Boladunia

Kapten Peru Ini Gagal ke Piala Dunia Usai Tersandung Kasus Doping

Layu sebelum berkembang, barangkali itu peribahasa yang pas untuk menggambarkan karir Paolo Guerrero. Kapten Timnas Peru tersebut gagal menjemput mimpinya untuk tampil di Piala Dunia 2018 Rusia setelah ketahuan menggunakan doping.

Galih Priatmojo

Paolo Guerrero/Instagram
Paolo Guerrero/Instagram

Bolatimes.com - Layu sebelum berkembang, barangkali itu peribahasa yang pas untuk menggambarkan karir Paolo Guerrero. Kapten Timnas Peru tersebut gagal menjemput mimpinya untuk tampil di Piala Dunia 2018 Rusia setelah ketahuan menggunakan doping.

Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) seperti dilansir dari Sportskeeda telah menyetujui permohonan dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) untuk memperpanjang hukuman bagi Guerrero yang terbukti mengkonsumsi doping menjadi 14 bulan.

"Panel menganggap bahwa pemain memang melakukan kesalahan atau kelalaiaan. Dengan menimbang berbagai aspek sanksi yang tepat bagi Guerrero yakni memperpanjangnya menjadi 14 bulan sesuai dengan tingkat kesalahannya," terang laporan dari CAS.

Pemain berusia 34 tahun itu terbukti positif menggunakan kokain metabolit benzoylecgonine. Tindakan ceroboh tersebut dilakukan saat ia bersama Timnas Peru melakoni babak kualifikasi Piala Dunia menghadapi Argentina Oktober tahun lalu.

Sebelumnya, sanksi larangan bermain untuk penyerang klub Brasil, Flamengo tersebut sempat dikurangi selama enam bulan dan akan berakhir pada bulan ini. Tetapi setelah CAS memperpanjang hukuman selama 14 bulan dipastikan ia takkan mampu membela Timnas Peru di Piala Dunia 2018 Rusia.

Putusan CAS tersebut dirilis tak lama setelah Federasi Sepak Bola Peru (FPF) men-tweet foto-foto sang kapten tengah mengikuti sesi pemotretan Piala Dunia.

Salah satu rekannya di Timnas Peru, Edison Flores menyampaikan simpati atas musibah yang tengah dihadapi Guerrero. Ia berharap agar ada solusi untuk menyelesaikan kekosongan yang mungkin bakal ditinggalkan Guerrero.

"Ini tentu bukan hal yang bagus bagi tim dan juga untuk Guerrero. Kami harap tim manajemen segera bisa menemukan solusi untuk masalah ini. Kami berharap yang terbaik buat dia," ujarnya seperti dilansir dari usatoday.com.

Peru berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia setelah menundukkan Selandia Baru di babak play off. Peru menjadi tim terakhir yang masuk ke Piala Dunia. Skuat La Blanquirroja tergabung di Grup C bersama Prancis, Denmark dan Australia.

Pencapaian Peru lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia termasuk yang luar biasa. Apalagi ini merupakan penantian setelah 35 tahun lamanya.

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini