Boladunia

Tundukkan Uruguay 0-2, Prancis Jadi Tim Pertama ke Semifinal

Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal setelah menang atas Uruguay di partai perempat final Piala Dunia 2018 dengan skor 2-0.

Galih Priatmojo

Raphael Varane merayakan gol pertamanya ke gawang Uruguay bersama Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. Prancis akhirnya lolos ke semifinal setelah menang 2-0 di perempat final Piala Dunia, Jumat (6/7/2018). Mladen ANTONOV / AFP
Raphael Varane merayakan gol pertamanya ke gawang Uruguay bersama Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. Prancis akhirnya lolos ke semifinal setelah menang 2-0 di perempat final Piala Dunia, Jumat (6/7/2018). Mladen ANTONOV / AFP

Bolatimes.com - Uruguay menyerah 0-2 atas Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2018 yang digelar di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7/2018) malam WIB. Dua gol Prancis dibukukan Raphael Varane di menit 40 dan Antoine Griezmann di menit 61.

Berkat kemenangan itu, Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2018. Di babak empat besar nanti, Les Bleus -julukan Timnas Prancis- akan menghadapi pemenang laga antara Brasil kontra Belgia yang akan dihelat Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB nanti. 

Di 10 menit pertama, Prancis tampak lebih mendominasi penguasaan bola. Namun, Uruguay lebih sering melakukan tekanan.

Pada menit keempat, Cristhian Stuani yang tampil sebagai pengganti Edinson Cavani sejatinya punya kesempatan melepaskan tembakan dari muka gawang namun ia gagal melakukannya. Dua menit berselang, Stuani kembali memperoleh ruang untuk melakukan tembakan, namun kali ini tendangannya melebar.

Prancis sendiri masih kesulitan menemukan celah di lini pertahanan Uruguay. Serangan-serangan mereka masih mudah dipatahkan meski sudah mencoba menekan dari dua flank.

Peluang bagi Prancis akhirnya hadir di menit 15. Kylian Mbappe mendapat peluang untuk membuka keunggulan Prancis. Namun sayang, timing sundulannya tidak tepat, padahal sang penyerang sudah berdiri bebas di depan gawang Uruguay. Bola tandukannya pun melambung di atas gawang Uruguay kawalan kiper Fernando Muslera.

Tempo pertandingan yang cenderung lambat membuat Prancis kesulitan memaksimalkan kecepatan-kecepatan yang dimiliki oleh Mbappe dan Griezmann. Sebaliknya, ketidakhadiran Cavani membuat Uruguay juga tak punya daya untuk bisa memberikan kejutan kepada Prancis.

Menit 34, Mbappe sukses mengirimkan crossing mendatar ke mulut gawang Uruguay. Sayang, tidak ada pemain Prancis lainnya yang mengiringi serangan itu sehingga bola bergulir begitu saja melintasi kotak penalti.

Menit 40, Prancis akhinya memecah kebuntuan mereka lewat gol Varane. Bola free kick Griezmann dari sisi kanan berhasil ditanduk bek Real Madrid itu untuk merobek jala gawang Uruguay. Muslera praktis tak bisa berbuat banyak untuk menahan bola yang memang meluncur deras masuk ke gawangnya.

Tertinggal 0-1, Uruguay pun ngotot untuk mencari gol penyama kedudukan di sisa waktu babak pertama. Menit 44, Uruguay nyaris menciptakan gol. Sundulan Martin Caceres memanfaatkan umpan dari tendangan bebas berhasil ditepis secara luar biasa oleh kiper Prancis Hugo Lloris.

Sayang, bola muntah gagal dimanfaatkan Diego Godin untuk menjadi gol. Padahal, gawang Prancis sudah kosong lantaran Lloris masih dalam posisi terjatuh. Sepakan Godin dari jarak dekat melambung di atas gawang Prancis.

Tak berselang lama, wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama. Prancis unggul 1-0 saat half-time. 

Prancis langsung mendapat dua tendangan bebas di lima menit awal babak kedua. Namun, sodoran Griezmann dan Mbappe ke kotak 16 Uruguay kali ini masih belum bisa dimanfaatkan untuk menjadi gol.

Menit 58, giliran Uruguay yang  menekan. Sayang,  sepakan keras Caceres masih berakhir di atas mistar gawang Prancis.

Tiga menit berselang, seakan keasyikan menyerang, Uruguay justru kebobolan gol kedua Prancis. Sepakan Griezmann dari luar kotak penalti sejatinya jadi tidak terlalu keras.

Namun, bola mudah ini tak bisa diantisipasi dengan baik oleh Muslera. Ya, sang kiper Uruguay melakukan blunder, halauannya tak maksimal yang membuat bola justri masuk ke gawangnya. Prancis pun unggul 2-0.

Pada menit 67, pertandingan sempat terhenti karena ada keributan antar para pemain kedua tim. Keributan bermula dari Mbappe yang terlihat diving setelah berbenturan dengan Cristian Rodriguez. Godin yang kesal langsung menarik Mbappe untuk berdiri.

Well, wajar memang jika para pemain Uruguay berang. Sebelum clash dengan Rodriguez tersebut, Mbappe sempat show-off dengan melakukan flick. Sang wonderkid nampaknya sudah begitu yakin atas kemenangan Prancis dan terlihat meremehkan lawan.

Pemain-pemain Prancis lalu menghampiri titik keributan, begitu juga pemain Uruguay. Wasit Nestor Pitana kemudian sibuk melerai kedua kubu dan menghadiahi Mbappe dan Rodriguez dengan kartu kuning.

Laga kembali berlanjut, Prancis nampak bermain lebih defensif. Steven Nzonzi pun dimasukkan untuk menggantikan pemain sesama gelandang bertahan, yakni Corentin Tolisso di menit 80. Uruguay praktis kesulitan menembus pertahanan Prancis yang memang solid sejak awal laga.

Prancis kemudian dengan mudah melewati sisa pertandingan dan berhasil menjaga keunggulan 2-0 hingga laga rampung.

Susunan Pemain

Uruguay XI (4-1-3-2): Muslera; Laxalt, Godin, Gimenez, Caceres; Torreira; Vecino, Bentancur/ C. Rodriguez, Nandez/Urretaviscaya; Stuani/Gomez, Suarez.

Pelatih: Oscar Tabarez (Uruguay) 

Prancis XI (4-3-3): Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez; Tolisso/N'Zonzi, Kante, Pogba; Mbappe/Dembele, Griezmann/Fekir, Giroud.

Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Berita Terkait

Berita Terkini