Boladunia

Data dan Fakta Piala Dunia 2018 Berdasarkan Angka

Sejumlah fakta Piala Dunia 2018 yang disajikan dalam angka.

Stephanus Aranditio | Andiarsa Nata

Logo Piala Dunia 2018
Logo Piala Dunia 2018

Bolatimes.com - Sebanyak 32 negara akan berlaga di Piala Dunia 2018. Dari ke-32 negara tersebut, hanya satu negara yang berhak mengangkat trofi juara Piala Dunia.

Tercatat Brasil adalah negara sebagai peraih juara terbanyak saat ini dengan total 5 gelar, urutan kedua Jerman dengan 4 gelar, Italia dengan 4 gelar, Argentina dan Uruguay dengan 2 gelar, dan Prancis, Inggris dan Spanyol masing-masing dengan 1 gelar.

Dalam Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia ini, teradapat sejumlah angka-angka yang menyembunyikan fakta menarik.

Berikut sejumlah fakta Piala Dunia 2018 yang disajikan dalam angka berdasarkan laman resmi FIFA.

200 dari 736 pemain yang berangkat ke Rusia pernah bermain di Piala Dunia sebelumnya. 186 pemain pernah bermain di Piala Dunia Brasil 2014, 61 pemain pernah bermain di Piala Dunia Afrika Selatan 2010, 21 pemain pernah bermain di Piala Dunia Jerman 2006, dan satu pemain pernah bermain di Piala Dunia Korea Selatan/Jepang 2002.Rafa Marquez akan menjadi orang keempat yang akan bermain di lima ajang bergengsi itu setelah Antonio Carbajal, Lothar Matthausm dan Gianluigi Buffon.

Skuat timnas Inggris saat uji coba melawan Nigeria (Sumber: FA)

Sumber foto: Instagram

100 persen pemain tim nasional Inggris, skuatnya diisi oleh pemain liga lokal.

53 pemain yang bermain di Piala Dunia 2018 tercatat pernah mencetak gol di Piala Dunia sebelumnya. Thomas Muller menjadi pencetak gol paling banyak dengan 10 gol, diikuti oleh pemain Kolombia, James Rodriguez dengan 6 gol, serta Tim Cahill (Australia), Gonzalo Higuain, Lionel Messi (Argentina), dan Luis Suarez (Uruguay) dengan 5 gol.

45 tahun lima bulan adalah usia yang membuat kiper Mesir, Essam El-Hadary menjadi pemain tertua di Piala Dunia 2018. El-Hadary 6 tahun lebih tua dari Rafael Marquez (Meksiko) yang berusia 39 tahun dan bahkan lebih tua dari tiga pelatih tim Piala Dunia Aliou Cisse (Senegal), Mladen Krstajic (Serbia), dan Roberto Martinez (Belgia). Jika El-Hedary diturunkan oleh pelatih Mesir, maka dirinya akan menjadi pemain tertua sepanjang sejarah yang bermain di Piala Dunia. Sebelumnya rekor itu dipegang oleh Faryd Mondragon yang berusia 43 tahun saat bermain bersama Kolombia di Piala Dunia 2014.

29 tahun adalah perbedaan usia pelatih tertua dan termuda di Piala Dunia 2018. Pelatih tertua adalah pelatih Uruguay, Oscar Tabarez yang berumur 71 tahun, sedangkan pelatih termuda adalah pelatih Senegal, Aliou Cisse yang berumur 42 tahun.

19 tahun lima bulan adalah umur pemain termuda di Piala Dunia 2018. Pemain itu adalah Daniel Arzani (Australia).

manchester city/twitter

Sumber foto: Twitter

16 pemain Manchester City yang bermain di Piala Dunia 2018 menjadikan The Citizens sebagai klub dengan pemain terbanyak yang berlaga di Piala Dunia, diikuti Real Madrid (15 pemain) dan Barcelona (14 pemain).

16 adalah angka yang membuat Marquez dan Javier Mascherano menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia. Kedua pemain itu diikuti oleh Lionel Messi (15), Mesut Ozil (14), Thomas Muller, Manuel Neuer, Sergio Ramos, dan Cristiano Ronaldo (13).

9 pemain yang dibawa oleh Joachim Loew adalah pemain yang pernah berperan membawa Jerman menjuarai Piala Dunia Brasil 2014 untuk kembali berlaga di Rusia.

 

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

 

Berita Terkait

Berita Terkini