Rusia Taklukkan Spanyol Lewat Drama Adu Penalti

Spanyol harus memupus harapannya melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah kalah lewat adu penalti dengan tuan rumah Rusia

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Senin, 02 Juli 2018 | 00:06 WIB
Timnas Spanyol kalah/Twitter

Timnas Spanyol kalah/Twitter

Bolatimes.com - Laga menguras emosi dan stamina tersaji saat Rusia bersua Spanyol di babak 16 Besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Senin (1/7/2018) malam.  Tampil di depan publik sendiri, Rusia pun akhirnya mampu memungkasi perlawanan skuat Matador lewat drama adu penalti yang berakhir dengan skor 4-3.

Rusia menang di laga babak 16 besar itu setelah dua algojo Spanyol, Koke dan Iago Aspas gagal menjalankan tugasnya.

Sepanjang pertandingan yang diwarnai dengan dua kali ekstra time, Spanyol dipaksa memutar otak dan memeras otot untuk bisa membongkar pertahanan ala parkir bus tuan rumah Rusia.

Spanyol yang bermain dengan formasi 4-2-3-1 memang mendominasi penguasaan bola. Meski demikian, hampir di sepanjang laga tim Matador tak mampu menembus pertahanan tuan rumah yang bermain sangat bertahan dengan formasi 5-3-2.

Spanyol unggul cepat di laga itu, berkat gol bunuh diri bek Rusia Sergei Ignashevich di menit 12. itu tercipta ketika bola sepakan Marco Asensio dari tendangan bebas mengenai kaki Ignashevich yang sedang berduel dengan Sergio Ramos di dalam kotak penalti. Bola yang mengenai tumit Ignashevich pun akhirnya masuk ke gawang Igor Akinfeev.

Rusia Taklukkan Spanyol Lewat Drama Adu Penalti - 1

Sementara Rusia menyamakan kedudukan pada menit 41 lewat eksekusi penalti Artem Dzyuba. Hadiah penalti itu diperoleh Rusia setelah bek Spanyol, Gerard Pique, menahan sundulan Dzyuba menggunakan tangan di dalam kotak penalti.

Hingga babak pertama usai, skor 1-1 tak berubah.

Rusia Taklukkan Spanyol Lewat Drama Adu Penalti - 2

Di awal babak kedua, Rusia segera melakukan tiga pergantian pemain untuk menyegarkan lini pertahanan dan barisan depan.

Bek sayap Yuri Zhirkov diganti Vladimir Granat di menit 46, disusul gelandang cepat Denis Cheryshev yang masuk pada menit 61 untuk menggantikan Alexandr Samedov, dan striker Fedor Smolov masuk di menit 65 untuk mengisi tempat Dzyuba.

Sebaliknya Spanyol memasukkan Andres Iniesta untuk menggantikan David Silva pada menit 67 dan menyegarkan bek kanan ketika mengganti Nacho Fernandez dengan Daniel Carvajal pada menit 75.

Meski telah memasukkan sejumlah pemain baru, laga babak kedua tak banyak berbeda dari babak pertama. Spanyol masih dominan menguasai bola, dengan mengalirkan bola dari kaki ke kaki.

Tetapi tempo permainan Spanyol sangat pelan, karena seluruh pemain Rusia sabar bertahan di hampir sepertiga pertahanan sendiri dan benar-benar menunggu para pemain Matador melakukan kesalahan sebelum melancarkan serangan.

Alhasil, hingga memasuki menit 70an, pertahanan Rusia tak kunjung bisa ditembus. Para pemain Spanyol pun sangat sukar membawa bola di dalam kotak penalti tuan rumah. Striker Spanyol, Diego Costa sangat jarang memperoleh bola.

Pada menit 79, alih-alih menambah striker, pelatih Spanyol, Fernando Hierro, malah mengganti Costa dengan stiker muda Iago Aspas. Terbukti, Aspas tak banyak mengubah dinamika di lini depan Spanyol.

Meski demikian, Spanyol memperoleh peluang emas pada menit 84 ketika tembakan Iniesta dari luar kotak penalti, sayangnya, masih membentur tiang gawang. Bola muntah yang disambar Aspas pun masih bisa ditepis Akinfeev.

Hingga laga berakhir di menit 94, belum ada gol tercipta di laga itu. Pertandingan pun dilanjutkan ke extra time.

Di babak pertama extra time, Rusia kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Aleksandr Yerokhin untuk mengisi tempat gelandang Daler Kuzyaev pada menit 97.

Spanyol juga memasukkan pemain pengganti keempatnya di menit 103, Rodrigo - seorang striker - menggantikan Asensio. Meski demikian, tak banyak perubahan berarti terjadi di 15 menit pertama babak perpanjangan waktu.

Hingga babak pertama extra time berakhir, baik Rusia maupun Spanyol belum mencetak gol tambahan.

Memasuki babak kedua extra time, inisiatif serangan masih dari Spanyol. Rusia pun masih menempatkan seluruh pemainnya di garis pertahanan.

Peluang emas kembali menghampiri Spanyol di menit 107, ketika aksi solo run Rodrigo berhasil mengejutkan lini pertahanan Rusia. Tetapi sayang, tembaka striker belia itu masih bisa ditepis penjaga gawang veteran Akinfeev.

Hingga laga berakhir di menit 121, skor 1-1 tak juga berubah. Akhir laga Spanyol vs Rusia harus ditentukan di babak adu penalti. 

Formasi dan susunan pemain Spanyol vs Rusia:

Spanyol (4-2-3-1): David De Gea; Nacho Fernandez (Daniel Carvajal 75'), Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets; David Silva (Andres Iniesta 67'), Isco, Marco Asensio (Rodrigo 103'); Diego Costa.

Rusia (5-3-2): Igor Akinfeev; Yuri Zhirkov (Vladimir Granat 46'), Fedor Kudryashov, Sergei Ignashevich, Ilya Kutepov, Mario Fernandes; Daler Kuzyaev (Aleksandr Yerokhin 97'), Roman Zobnin, Alexandr Samedov (Denis Cheryshev 61'); Aleksandr vin, Artem Dzyuba (Fedor Smolov 65').

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak