3 Alasan Timnas Voli Putra Indonesia Bisa Menumbangkan Vietnam di Semifinal SEA Games 2023

Timnas Voli Putra Indonesia bisa saja kalahkan Vietnam di Semifinal SEA Games 2023, karena alasan ini.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Minggu, 07 Mei 2023 | 15:20 WIB
Timnas Voli Putra Indonesia saat lawan Filipina di SEA Games 2023 Kamboja. (Antara)

Timnas Voli Putra Indonesia saat lawan Filipina di SEA Games 2023 Kamboja. (Antara)

Bolatimes.com - Timnas Voli Putra Indonesia dipastikan menghadapi Vietnam di partai semifinal SEA Games 2023. Ada sejumlah alasan yang membuat tim Merah Putih berpeluang besar untuk memenangkan laga ini.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Voli Indonesia melawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023 akan berlangsung di Olympic Indoor Stadium, Phnom Penh, Minggu (7/5/2023) pukul 17.00 WIB.

Keberhasilan Timnas Voli Indonesia melenggang ke fase semifinal ini tak terlepas dari performa impresif yang ditampilkan saat menghadapi tuan rumah Kamboja pada laga terakhir Grup A.

Baca Juga: Profil Hongyen Thakam, Rival Black Steel FC di Final AFF Futsal Club Championship 2023

Skuad Merah Putih yang menurunkan formasi terbaiknya, Hendra Kurniawan, Fahri Septian, Rivan Nurmulki, Doni Haryono berikut sang setter Dio Zulfikri dan libero Henry Ade, sukses menang telak dengan skor 3-0 (25-18, 25-21, 25-16).

Setidaknya, Timnas Voli Indonesia masih memiliki banyak hal positif lainnya yang bisa dimaksimalkan untuk menghadapi Vietnam di semifinal.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Voli Indonesia bisa menumbangkan Vietnam di fase semifinal SEA Games 2023.

Baca Juga: Dalih Pelatih Malaysia usai Takluk dari Thailand di SEA Games 2023, Alasan Cuaca?

1. Indonesia Tampil Istimewa

Selama fase penyisihan Grup A cabor bola voli putra SEA Games 2023, Indonesia memang terhitung tampil istimewa saat melibas lawan-lawannya.

Tercatat, Timnas Voli Indonesia belum pernah terkalahkan. Bakal, skuad Merah Putih sukses membuat seluruh musuhnya terkapar, yakni Kamboja, Singapura, dan Filipina.

Baca Juga: Demi Usung Misi Balas Dendam Ke Timnas Indonesia, Kapten Malaysia Berhasrat Bisa Menang Lawan Vietnam

Catatan positif inilah yang membuat Rivan Nurmulki dan kawan-kawan memiliki modal berharga untuk bisa menggulung Vietnam di semifinal SEA Games 2023.

2. Dua Pemain Senior Mulai Gacor

Asisten pelatih Timnas Voli Indonesia, Erwin Rusni, mengakui apabila anak asuhnya sudah memperlihatkan perkembangan performa di fase penyisihan.

Baca Juga: SEA Games 2023: Perkasa, Tim Balap Sepeda Indonesia Borong Tiga Emas

Dia juga menyebutkan bahwa dua pemain seniornya sudah mulai menemukan ritme permainan yang terbaik. Dua pemain senior yang dimaksud ialah Rivan Nurmulki dan Doni Haryono.

"Kunci kemenangan kita main agresif, tidak menganggap enteng lawan, dan mengurangi kesalahan sendiri terutama servis dan bola pertama," ujar Erwin Rusni.

"Alhamdulillah para pemain senior terutama Rivan dan Doni sudah mulai menemukan ritme permainan yang baik. Mudah-mudahan di semifinal ketemu Vietnam bisa bermain seperti tadi.”

3. Status Juara Bertahan

Selama dua edisi terakhir, Timnas Voli Indonesia memang sudah memperlihatkan dominasinya pada cabang voli putra SEA Games, yakni untuk tahun 2019 dan 2021.

Dari dua edisi yang berbeda itu, Timnas Voli Indonesia sukses meraih medali emas. Edisi 2019 sukses menumbangkan Filipina, sedangkan edisi berikutnya menggasak Vietnam di partai final.

Dua medali emas itu memang sejauh ini membuat tim Merah Putih memperlihatkan dominasinya di Asia Tenggara, khususnya ajang SEA Games.

Sebab, sudah ada 11 medali emas yang diraih Timnas Voli Indonesia untuk memuncaki daftar perolehan medali cabor voli putra dalam sejara SEA Games.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak