Boladunia

Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Grup A Piala Dunia 2018

Rusia akan meladeni perlawanan Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018.

Stephanus Aranditio

Kolase foto gelandang andalan Rusia Aleksandr Golovin (kanan) dan penyerang Arab Saudi Mohammad al-Sahlawi (Alexander NEMENOV, Leon KUEGELER / AFP)
Kolase foto gelandang andalan Rusia Aleksandr Golovin (kanan) dan penyerang Arab Saudi Mohammad al-Sahlawi (Alexander NEMENOV, Leon KUEGELER / AFP)

Bolatimes.com - Tirai Piala Dunia 2018 akan segera disibak. Timnas Rusia selaku tuan rumah turnamen akan bentrok dengan Arab Saudi pada laga pembuka. Laga matchday 1 Grup A ini akan dihelat Kamis (14/6/2018) malam pukul 22.00 WIB di Luzhniki Stadium.

Rusia yang hadir dengan beberapa pemain gaek di Piala Dunia 2018 ini, akan menjajal kekuatan Arab Saudi yang mengandalkan kolektivitas tim.

Rusia sendiri menorehkan tren buruk usai gagal memenangi tujuh pertandingan uji coba pamungkas mereka jelang Piala Dunia 2018. Tim besutan Stanislav Cherchesov hanya bisa memetik tiga hasil imbang dan sisanya berakhir kekalahan.

Meski demikian, melawan Arab Saudi, Rusia jelas diuntungkan lantaran bakal bermain di hadapan publik sendiri. Selain itu, sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia, belum pernah ada tim tuan rumah yang menelan kekalahan pada laga pembuka. Tim dengan status tuan rumah sukses meraih enam kemenangan dan tiga kali imbang.

Sementara saat tidak tampil di laga pembuka - di 11 edisi Piala Dunia, tim-tim tuan rumah pun tak pernah kalah di laga pertama mereka. Hasil terburuk adalah seri.  

Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Grup A Piala Dunia 2018 - 1

Laga nanti malam juga bukan kali pertama buat Rusia bermain pada laga pembuka Piala Dunia. Sebelumnya, Tim Beruang Merah -julukan Rusia- juga tampil pada laga pembuka Piala Dunia 1970, ketika masih bernama Uni Soviet, melawan tuan rumah Meksiko. Kala itu, laga berakhir dengan skor kacamata alias imbang 0-0.

Di sisi lain, Arab Saudi juga berada dalam kondisi yang tak ideal jelang tampil di Piala Dunia 2018. The Green Falcons -julukan Timnas Arab Saudi- menelan kekalahan beruntun di tiga laga uji coba terakhir mereka.

Piala Dunia 2018 sendiri menjadi penampilan kelima sepanjang sejarah buat Arab Saudi di event sepakbola paling akbar di jagat raya itu. Terakhir kali Arab Saudi tampil di Piala Dunia adalah pada edisi 2006.

Dari lima kali keikutsertaan mereka di Piala Dunia, pencapaian terbaik The Green Falcons adalah menembus babak 16 besar di edisi 1994. Sementara sisanya mereka selalu kandas di fase grup.

Laga nanti malam juga menjadi pertandingan kelima buat Arab Saudi pada partai pembuka Piala Dunia. The Green Falcons  belum pernah menang dengan mencatatkan sekali imbang dan tiga kali kalah dalam empat laga.

Rusia dan Arab Saudi sendiri bakal bertemu di turnamen resmi untuk pertama kalinya.

Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Grup A Piala Dunia 2018 - 2

Pemain Bintang

Aleksandr Golovin

Sang gelandang sentral, yang baru berusia 22 tahun, tampil cemerlang bersama CSKA Moskow di sepanjang musim 2017/2018. Golovin juga tampil impresif pada dua laga kontra Manchester United di babak fase grup Liga Champions musim lalu, yang membuat kabar ketertarikan Setan Merah pada sang gelandang pun muncul di bursa transfer musim panas ini.

Golovin mencetak 7 gol dan 6 assist untuk CSKA dari 43 penampilan di semua kompetisi pada musim 2017/2018.

Pesona Golovin pertama kali muncul pada 2013 lalu ketika ia sukses mengantar Timnas Rusia U-17 menjuarai ajang Piala Eropa U-17.

Dua tahun berselang, Golovin makin menunjukkan talenta luar biasa yang ia miliki dengan menembus skuat utama CSKA di usianya yang baru 18 tahun.

Kini, ia pun bakal menjadi andalan Rusia di lini vital, di mana Tim Beruang Merah tentu akan tampil habis-habisan selaku tuan rumah Piala Dunia 2018.

Mohammed Al-Sahlawi

Disebut-sebut sebagai salah satu forward tertajam di Asia saat ini, Mohammed Al-Sahlawi akan menjadi tumpuan utama Arab Saudi untuk berbicara banyak di Piala Dunia 2018, termasuk menyulitkan Rusia di laga perdana Grup A. 

Penyerang klub Al-Nassr itu sudah mencetak lebih dari 100 gol sejak bergabung dengan klub yang bermarkas di Riyadh itu pada 2009 silam. Al-Sahlawi yang kini berusia 31 tahun itu pun tak hanya tajam di level klub. Sang pemilik nomor 10 di klub dan timnas itu juga eksplosif setiap kali membela panji Arab Saudi.

Bagaimana tidak, 40 caps sudah dikoleksinya dengan raihan 28 gol sejauh ini!  

Prakiraan susunan pemain:

Rusia XI: Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Fedor Kudryashov, Sergey Ignashevich, Yuri Zhirkov; Roman Zobnin, Daler Kuzyaev, Alan Dzagoev, Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin; Fedor Smolov

Pelatih: Stanislav Cherchesov (Rusia)

Arab Saudi XI: Abdullah Al-Mayouf; Usamah Husawi, Omar Hosawi, Yasser Al-Shahrani, Mohammed Al-Barik; Abdullah Otif, Salman Al-Faraj, Yahya Al-Shihri, Taisir Al-Jassim, Salem Al Dosari; Fahad Al-Molad

Pelatih: Juan Antonio Pizzi (Argentina)

 

Piala Dunia 2018 bergulir tinggal hitungan jam. Ini adalah kali pertama Rusia menjadi tuan rumah, dengan pertandingan bergulir di 12 stadion pada 11 kota berbeda. Berikut ini kami sajikan jadwal lengkap pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia. . Matchday 1 14 Juni 2018 pukul 22.00 WIB: Rusia Vs Arab Saudi di Luzhniki Stadium . 15 Juni 2018 pukul 21.00 WIB: Mesir Vs Uruguay di Central Stadium . . Matchday 2 20 Juni 2018 pukul 01.00 WIB: Rusia Vs Mesir di Krestovsky Stadium . 20 Juni 2018 pukul 22.00 WIB: Uruguay Vs Arab Saudi di Rostov Arena . . Matchday 3 25 Juni 2018 pukul 22.00 WIB: Uruguay Vs Rusia di Cosmos Arena . 25 Juni 2018 pukul 21.00 WIB: Arab Saudi Vs Mesir di Volgograd Arena . . ---- Follow @suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya ---- . . . #bolatimes #pialadunia2018 #fifaworldcup2018 #russiaworldcup #worldcuprussia #2018worldcup #worldcup2018 #roadtorussia #worldcup #worldcuprussia2018 #fifa2018russia #fifaworldcuprussia #fifa2018 #2018fifaworldcup #worlcup #fifaworldcup #russiaworldcup2018

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bolatimes (@bolatimesdotcom) pada

Berita Terkait

Berita Terkini