Boladunia

Rusia Bantai Arab Saudi di Laga Pembuka Piala Dunia 2018

Rusia berhasil membuka Piala Dunia 2018 dengan kemenangan lima gol tanpa balas ke gawang Arab Saudi.

Stephanus Aranditio

Pemain Rusia Yuri Gazinskiy menjebol gawang Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) [AFP]
Pemain Rusia Yuri Gazinskiy menjebol gawang Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (14/6/2018) [AFP]

Bolatimes.com - Tampil gemilang di laga pembuka Piala Dunia 2018, tuan rumah Rusia berhasil mengamankan poin penuh di pertandingan perdananya di Grup A. Menghadapi Arab Saudi, Rusia menang telak dengan skor 5-0 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018) malam WIB.

Lima gol Rusia dalam laga itu masing-masing dicetak oleh Yuri Gazinskiy di menit 12, Denis Cheryshev di menit 43 dan menit 90+1,  Artem Dzyuba di menit 71 dan Golovin di menit akhir pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Menjamu Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Rusia yang mengambil inisiatif serangan sejak awal mampu mendikte jalannya laga. Pasing-pasing akurat yang ditampilkan tim besutan Stanislav Cherchesov berhasil mengancam pertahanan tim tamu, namun belum mampu menembus jantung pertahanan tim berjuluk The Green Falcon.

Menghadapi permainan terbuka Rusia, Arab Saudi meladeninya dengan cukup berani. Permainan kaki ke kaki ditampilkan tim tamu, hanya saja gagal menembus pertahanan tuan rumah.

Memasuki menit 12, Stadion Luzhniki bergemuruh. Umpan silang terukur yang dilepaskan Aleksandr Golovin tidak disia-siakan Yuri Gazinskiy tidak terkawal di sisi kanan gawang Abdullah. Tandukkannya pun mengubah papan skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, The Green Falcon langsung bereaksi. Delapan menit berselang, Arab nyaris menyeimbangkan papan skor jika saja Al Sahlawi tidak kalah cepat dari Ignashevich dalam menyambut umpan lambung di mulut gawang.

Pemain Rusia Denis Cheryshev menjebol gawang Arab Saudi yang dikawal Abdullah di laga perdana Grup A Piala Dunia 2018, Kamis (14/6/2018) [AFP]

Pemain Rusia Denis Cheryshev menjebol gawang Arab Saudi yang dikawal Abdullah di laga perdana Grup A Piala Dunia 2018, Kamis (14/6/2018) [AFP]

Pergantian pemain terjadi di kubu tuan rumah. Dzagoev yang mengalami cedera hamstring tidak bisa melanjutkan pertandingan dan digantikan Cheryshev di menit 24.

Di pertengahan babak pertama, kedua tim makin berani bertukar serangan. Arab Saudi tidak gentar meladeni permainan terbuka Rusia. Sebaliknya,tuan rumah yang sudah unggul enggan memilih bertahan dan terus berupaya menebar ancaman.

Di menit 43, Arab Saudi kembali kecolongan. Serangan balik cepat yang dibangun tuan rumah kembali menggetarkan gawang Abdullah. Kali ini, Cheryshev yang masuk di menit 24 berhasil menggandakan keunggulan tuan rumah sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Dominasi Rusia berlanjut di babak kedua. Aksi Cheryshev yang merajalela di sektor sayap kiri membuat pertahanan tim tamu ketar-ketir.

Pemain Villarreal itu bahkan nyaris mencetak gol keduanya dalam laga ini, jika saja tembakannya dari sudut sempit tidak diblok oleh bek tim tamu di menit 62.

Skuat Rusia merayakan gol ke gawang arab (sumber: arabnews)

Untuk menambah daya gedor Cherchesov melakukan dua pergantian pemain. Salah satunya dengan menarik Fedor Smolov dari lini depan dan menggantikannya dengan Artem Dzyuba di menit 70.

Tidak dibutuhkan waktu lama bagi sang juru taktik tuan rumah untuk melihat hasil dari perubahan strateginya di lini depan. Satu menit menginjakkan kaki di arena pertandingan, Dzyuba membawa tuan rumah menjauh lewat tandukkannya di menit 71.

Unggul tiga gol, Rusia makin rajin menggedor pertahanan The Green Falcon. Memasuki masa injuri, tepatnya di menit 90+1, gawang Saudi kembali bergetar. Gol indah Cheryshev dari sisi kiri gawang memperlebar jarak menjadi 4-0.

Tak sampai satu menit berselang, gawang Abdullah kembali bergetar. Lewat eksekusi tendangan bebas, Golovin menutup kemenangan Rusia menjadi 5-0.

Berikut susunan pemain Rusia vs Arab Saudi

Rusia: Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergey Ignashevich, Iury Gazinsky; Alan Dzagoev, Roman Zobnin, Yuri Zhirkov, Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin; Fedor Smolov.

Arab Saudi: Abdullah Al-Muaiouf; Osama Hawsawi, Omar Hawsawi, Mohammed Alburayk, Yasser Alshahrani; Salman Alfaraj, Yahia Alshehri, Abdullah Otayf, Taiseer Aljassam; Salem Aldawsari, Mohammed Alsahlawi.

 

Berita ini sudah tayang di suara.com

Berita Terkait

Berita Terkini