Kroasia Taklukkan Denmark Lewat Drama Adu Penalti

Kroasia harus bekerja keras untuk lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah secara dramatis menundukkan Denmark lewat adu penalti.

Senin, 02 Juli 2018 | 09:30 WIB
Kroasia merayakan kemenangan usai mengalahkan Denmark lewat adu penalti/Suara.com

Kroasia merayakan kemenangan usai mengalahkan Denmark lewat adu penalti/Suara.com

Bolatimes.com - Kroasia harus bekerja keras untuk lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah secara dramatis menundukkan Denmark lewat adu penalti di Nizhny Novgorod Stadium Senin (2/7/2018) dini hari WIB.

Kroasia memastikan memenangkan laga babak 16 besar setelah dalam drama adu penalti menang 3-2. Tiga gol Kroasia dalam adu penalti tersebut dicetak oleh Andrej Kramaric, Luka Modric dan Ivan Rakitic.

Denmark hanya mencetak dua gol lewat Simon Kjaer dan Michael Krohn-Dehli. Sedangkan tiga tendangan penalti pemain Denmark yaitu Christian Eriksen, Lasse Schoene dan Nicolai Joergensen dapat digagalkan kiper Danijel Subasic.

Baca Juga: Sergio Ramos Ungkap Jika Rusia Memang Mengincar Penalti

Pertandingan tersebut harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor hingga perpanjangan waktu kedua tim masih tetap bertahan 1-1 .

Dengan kemenangan ini Kroasia akan menghadapi tuan rumah Rusia di babak perempat final Piala Dunia 2018. Rusia melaju ke delapan besar setelah secara mengejutkan mengalahkan Spanyol juga lewat drama adu penalti.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Timnas Indonesia Taklukkan Laos 1-0 di Laga Perdana AFF U-19

Denmark langsung menekan dan sudah berhasil unggul saat laga baru satu menit. Berawal dari tendangan bebas dan sempat terjadi kemelut depan gawang dan Mathias Jørgensen akhirnya menyelesaikan umpan Thomas Delaney lewat sepakan kaki kirinya yang gagal dibendung kiper Danijel Subasic.

Para pemain Denmark merayakan gol Mathias Joergensen ke gawang Kroasia di awal pertandingan. (suara.com)
Para pemain Denmark merayakan gol Mathias Joergensen ke gawang Kroasia di awal pertandingan. (suara.com)

Namun, Kroasia langsung bangkit mengejar ketertinggalannya. Pada menit ke-4, Mario Mandzukic sudah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah dia mendapatkan bola pantul dari kesalahan pemain Denmark dan dengan dingin melepaskan tembakan kaki kanannya di depan gawang.

Kroasia masih mencoba menekan Denmark. Pada menit ke-12, sebuah usaha Ivan Perisic lewat tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih dapat dapat diblok pemain belakang Denamrk. Lagi Perisic mencoba mengancam di menit ke-19 lewat sepakannya dari sisi kiri namun kembali diblok.

Baca Juga: Babak Pertama Kroasia vs Denmark Masih Sama Kuat 1-1

Pada menit ke-20, Mandzukic sempat terjatuh di kotak penalti setelah dihadang oleh Jonas Knudsen. Namun wasit Nestor Pitana akhirnya menyatakan bahwa itu bukanlah pelanggaran setelah dipastikan lewat review video assistant referee (VAR).

Denmark mencoba balik menekan lewat ancaman Christian Eriksen namun tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih dapat diblok. Sementara peluang Martin Braithwaite lewat sepakan kaki kanannya di depan gawang masih dapat diamankan kiper Danijel Subasic di menit ke-27.

Setelah itu, serangan dilancarkan oleh Kroasia di menit ke-29. Tembakan kaki kanan Ivan Rakitic dari luar kotak penalti masih dapat diamankan Kasper Schmeichel. Sementara ancaman Ivan Perisic dari tengah kotak penalti masih terlalu tinggi di atas gawang.

Baca Juga: Doa Kiper Rusia Terkabul, Rusia Akhirnya Menang Lewat Adu Penalti

Kroasia mencoba mengancam lewat sundulan Dejan Lovren namun masih melebar di samping gawang di menit ke-39. Tiga menit kemudian Denmark melakukan ancaman namun tendangan lambung Eriksen masih membentur pojok mistar gawang Kroasia.

Striker Kroasia Mario Mandzukic merayakan golnya ke gawang Denmark guna menyamakan kedudukan. (suara.com)
Striker Kroasia Mario Mandzukic merayakan golnya ke gawang Denmark guna menyamakan kedudukan. (suara.com)

Peluang di akhir babak pertama dimiliki oleh Kroasia Ivan Rakitic lewat sepakan kaki kirinya namun bola masih dapat diamankan oleh kiper Kasper Schmeichel. Skor 1-1 bagi kedua tim bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Kroasia lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Namun tembakan kaki kiri Ivan Perisic dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang. Sementara Mario Mandzukic lebih dulu tertangkap offside saat mencoba mendapatkan umpan terobosan Luka Modric di menit ke-50.

Setelah bola lebih banyak berkuat di tengah lapangan Denmark akhirnya mencoba menguasai bola. Denmark melakukan ancaman di menit ke-56 lewat sepakan Martin Braithwaite dari sudut sempit namun masih melenceng di sisi kanan gawang.

Kroasia balik menekan lewat usaha Ivan Perisic dari sisi kiri kotak penalti namun sepakan kaki kanannya masih dapat diblok di menit ke-64. Satu menit kemudian ancaman Ante Rebic lewat tembakan kaki kanannya dari luar kotak penalti juga masih dapat dihadang.

Giliran Denmark balik menyerang di menit ke-72 lewat tembakan keras kaki kanan Nicolai Jorgensen dari sisi kanan kotak penalti namun masih dapat diamankan Danijel Subasic. Sementara usaha Christian Eriksen dari luar kotak penalti masih melenceng ke sisi kiri gawang.

Serangan balik dari Kroasia namun usaha Luka Modric dan Ante Rebic masih belum dapat mengubah kedudukan. Pada menit ke-84, ancaman kembali dilakukan oleh Kroasia namun tandukkan Perisic menyambut tendangan bebas masih terlalu lebar.

Menjelang akhir babak kedua, peluang Kroasia lewat Ivan Rakitic masih melenceng di sisi kiri gawang. Sedangkan peluang dari Denmark lewat sepakan Martin Braithwaite juga masih belum tepat sasaran. Skor tetap imbang 1-1 hingga akhir babak kedua.

Pertandingan dilanjutkan ke perpanjang waktu. Denmark mencoba mengancam lewat Thomas Delaney dan Lasse Schöne namun peluang kedua pemain ini masih belum membuahkan hasil. Lagi peluang Schone di menit ke-99 masih melenceng dari sasaran.

Kroasia juga sempat menekan namun hingga 15 menit pertama usai masih belum ada tambahan gol. Di 15 menit kedua, Kroasia mendapatkan hadiah penalti setelah Mathias Joergensen melanggar Rebic di kotak penalti saat membawa bola ke depan gawang.

Namun peluang emas tersebut gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Luka Modric setelah tendangan penaltinya dapat ditangkap dengan baik oleh Kasper Schmeichel di menit ke-116. Pupus sudah peluang Kroasia untuk dapat mengakhiri laga di masa perpanjangan waktu ini.

Waktu 15 menit perpanjangan waktu kedua usai dan pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti. Kroasia pun akhirnya memenangkan drama adu penalti tersebut 3-2. Ivan Rakitic menjadi penentu kemenangan Kroasia dalam adu penalti tersebut.

Susunan Pemain dan formasi tim Kroasia vs Denmark:

Kroasia (4-2-3-1) : Danijel Subasic, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Ivan Strinic (Pivaric 81'), Sime Vrsaljko, Luka Modric, Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic (Kovacic 71'), Mario Mandzukic (Badelj 108'), Ivan Perisic (Kramaric 97'), Ante Rebic

Denmark (4-3-3) : Kasper Schmeichel, Mathias Jørgensen, Simon Kjaer, Andreas Christensen (Schoene 46'), Jonas Knudsen, Henrik Dalsgaard, Thomas Delaney (Krohn-Dehli 98'), Christian Eriksen, Yussuf Yurary Poulsen, Martin Braithwaite (Sisto 106'), Andreas Cornelius (N. Joergensen 66')

 

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Tundukkan Denmark Lewat Adu Penalti, Kroasia ke Perempat Final

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak