Boladunia

Aguero Telat Cetak Gol, Argentina Tersingkir oleh Prancis 4-3

Argentinaharus menerima kenyataan pahit. DitumbangkanPrancis4-3 di babak 16 besar, Albiceleste tersingkir dariPiala Dunia 2018.

Galih Priatmojo

Kylan Mbappe/Instagram
Kylan Mbappe/Instagram

Bolatimes.com - Argentina harus menerima kenyataan pahit. Ditumbangkan Prancis 4-3 di babak 16 besar, Albiceleste tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Dalam pertandingan yang digelar di Kazan Arena, empat gol Prancis masing-masing dicetak oleh Antoine Griezmann, Benjamin Pavard dan Kylian Mbappe (2 gol). Sedangkan tiga gol balasan Argentina dibukukan oleh Angel Di Maria, Gabriel Mercado dan Sergio Aguero.

Dengan kemenangan ini, Prancis berhak atas satu tiket ke babak perempat final. Di babak delapan besar, Prancis akan menghadapi pemenang laga antara Uruguay kontra Portugal.

Melakoni fase gugur di Kazan Arena, Argentina mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Lewat sisi kanan, serangan dibangun. Namun seketika itu juga serangan tersebut diredam oleh para pemain Prancis yang menutup rapat wilayah pertahanan mereka.

Memasuki menit ke-8, Prancis mendapat peluang pertamanya lewat tendangan bebas. Peluang tersebut nyaris saja mengubah papan skor andaikan bola yang dilepaskan Griezmann tidak dimentahkan mistar gawang.

Serangan yang dibangun anak-anak asuh Jorge Sampaoli berbuah petaka di menit 13. Lewat serangan balik cepat, Mbappe yang menggiring bola dari separuh lapangan tidak terkejar hingga akhirnya Marcos Rojo terpaksa menghentikan langkahnya di area kotak terlarang.

Wasit pun dengan tegas menunjuk titik putih. Griezmann yang maju sebagai algojo berhasil mengecoh Franco Armani dari titik 12 pas. Les Bleus memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, para pemain Argentina mampu menjaga ketenangan dan mencoba membangun serangan. Lewat sodoran bola dari Ever Banega dan Javier Mascherano, Albiceleste mencoba menembus pertahanan Prancis berulang kali. Namun, serangan mereka seringkali pula pupus, bahkan justru kerap mendapat tekanan balik yang cepat nan mematikan dari para penggawa Les Bleus.

Upaya keras skuat besutan Jorge Sampaoli akhirnya terbayar di menit 41. Tak terkawal di depan kotak terlarang, Angel Di Maria melepaskan tendangan keras terukur yang tak mampu diantisipasi oleh Hugo Lloris. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Tiga menit bola bergulir di babak kedua, Argentina berhasil membalikkan keadaan. Mendapat ruang, Messi melepaskan tendangan dari sisi kanan luar kotak penalti. Bola mengenai kaki Mercado hingga membuat Lloris mati langkah. Albiceleste membalikkan keadaan menjadi 1-2.

Namun euforia fans tim Tango di Kazan Arena tidak berlangsung lama. Memasuki menit 57, Benjamin Pavard berhasil menyeimbangkan papan skor usai menyambar umpan silang dari Lucas Hernandez.

 Hanya berselang tujuh menit, gawang Argentina yang dikawal Armani kembali bergetar. Menyambut bola liar, Kylian Mbappe mengubah papan skor menjadi 3-2. Prancis kembali memimpin.

Lemahnya lini pertahanan Argentina kembali dieksploitasi Les Bleus. Berawal dari serangan balik cepat, Giroud yang menggiring bola dari tengah lapangan melepaskan umpan terobosan kepada Mbappe yang tanpa ragu meluncurkan tembakan keras ke sudut kanan gawang Armani.

Tertinggal dua gol, Argentina berupaya mengejar. Upaya keras Albiceleste membuahkan hasil di menit 90+3. Namun gol yang dicetak Sergio Aguero tak mampu menyelamatkan Argentina dari kekalahan. Prancis menang 4-3.

Susunan Pemain:
Prancis (4-3-3): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N'Golo Kante, Blaise Matuidi; Kylian Mbappe, Olivier Giroud, Antoine Griezmann
Pelatih: Didier Deschamps

Argentina (4-2-3-1): Franco Armani; Nicolas Tagliafico, Marcos Rojo, Nocolas Otamendi, Gabriel Mercado; Enzo Perez, Javier Mascherano, Ever Banega; Angel Di Maria, Cristian Pavon; Lionel Messi
Pelatih: Jorge Sampaoli.

Berita Terkait

Berita Terkini