Boladunia

Penyerang Tottenham Hotspur Ini Ikut Asian Games di Indonesia

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung Min mengungkapkan keinginannya untuk ikut berlaga bersama Timnas Korea Selatan U-23 di ajang Asian Games Agustus mendatang.

Galih Priatmojo

@hm_son7/Instagram
@hm_son7/Instagram

Bolatimes.com - Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung Min mengungkapkan keinginannya untuk ikut berlaga bersama Timnas Korea Selatan U-23 di ajang Asian Games Agustus mendatang.

Dilansir dari Sky Sport, pelatih Timnas Korea Selata U-23, Kim Hak Bum telah meminta Son untuk memperkuat timnas di ajang Asian Games yang dihelat di Indonesia. Gayung bersambut, Son mengaku bersedia.

Keinginan pemain yang pernah menimba ilmu di Hamburger SV tersebut terutama untuk menghindari tugas wajib militer yang berlaku di Korea Selatan. Sesuai aturan, pemuda yang berumur di atas 20 tahun diharuskan mengikuti wajib militer minimal selama dua tahun. Batas maksimum wajib militer di Korea Selatan sendiri yakni di bawah usia 27 tahun.

Namun itu bukanlah tugas yang mudah. Sebab ada syarat bagi Son untuk bisa terhindar dari wajib militer. Ia harus bisa mengantarkan Korsel meraih emas di Asian Games.

Sumber foto: @hm_son7/Instagram

Sementara itu, dinukil dari Yonhap News, pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak Bum mengatakan bahwa Son dipilih untuk Asian Games pada Agustus 2018, karena pemain muda ini dianggap sebagai salah satu pemain top Asia di dunia.

"Saya akan menjemputnya kecuali ada situasi khusus. Son adalah tipe pemain yang perlu diurus. Kita perlu melihat sampai akhir apakah ia benar-benar bisa bergabung dengan tim kita atau tidak, tapi saya yakin tidak akan ada masalah besar," katanya.

Di ajang yang sama pada 2014 silam, Son pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Korea Selatan. Sayang, kala itu klubnya Bayer Leverkusen tak mengijinkan.

Pihak klub beralasan turnamen sepak bola Asian Games tidak masuk dalam kalender FIFA, sehingga klub tidak berkewajiban untuk melepaskan pemainnya. Meski tak memeroleh ijin, timnya Korea Selatan mampu meraih medali emas setelah mengalahkan saudaranya, Korea Utara di final.

Meski begitu, Kim sangat berharap, kali ini Spurs bisa mempertimbangkan agar Son bisa memperkuat timnas. Ia menyebut ini adalah masalah sensitif yang harus segera ditangani bersama.

"Saya yakin Asosiasi Sepakbola Korea akan menangani masalah ini dengan baik. Tim nasional senior pria, tim U23, KFA dan klub pemain harus bekerja sama," tandasnya.

Son sendiri bersama Spurs telah mengoleksi 18 gol di musim ini. Jika benar ia akan memperkuat Timnas Korea Selatan, besar kemungkinan ia akan melewatkan pertandingan pembuka bersama Tottenham Hotspur yang juga akan digelar pada Agustus mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini