Boladunia

Resmi! Spanyol Tunjuk Fernando Hierro Gantikan Julen Lopetegui

Spanyol pun telah resmi menunjuk mantan pemain Timnas Spanyol, Fernando Hierro sebagai pelatih baru.

Stephanus Aranditio | Andiarsa Nata

Fernando Hierro (sumber: AS)
Fernando Hierro (sumber: AS)

Bolatimes.com - Satu hari menjelang Piala Dunia 2018, Asosiasi Sepak Bola Spanyol, RFEF memutuskan untuk memecat pelatih Julen Lopetegui. Spanyol pun telah resmi menunjuk mantan pemain Timnas Spanyol, Fernando Hierro sebagai pengganti calon pelatih Real Madrid yang baru tersebut.

Julen Lopetegui dipecat karena dianggap tidak menghormati RFEF karena dengan lancang menerima pinangan klub tanpa pemberitahuan ke pihak RFEF.

Atas tindakan Lopetegui itu, Presiden RFEF, Luis Rubiales menilai pelatih berusia 51 tahun itu tidak pantas memimpin La Furia Roja di Piala Dunia 2018.

Untuk mengatasi masalah ini, Rubiales sampai rela meninggalkan kongres FIFA di Moskow untuk kembali terbang ke Spanyol.

"Kami terpaksa memecat pelatih tim nasional. Kami doakan yang terbaik untuknya. Negosiasi itu terjadi tanpa adanya pemberitahuan kepada RFEF. Kami dikabarkan hal itu hanya lima menit sebelum mereka (Madrid) membuat pengumuman," kata Rubiales dikutip dari Suara.com

Fernando Hierro (sumber: RFEF)

Mengenai keputusannya untuk memecat Lopetegui, sebelumnya Rubiales sempat berbicara kepada para penggawa Spanyol.

Pria berusia 40 tahun itu mengatakan bahwa para pemain akan bermain sekuat tenaga meski dengan pelatih baru.

"Saya sudah berbicara dengan para pemain dan saya jamin mereka akan tampil sekuat tenaga di Piala Dunia dengan pelatih baru. Mempercayainya untuk menuntun mereka sedekat mungkin dengan gelar. Menang memang penting, tapi memiliki pelatih yang berkarakter bagus juga penting," lanjutnya.

Dinukil dari Independent, sebelumnya RFEF sempat akan memilih pelatih Timnas U-21 Spanyol, Albert Celades sebagai pelatih baru karena pelatih berusia 42 tahun itu telah lama menjadi bagian dari Timnas Spanyol.

Namun kenyataannya justru sebaliknya, RFEF menunjuk mantan pemain Timnas Spanyol, Fernando Hierro sebagai pengganti Julen Lopetegui. Mereka manganggap Hierro adalah orang yang cocok dan lebih berpengalaman.

Fernando Hierro pun resmi mengambil alih posisi Julen Lopetegui dari kursi pelatih.  Pelatih berusia 50 tahun itu akan mulai memimpin Timnas Spanyol pada pertandingan pertama mereka melawan Portugal, Sabtu (16/6/2018).

 

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

Berita Terkait

Berita Terkini