Gol Telat Jose Gimenez Bawa Uruguay Kalahkan Mesir

Uruguay berhasil menang tipis atas Mesir lewat gol telat di menit-menit akhir pertandingan.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Jum'at, 15 Juni 2018 | 21:13 WIB
Pemain Uruguay, Jose Gimenez

Pemain Uruguay, Jose Gimenez

Bolatimes.com - Timnas Uruguay berhasil mengalahkan Timnas Mesir secara dramatis dengan skor tipis 1-0 pada matchday 1 Grup A Piala Dunia 2018, Jumat (15/6/2018) malam WIB. Jose Gimenez di menit pamungkas waktu normal mengamankan raihan poin penuh bagi La Celeste - julukan Uruguay.

Pelatih Mesir Hector Cuper sama sekali tak memainkan bintang andalannya, Mohamed Salah, di laga ini. Meski telah pulih dari cedera bahunya, sang attacker sama sekali tak meninggalkan bangku cadangan, sebagaimana Cuper nampaknya tak mau berjudi dengan Mesir masih punya dua laga tersisa di Grup A melawan tuan rumah Rusia dan Arab Saudi.

Sementara itu, pelatih Uruguay Oscar Tabarez mengandalkan duet maut Luis Suarez dan Edinson Cavani untuk membongkar pertahanan Mesir.

Baca Juga: Mesir Kesulitan Tembus Pertahanan Uruguay di Babak Pertama

tunggal Uruguay sendiri dicetak centre-back Jose Gimenez di menit 90. Sundulan bek Atletico Madrid dari bagian tengah kotak 16 itu bersarang di sudut kanan atas gawang Mesir. Kredit patut ditujukan pada Carlos Sanchez, sang pemberi assist. Umpannya dari situasi bola mati memang sangat manis untuk disambut Gimenez menjadi gol.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Baca Juga: Bek Uruguay Siapkan Strategi Matikan Mohamed Salah

10 menit awal laga, Uruguay sedikit lebih mendominasi dan lebih berani dalam menyerang. Cavani mendapat peluang pertama di laga ini. Bomber andalan Uruguay itu melepaskan tembakan datar dari luar kotak penalti di menit kedelapan, tetapi masih bisa diselamatkan dengan baik oleh kiper Mesir Mohamed El Shenawy.

Setelah itu, Mesir mulai bisa mengembangkan permainan, bahkan mengancam gawang Uruguay di menit 12. Namun percobaan Trezeguet lewat tembakan kaki kanannya dari bagian tengah kotak 16, memanfaatkan umpan Mohamed Elneny, masih bisa diselamatkan kiper Uruguay Fernando Muslera.

Suarez kemudian mendapat peluang emas untuk mencetak gol, tepatnya di menit 23, ketika sebuah sepak pojok mengarah padanya di tiang jauh. Sayang, sepakan first time bomber Barcelona itu masih melebar tipis dari gawang Mesir. Side netting, nyaris!

Baca Juga: Pelatih Mesir Tak Mau Bereksperimen di Piala Dunia 2018

Tiga menit berselang, sepakan kaki kanan ujung tombak Mesir Marwan Mohsen masih bisa diamankan Muslera di sudut kiri bawah gawangnya.

Setengah jam laga berlangsung, Mesir seperti kurang greget tanpa kehadiran Salah di lapangan hijau. Sementara Luis Suarez tampil buruk di kubu Uruguay. Sang bintang seperti kurang berkonsentrasi dan kerap kehilangan bola.

Di 15 menit sisa babak pertama menuju half-time, kedua tim saling jual beli serangan. Namun skor 0-0 masih tak berubah. Babak pertama usai dengan skor kacamata.  

Baca Juga: Bintang Mesir Mohamed Salah Dipastikan Main Lawan Uruguay

Babak Kedua

Di babak kedua, Uruguay tampil lebih berani. Luis Suarez punya kesempatan emas di awal-awal babak kedua, saat ia berhadapan satu lawan satu dengan El Shenawi. Namun kiper Mesir tersebut sukses membendung tembakan sang striker dari jarak dekat. Uruguay masih gagal mencetak gol.

Setelah peluang emas Suarez di awal babak kedua tersebut, Uruguay kembali kesulitan menciptakan peluang. Sementara di sisi lain, pada menit ke-72, Mesir mengancam gawang Uruguay lewat tendangan keras Ahmed Fathi dari luar kotak penalti. Namun Muslera mampu mengamankan bola dengan cekatan.

Semenit berselang, Suarez kembali mendapatkan kesempatan berhadapan satu lawan satu dengan El Shenawi. Namun, penyerang berjuluk El Pistolero itu kembali gagal menaklukkan El Shenawi. Suarez yang kini telah berusia 31 tahun, benar-benar tampil melempem di laga ini.

El Shenawi kembali membuktikan ketangguhannya di menit ke-83. Sang kiper mampu membendung tendangan keras Cavani dari luar kotak penalti.

Di menit 88, Cavani melepaskan tembakan bebas dari luar kotak penalti. El Shenawi gagal menghalau bola namun bola hanya membentur tiang gawang!

Uruguay akhirnya mendapatkan gol pertama mereka, yang juga menjadi gol kemenangan, di menit ke-90. Jose Gimenez mampu menyundul bola memanfaatkan tendangan bebas Carlos Sanchez. Tujuh menit waktu tambahan diberikan wasit di akhir babak kedua, namun skor 1-0 untuk kemenangan Uruguay tetap bertahan hingga laga rampung.

Susunan pemain:

Mesir XI: Elshenawy, Fathy, Gabr, Hegazi, Abdelahafy, Elneny, Hamed/Morsy, Warda/Ramadan Sobhi, Elsaid, Trezeguet, Moshen/Kahraba.

Uruguay XI: Muslera; Varela, Godin, Gimenez, Caceres; Nandez/Carlos Sanchez, Vecino/Torreira, Bentancur, De Arrascaeta/ C. Rodriguez; Cavani, Suarez.

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak