Boladunia

Jordan Pickford Ungkap Dirinya Sudah Pelajari Penalti Kolombia

Usai pertandingan Pickford mengaku bahwa ia telah mempelajari kebiasaan pemain ketika menendang penalti.

Rendy Adrikni Sadikin | Andiarsa Nata

Jordan Pickford/Twitter
Jordan Pickford/Twitter

Bolatimes.com - Kiper Inggris, Jordan Pickford menjadi pahlawan kemenangan setelah menggagalkan tendangan penalti pemain Kolombia.

Atas satu penyelamatannya itu ia berhasil membuat Inggris melangkahkan kakinya di perempat final Piala Dunia 2018. Usai pertandingan Pickford mengaku bahwa ia telah mempelajari kebiasaan pemain ketika menendang penalti.

Pada laga yang berlangsung di Spartak Arena, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB itu Inggris dan Kolombia bermain imbang 1-1 hingga dua babak tambahan waktu.

Tendangan Harry Kane lewat titik putih penalti mampu membawa Inggris memimpin pada menit ke-57. Tetapi Kolombia berhasil menyamakan kedudukan lewat gol tandukan dari Yerry Mina pada menit 90+3.

Kolombia pun harus mengakui kemenangan Inggris setelah kalah lewat drama adu penalti dengan skor akhir 4-3.

Pada drama adu penalti itu, Jordan Pickford berhasil menghentikan satu tendangan dari Carlos Bacca, sedangkan satu gol dari Mateus Uribe membentur mistar gawang. Saat itu juga Pickford berhasil memprediksi arah tendangan dari Uribe.

Aksi Jordan Pickford di babak adu penalti/Twitter
Aksi Jordan Pickford di babak adu penalti/Twitter

Setelah laga usai, kiper Everton ini mengaku sudah mempelajari tendangan penalti dari para pemain Kolombia. Tetapi menurut Pickford, hanya Radamel Falcao yang melakukan kebiasaan yang berbeda pada adu penalti laga itu.

“Kami melakukan penelitian kami pada (penendang penalti Kolombia) untuk pemain utama dengan staf analisis. Falcao adalah satu-satunya yang tidak seperti biasanya," ungkap Jordan Pickford dikutip dari Squawka.

“Hanya mengatur, bereaksi dan pergi dengan kekuatan. Dan saya punya kekuatan dan kelincahan. Saya tidak peduli jika saya bukan penjaga terbesar, tapi saya punya kekuatan dan kelincahan untuk membantu kami melewati putaran ini," katanya menambahkan.

Kemenangan The Three Lions dipastikan setelah lima eksekutor penaltinya, yakni Harry Kane, Marcus Rashford, Kieran Trippier, dan Eric Dier berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Hanya Jordan Henderson yang gagal mengeksekusi penalti.

Inggris pun melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018. Harry Kane dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Swedia yang telah berhasil mengalahkan Swiss sebelumnya.

Berita Terkait

Berita Terkini