Prediksi Korea Selatan vs Jerman di Grup F Piala Dunia 2018

Jerman tentu wajib menang di Kazan Arena jika ingin lolos ke babak 16 besar.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Rabu, 27 Juni 2018 | 14:39 WIB
Korea Selatan Vs Jerman (Sumber: Bolatimes)

Korea Selatan Vs Jerman (Sumber: Bolatimes)

Bolatimes.com - Timnas Jerman akan coba mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 saat menghadapi Timnas Korea Selatan (Korsel), pada matchday pamungkas Grup F di Kazan Arena, Rabu (27/6/2018) malam WIB.

Saat ini Jerman masih tertahan di peringkat kedua klasemen Grup F dengan poin 3 dari dua laga yang telah dijalani. Sementara Korsel ada di peringkat buncit dengan nirpoin.

Permutasi di Grup F ini memang menarik. Empat tim masih bisa lolos ke babak 16 besar, termasuk Korsel meski peluang mereka memang cukup berat.

Baca Juga: Prediksi Meksiko vs Swedia di Grup F Piala Dunia 2018

Di saat yang bersamaan dengan laga Korsel vs Jerman nanti malam, partai hidup mati juga akan tersaji antara Meksiko vs Swedia.

Meksiko sendiri menjadi tim yang paling berpeluang besar untuk lolos dan keluar sebagai juara Grup F. Meksiko saat ini ada di puncak klasemen dengan poin sempurna 6 dari dua laga.

Sementara itu, Swedia ada di posisi ketiga. Meski demikian, jumlah poin mereka identik dengan Jerman, demikian pula dengan selisih golnya, yakni +0.

Baca Juga: Maradona Pastikan Kondisinya Telah Membaik Lewat Akun Facebook

Well, Jerman sebagai juara bertahan Piala Dunia, tentu akan mati-matian untuk menjaga prestise mereka. Menekuk Korsel dan lolos ke 16 besar jadi harga mati bagi pasukan Joachim Low, sembari mengintip peluang untuk keluar sebagai jawara Grup F.

Prediksi Korea Selatan vs Jerman di Grup F Piala Dunia 2018 - 1

Jerman punya peluang besar untuk melakukan hal tersebut. Die Mannschaft -julukan Timnas Jerman- memang punya rekor mentereng melawan tim Asia. Jerman dan Korsel sendiri sudah tiga kali saling berhadapan. Dua duel terjadi di Piala Dunia, sementara satu merupakan partai persabahatan.

Baca Juga: Skenario Duel Ronaldo Vs Messi di Perempat Final Piala Dunia 2018

Jerman masih unggul dalam rekor pertemuan dengan memetik dua kemenangan, semuanya dicatatkan di putaran final Piala Dunia. Sementara itu Korsel mencatatkan satu kemenangan di laga uji coba.

Jerman sendiri tercatat sukses memenangi lima pertemuan mereka dengan wakil Asia saat berhadapan di pentas Piala Dunia. Der Panzer -julukan Jerman lainnya- juga bisa membukukan 19 gol dalam duel-duel tersebut.

Sementara itu, Korsel tercatat tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir mereka di ajang Piala Dunia. Jika ditarik dari Piala Dunia 2014 lalu, Korsel selalu keok di empat pertandingan terakhir mereka di babak fase grup.

Baca Juga: Ini Tim-Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Bedah Kekuatan Tim

Jerman takkan diperkuat centre-back utama mereka, Jerome Boateng, lantaran akumulusi kartu usai diusir wasit saat Die Mannschaft menang tipis 2-1 atas Swedia di matchday 2. Beruntung Mats Hummels yang absen lawan Swedia karena cedera, sudah pulih dan fit untuk laga kontra Korsel.

Low sendiri bisa menduetkan Hummels dengan rekan setimnya di Bayern Munich, Niklas Sule di jantung pertahanan Jerman. Sule bisa dikedepankan untuk menggantikan Antonio Rudiger yang tampil kurang meyakinkan di laga kontra Swedia.

Di sektor tengah, sayangnya Jerman akan kehilangan penggawa Bayern lainnya, Sebastian Rudy, yang cedera di partai melawan Swedia. Namun pelatih Jerman Joachim Low, tak usah pusing. Ia masih memiliki nama-nama top macam Ilkay Gundogan, Sami Khedira, hingga Leon Goretzka untuk mendampingi Toni Kroos berperan sebagai gelandang double pivot.

Di sektor penyerangan, Low juga bisa menerapkan formula baru sejak menit awal. Sektor winger kiri dalam skema 4-2-3-1 favoritnya bisa diisi Timo Werner.

Well, Werner sejatinya berposisi sebagai penyerang tengah. Namun, bintang RB Leipzig itu justru tampil memble saat diplot sebagai lone striker di dua laga awal Jerman, yakni pada 90 menit saat kalah 0-1 dari Meksiko di matchday 1 dan 45 menit babak pertama laga kontra Swedia.

Seperti diketahui, Werner diubah fungsi oleh Low di babak kedua melawan Swedia. Ia berperan sebagai winger kiri, dan efeknya pun amat positif sebagaimana Werner memang punya kecepatan yang mumpuni. Melawan Korsel, Julian Draxler bisa dilengserkan ke bangku cadangan.

Dan untuk peran striker tunggal, Low bisa bereksperimen dengan memainkan penyerang kawakan Mario Gomez sejak menit pertama. Penyerang Stuttgart berusia 32 tahun itu memang tampil cukup oke saat dimasukkan selepas half-time di laga kontra Swedia.

Dengan postur yang lebih tinggi dan body balance yang lebih baik ketimbang Werner, Gomez bisa jadi ancaman nyata bagi pertahanan Korsel di laga nanti malam.

Prediksi Korea Selatan vs Jerman di Grup F Piala Dunia 2018 - 2

Sementara di kubu Korsel, hanya Park Jo-hoo yang dipastikan absen melawan Jerman. Selain sang fullback senior, semua penggawa Taeguk Warriors -julukan Timnas Korsel- berada dalam kondisi fit 100%.

Pelatih Shin Tae-yong seperti biasa akan mengandalkan bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, untuk mendobrak pertahanan lawan. Son akan disokong Hwang Hee-chan, attacker berusia 22 tahun yang tampil gemilang di musim 2017/2018 bersama raksasa Austria, RB Salzburg, baik di kompetisi domestik maupun Liga Eropa.

Seperti halnya Jerman, Korsel sendiri tentu juga akan tampil habis-habisan nanti malam. Meski peluang melenggang ke perdelapanfinal amat tipis, namun Ki Sung-yueng dan kawan-kawan jelas akan berusaha menjaga gengsi Asia di pesta sepakbola terakbar dunia.

Prakiraan Susunan Pemain

Korea Selatan XI (4-2-3-1): Cho Hyun-woo; Lee Yong, Jang Hyun-soo, Kim Young-gwon, Kim Min-woo; Ki Sung-yueng, Ju Se-jong; Moon Seon-min, Lee Jae-sung Il, Hwang Hee-chan; Son Heung-min.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korsel)

Jerman XI (4-2-3-1): Neuer; Hector, Sule, Hummels, Kimmich; Gundogan, Kroos; Muller, Reus, Werner; Mario Gomez.

Pelatih: Joachim Low (Jerman)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak