrian DENNIS / AFP]
Suasana latihan para pemain timnas Kroasia di Park Arena, Sochi, Jumat (6/7/2018), jelang laga perempat final Piala Dunia 2018 melawan Rusia. [Adrian DENNIS / AFP]

Head to Head dan Fakta Menarik

*Rusia dan Kroasia sejauh ini baru bertemu tiga kali. Dua di antaranya adalah imbang tanpa gol saat kualifikasi Euro 2008, sementara Kroasia menang 3-1 dalam laga di Rostov-On-Don tahun 2015 lalu.

*Adu penalti lawan Spanyol kemarin adalah adu penalti pertama kalinya bagi Rusia di ajang Piala Dunia. Hebatnya, semua penendang mereka (4 orang) sukses mencetak gol dengan baik, sementara kiper Akinfeev dua kali menggagalkan penalti lawan.

*Lima kali ikut Piala Dunia, ini adalah kali ketiga Kroasia berhadapan dengan tuan rumah. Dua pengalaman terdahulu berbuah tak mengenakkan; kalah 1-2 dari Prancis di semifinal 1998, dan menyerah 1-3 di tangan Brasil dalam laga pembuka 2014 lalu.

Perjalanan di Piala Dunia 2018

Rusia
14 Juni: Rusia vs Arab Saudi 5-0
Rusia: Yury Gazinsky, Denis Cheryshev (2x), Artem Dzyuba, Aleksandr vin

19 Juni: Rusia vs Mesir 3-1
Rusia: Ahmed Fathy (bunuh diri), Denis Cheryshev, Artem Dzyuba

25 Juni: Uruguay vs Rusia 3-0

1 Juli (16 Besar): Spanyol vs Rusia 1-1 (3-4)
Rusia (waktu normal): Artem Dzyuba (penalti)

Kroasia
16 Juni: Kroasia vs Nigeria 2-0
Kroasia: Oghenekaro Etebo (bunuh diri), Luka Modric (penalti)

21 Juni: Argentina vs Kroasia 0-3
Kroasia: Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic

26 Juni: Islandia vs Kroasia 1-2
Kroasia: Milan Badelj, Ivan Perisic

1 Juli (16 Besar): Kroasia vs Denmark 1-1 (3-2)
Kroasia (waktu normal): Mario Mandzukic

Prakiraan Pemain (Starting Line-up)

Rusia:
Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergey Ignashevich, Fedor Kudryashov; Roman Zobnin, Daler Kuzyaev; Aleksandr Samedov, Aleksandr vin, Denis Cheryshev; Artem Dzyuba
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Kroasia:
Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Data pertandingan:
Laga perempat final Piala Dunia 2018
Venue: Fisht Stadium (Sochi)
Wasit: Sandro Ricci (Brasil)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak