Sederet Momen Emosional yang Buat Dunia Sepakbola Menangis

Berikut lima momen sedih nan emosional yang menghiasi dunia sepakbola.

Rully Fauzi | BolaTimes.com
Minggu, 11 Maret 2018 | 17:32 WIB
Tribut untuk Appie Nouri (AFP/TOBIAS SCHWARZ)

Tribut untuk Appie Nouri (AFP/TOBIAS SCHWARZ)

Bolatimes.com - Sepakbola merupakan olahraga terpopuler di dunia yang acapkali membawa kebahagian dan antusiame bagi para penggemarnya. Ketika tim favorit Anda menang misalnya, atau saat Anda berlaku sebagai fans netral menyaksikan pertandingan yang amat mengibur.

Sepakbola juga tentu bisa membawa kesedihan, saat tim kesayangan Anda kalah secara dramatis misalnya, atau ketika tampil sangat mengecewakan dalam sebuah laga.

Well, sepakbola ternyata juga bisa membuat para pencintanya berurai air mata. Berikut ini empat momen emosional nan sedih yang membuat dunia sepakbola menangis:

Baca Juga: 5 Akademi Klub Eropa yang Produktif Menelurkan Pemain Bintang

1. Davide Astori Tutup Usia

Sepakbola Italia dan juga dunia berduka usai kapten Fiorentina, Davide Astori yang baru berusia 31 tahun, mendadak tutup usia. Sang gelandang ditemukan meninggal di kamar hotelnya pekan lalu.

Penyebab kematian Astori sendiri adalah karena serangan jantung. Suatu hal yang amat mengejutkan memang, pasalnya Astori sedianya dijadwalkan bertanding melawan Udinese dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Friuli. Namun, Tuhan berkehendak lain.

Baca Juga: 5 Raja Gol Liverpool di Liga Inggris, Nomor 4 Kini Bela Barca

Astori bergabung dengan Fiorentina sejak musim panas 2015. Ia lantas dipercaya jadi Il Capitano Fiorentina sejak awal musim 2017/2018 ini menyusul hengkangnya Gonzalo Rodriguez.

Sebagai pesepakbola, Astori juga sempat mencicipi jersey Timnas Italia. Pada 2004-2005 ia dipanggil ke Timnas Italia U-18, dan pada 2011 menjalani debutnya di timnas senior, di era kepelatihan Cesare Prandelli.

Kepergian Astori jelas membuat sepakbola dunia, khususnya Italia, berduka. Untuk menghormatinya, seluruh laga tersisa di giornata ke-27 Liga Italia pekan lalu pun ditunda.

Baca Juga: Fenomena Kembalinya Ketajaman Cristiano Ronaldo di 2018

Sementara itu, laga-laga di Liga Champions dan Liga Europa pada tengah pekan ini juga menggelar moment of silence sebagai penghormatan terakhir untuk sosok Astori.

Tribut untuk Davide Astori (AFP/Filippo MONTEFORTE)

Banyak pesepakbola dan publik secara umum pun beramai-ramai memberi ucapan belasungkawa di media sosial. Sekitar 10.000 orang dan sederet pesepakbola top juga menghadiri prosesi pemakaman Astori pada Kamis (8/3/2018).

Baca Juga: Manchester United Kontra Liverpool, Adu Tajam Lukaku vs Salah

2. Meninggalnya Bradley Lowery

Ini juga merupakan salah satu kejadian teranyar yang membuat dunia sepakbola menangis. Fans cilik Sunderland, Bradley Lowery akhirnya menyerah dengan penyakit kanker stadium terminal yang telah lama diidapnya. Sepakbola Inggris –dan tentunya dunia– pun berduka setelah Lowery menghembuskan nafas terakhirnya pada awal Juli 2017.

Lowery yang baru berusia enam tahun itu, memang menjadi sorotan dunia karena perjuangannya melawan penyakit kanker.

Singkat cerita, Lowery didiagnosis menderita neuroblastoma, sebuah kanker yang langka pada 2013 silam. Kecintaannya terhadap sepakbola dan kisahnya yang menginspirasi, membuat Lowery sempat dijadikan maskot Sunderland.

 bersama Jermain Defoe (AFP/SCOTT HEPPELL)

Dia pun sangat dicintai oleh fans Sunderland. Bahkan, Lowery sempat disambut bak tamu penting dan mendapat kesempatan untuk mendampingi pemain favoritnya, yakni striker gaek Jermain Defoe yang akhirnya pindah ke Bournemouth pada musim panas lalu.

3. Billy Sharp Mendedikasikan untuk Mendiang sang Anak

Penyerang berkebangsaan Inggris, Billy Sharp mencetak gol untuk Doncaster Rovers dalam laga Divisi Championship (kasta kedua di Inggris) kontra Middlesbrough pada Oktober 2011. Namun, sang pemain malah menangis dan terlihat amat sedih. Apa pasal?

(Sumber: Youtube / kitchDRFC96)

Rekan-rekan Sharp sendiri sibuk memeluk Sharp, juga dengan mata berkaca-kaca. Dan sekira 9.000 penonton yang memadati Keepmoat Stadium pun kompak memberikan applaus sambil coba menahan keharuan.

Ternyata, dua hari sebelum laga tersebut, bayi laki-laki Sharp yang bernama Luey Jacob Sharp, meninggal dunia. Sharp pun mendedikasikan golnya ini untuk sang anak.

Meski diselimuti rasa duka, Sharp sendiri memang tetap ngotot ingin tampil di laga ini. Selain karena berperan sebagai kapten timnya, ia pun punya tekad bikin gol untuk sang anak. Tekadnya tercapai ketika ia mencetak gol pada menit 14.

Dengan penuh emosi, Sharp pun langsung menghadap ke arah penonton. Ia membuka kostum, dan kemudian menunjukkan tulisan di kaus dalamnya yang bertuliskan "That's for you, Son".

Ada pengecualian juga untuk partai sarat emosional ini. Biasanya, wasit memberikan kartu kuning jika ada pemain yang melakukan selebrasi berlebihan, termasuk juga jika membuka jersey.

Namun, kali ini wasit Darren Deadmen memberikan toleransi luar biasa. Ia membiarkan Sharp membuka kostum, memperlihatkan tulisan di kaus dalamnya, dan membiarkan Sharp menikmati momen tersebut tanpa menghukum sang pemain.

4. Bocah Kolombia Membuat Radamel Falcao Terharu

Pada awal 2014, Radamel Falcao diragukan untuk tampil membela Timnas Kolombia di Piala Dunia 2014 Brasil. Ini lantaran bomber berjuluk El Tigre itu mengalami cedera ligamen parah saat memperkuat AS Monaco di Liga Prancis.

Meski masih menjalani terapi agar mempercepat penyembuhan lututnya di kota Madrid, Falcao masih menyempatkan diri bertemu penggermarnya.

Bocah asal Bogota, Kolombia yang akhirnya berhasil bertemu dengannya memang bukan sembarangan, melainkan fan berat yang memiliki lebih dari 130 foto dan kliping koran terkait Falcao terpajang di dinding kamarnya.

Berkat bantuan Revel Foundation, bocah 13 tahun bernama Michael Steven tersebut akhirnya meledak tangisnya saat bertemu langsung dengan sang idola. Kerasnya tangis tersebut sempat membuat heran anak-anak lain yang memang juga berkesempatan bertemu dengan El Tigre.

Pada akhir pertemuan tersebut, Steven juga sempat memegang lutut Falcao sambil mendoakan agar dirinya dapat sembuh dengan cepat. Steven berharap agar di Piala Dunia nanti, negaranya Kolombia dapat diperkuat sang bomber.

Falcao sendiri lantas terlihat amat terharu mendengar celotehan sang bocah dan terlihat berusaha keras untuk menahan tangisnya.

Falcao sendiri akhirnya harus absen dari gemerlap Piala Dunia setelah ia menolak untuk pergi ke Brasil lantaran merasa tidak fit dan hanya akan menjadi beban bagi rekan-rekan setimnya. Ya, ini murni keputusannya, sebagaimana sang bomber sejatinya telah masuk dalam preliminary squad pilihan pelatih Jose Pekerman.

5. Appie Nouri Kolaps di Lapangan

Awan kelam menaungi klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam pada Juli 2017. Pasalnya, salah satu bintang muda mereka, Abdelhak Nouri berada dalam kondisi kritis.

Nouri yang baru berusia 20 tahun itu mengalami serangan jantung saat membela Ajax pada laga pramusim jelang musim 2017-2018 kontra Werder Bremen di Lindenstadion, Eisenstadt, Austria.

Appie Nouri (AFP)

Gelandang yang juga fasih bermain sebagai winger itu pun kolaps di tengah lapangan saat laga memasuki menit ke-80. Sempat cukup lama mendapatkan treatment dari tim medis Ajax, Nouri akhirnya dibawa ke rumah sakit dalam keadaan koma dengan menggunakan helikopter.

Pada awalnya, Ajax mengabarkan bahwa Nouri dalam kondisi stabil, membantah isu yang menyebut pemain Timnas Belanda U-19 keturunan Maroko itu mengalami masalah pada otaknya.

Akan tetapi, kondisi Nouri semakin memburuk. Ajax kemudian mengumumkan via Twitter resmi mereka, bahwasanya pemain yang akrab disapa Appie itu telah didiagnosis mengalami kerusakan otak permanen. Kerusakan ini amat serius dan sulit untuk disembuhkan.

Usut punya usut, penyebab buruknya keadaan Nouri adalah karena kurangnya asupan oksigen ke otak saat ia mengalami kejadian nahas tersebut. Nouri sendiri sampai sekarang masih menjalani perawatan intensif dan terapi, sebagaimana bisa dipastikan kalau ia tak lagi bisa bermain dan harus pensiun dini dari dunia sepakbola.

Sebagai informasi, Nouri telah melakoni debut bersama tim utama Ajax di musim lalu, meski ia menghabiskan sebagaian besar musim 2016-2017 bersama Jong Ajax (tim muda atau tim reserves Ajax) yang berlaga di Eerste Divisie, yang merupakan kompetisi kasta kedua Belanda di bawah Eredivisie.

Hebatnya, Nouri terpilih sebagai pemain terbaik Eerste Divisie musim 2016-2017! Ini jelas merupakan bukti nyata bahwa Nouri memang merupakan salah satu pemain muda berbakat yang dimiliki Belanda. Sangat disayangkan memang.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak