Andri Syahputra, Sosok Indonesia yang Bisa Hancurkan Timnas U-19

Andri Syahputra berpeluang membela Timnas U-19 Qatar di Piala Asia U-19 di Indonesia.

Sabtu, 19 Mei 2018 | 13:45 WIB
Andri Syahputra. (Sumber: Instagram/@andri010).

Andri Syahputra. (Sumber: Instagram/@andri010).

Bolatimes.com - Pengundian fase grup Piala Asia U-19 telah digelar di Hotel Fairmont, Jakarta pada Jumat (18/5/2018). Timnas U-19 Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama dengan Uni Emirate Arab (UEA), Qatar, dan Taiwan.

Dari berbagai calon lawan Egy Maulana dan kolega, tentu yang ditunggu-tunggu adalah ketika melawan Qatar.

Kenapa bisa?

Baca Juga: Gaji 32 Pelatih di Piala Dunia 2018, Siapa yang Tertinggi?

Pada 2017, pelatih Indra Sjafri menggelar seleksi untuk pemain Timnas U-19 Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF U-18. Ia mengundang 12 pemain yang tinggal di luar negeri untuk seleksi, salah satunya adalah Andri Syahputra.

Namun, Andri yang tinggal di Qatar menolak panggilan tersebut.

Ketika itu, menurut ayah Andri, Agus Sudarmanto, anaknya tidak bisa bergabung ke timnas Indonesia U-19 karena Aspire Academy yang merupakan tempat sekolah sekaligus klub yang dibela pemain kelahiran Aceh itu tidak memberikan izin.

Baca Juga: Laga Emosional Timnas Indonesia di Grup A Piala Asia U-19

Oleh karena itu, Andri tak bisa memenuhi panggilan Indra Sjafri.

Sosok Andri Syahputra

Andri Syahputra, Sosok Indonesia yang Bisa Hancurkan Timnas U-19 - 1

Baca Juga: Alasan Manchester United Akan Raih Trofi Piala FA

Sumber: Instagram/@andri010

Andri Syahputra adalah anak asli Indonesia. Ia lahir di Lhokseumawe, Aceh, 29 Juni 1999.

Andri sempat tinggal di Indonesia dari kecil hingga usia tujuh tahun. Namun, ia harus pindah ke Qatar lantaran pekerjaan sang ayah.

Baca Juga: Setelah Jack Wilshere, Joe Hart pun Gagal Tampil di Piala Dunia

Sang ayah, Agus Sudarmanto bekerja di RasGas, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang gas alam cair. Perusahaan tersebut terbesar nomor dua di Qatar setelah Qatargas.

Karier sepak bola Andri di Qatar

Andri Syahputra. (Sumber: Instagram/@andri010).

Sumber: Instagram/@andri010

Andri mengawali karier sepak bolanya bersama Al-Khor. Penampilannya yang impresif membuat dirinya dilirik salah satu klub elite di Qatar Star League (QSL), Al-Gharafa. Klub tersebut dihuni salah satu mantan bintang dunia, Wesley Sneijder.

Tetapi pemuda yang berposisi sebagai penyerang ini masih kerap bermain Al Ghafara U-23 di kompetisi Qatar Gas League U-23.

Walau begitu, ia sempat melakoni debut tim senior Al Ghafara pada 21 Januari 2017. Saat itu, Andri masuk di menit terakhir saat Al Ghafara menjamu Al-Shahaniya. Menjadi lebih istimewa lagi, kala itu usia Andri masih 17 tahun.

Seminggu kemudian dia kembali mendapat kesempatan emas dengan bertanding melawan klub yang diperkuat Xavi Hernandez, Al-Sadd. Al Ghafara pun tumbang dengan skor telak 0-3. Meski kalah, itu menjadi sebuah loncatan besar dalam karier Andri.

Soccerway mencatat, Andri telah lima kali bermain untuk tim senior Al Ghafara. Tiga kali tampil di Qatar Stars League dan dua kali di Qatar Stars Cup.

Andri di Timnas U-19 Qatar

Andri Syahputra, Sosok Indonesia yang Bisa Hancurkan Timnas U-19 - 3

Sumber: Instagram/@andri010

Semasa kecil, Andri sudah lekat dengan banyak prestasi ketika bermain di Aspire Academy dan Al-Gharafa SC pada 2009 sampai 2016 . Ia kerap menyabet gelar pemain terbaik dan top scorer U-17 (2013, 2014, 2015).

Prestasi masa kecilnya saat itu belum terlalu dilirik oleh publik Indonesia, termasuk induk sepak bola Indonesia, PSSI. Namun, ketika Andri tampil untuk Timnas U-19 Qatar untuk yang pertama kali membuat masyarakat gempar.

Dikenal sebagai penyerang yang tajam, Andri ditarik untuk membela timnas U-19 Qatar. Debutnya terjadi pada 2017, saat Andri turut bermain kala Timnas U-19 Qatar melakoni laga uji coba melawan Timnas U-18 Inggris.

Bahkan, saat ini pemain 18 tahun itu juga dikabarkan masuk ke daftar pemain muda yang berpeluang membela timnas Qatar di Piala Dunia 2022.

Kini Piala Asia U-19 akan digelar di Indonesia. Secara kebetulan, Qatar berada satu grup bersama Indonesia. dengan berbagai prestasinya di Qatar, Andri Syahputra akan menjadi ancaman tersendiri bagi skuat Garuda Nusantara yang memilki target tinggil di Piala Asia U-19.

Pertandingan antara Timnas U-19 Indonesia melawan Qatar akan dihelat pada 21 Oktober 2018.

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak