Boladunia

3 Alasan Brasil Bisa Raih Trofi Piala Dunia 2018

Maju ke babak perempat final, tim Negeri Samba pun semakin memiliki peluang besar untuk merengkuh trofi Piala Dunia untuk keenam kalinya.

Rendy Adrikni Sadikin | Andiarsa Nata

Penggawa Brasil/Twitter
Penggawa Brasil/Twitter

Bolatimes.com - Langkah Brasil di Piala Dunia 2018 terus berlanjut usai mengalahkan Meksiko di babak 16 besar. Brasil sukses menyingkirkan Meksiko dengan skor 2-0 pada laga yang dihelat di Stadion Samara Arena, Senin (2/8/2018).

Tim Negeri Samba pun semakin memiliki peluang besar untuk merengkuh trofi Piala Dunia untuk keenam kalinya.

Laga melawan Meksiko itu menjadi ajang pembuktian Neymar dan kawan-kawan bahwa Brasil layak untuk meraih trofi Piala Dunia 2018. Pada laga itu anak asuh Tite juga memperlihatkan mental kuat yang dimiliki oleh para penggawa Brasil.

Setelah menggempur habis-habisan gawang Meksiko yang dijaga kuat oleh kiper Guillerma Ochoa, akhirnya pada menit 51 Neymar berhasil membobol gawang Meksiko. Kemudian disusul oleh gol Roberto Firmnio pada menit 88.

Brasil sempat tampil kurang meyakinkan pada laga perdanya lantaran ditahan imbang 1-1 oleh Swiss, tatapi kini perlahan tapi pasti performa para pemain Brasil telah membaik.

Lolosnya ke babak perempat final ini membuat tim besutan Tite memiliki kesempatan untuk melaju ke final dan meraih trofi Piala Dunia 2018.

Berdasarkan Sportskeeda, berikut 5 alasan kenapa Brasil dapat merengkuh trofi Piala Dunia 2018.

1. Pertahanan yang kuat

Banyak yang mengatakan memiliki penyerang yang tajam akan dapat memenangkan pertandingan, tetapi ungkapan tersebut tidak selamanya benar. Lihat saja, Argentina yang memiliki deretan peyerang terbaik di dunia bahkan tidak dapat lolos ke babak perempat final.

Sebagai contoh, pada Piala Dunia 2006 Italia berhasil meraih trofi Piala Dunia dengan didasarkan oleh pertahanan yang kuat. Saat itu Italia hanya kebobolan dua kali.

Sejauh Piala Dunia 2018 telah digelar, Brasil hanya kebobolan satu kali saat berhadapan dengan Swiss dengan hasil imbang 1-1.

Itu membuktikan bagusnya barisan pertahanan yang dipimpin oleh Thiago Silva di lini belakang.

2. Pemain Cadangan yang sama menakutkan

Neymar dan Firmino rayakan gol/Twitter
Neymar dan Firmino rayakan gol/Twitter

Pemain cadangan Brasil pun diisi oleh pemain-pemain sama bagusnya dengan pemain inti. Sebut saja kiper kedua Brasil, Ederson Moraes. Kiper Manchester City ini adalah kiper termahal dalam sejarah sepak bola.

Selain itu, di lini depan Brasil mempunyai penyerang Roberto Firmino. Penyerang Liverpool ini tampil impresif bersama The Reds di sepanjang musim 2017/2018.

Deretan pemain cadangan lainnya yang tidak kalah bagus adalah Marquinhos, Douglas Costa, dan Fernandinho yang memiliki prestasi di klubnya masing-masing.

3. Pemain Gelandang Bertahan Brasil

Casemiro/Twitter
Casemiro/Twitter

Seperti yang diketahui posisi ini sangat memiliki peran vital dalam sebuah tim sepak bola. Pemain dengan posisi ini menjadi jembatan dari lini belakang hingga lini depan.

Lihat saja ketika Jerman berhasil meraih trofi Piala Dunia 2014. Performa apik Jerman kala itu tidak terlepas dari peran Sami Khedira dan Bastian Schwienstiger. Kedua pemain ini bermain bagus hingga mengantar Jerman ke puncak kejayaan.

Saat ini Brasil juga memiliki pemain bagus dalam posisi ini, yakni Casemiro. Pemain Real Madrid ini selalu disiplin membantu daerah pertahanan dan tidak jarang juga membantu lini depan dalam membangun serangan.

Ya itulah 3 alasan kenapa Brasil memiliki peluang untuk merengkuh trofi Piala Dunia 2018. Terlepas dari itu, Piala Dunia 2018 kali ini sulit untuk ditebak. Telah terbukti banyak tim-tim besar angkat koper lebih cepat dari Rusia karena kalah dari tim-tim yang tidak diprediksi.

Berita Terkait

Berita Terkini