6 Wakil Indonesia yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2022, Terbaru Gregoria Mariska Tunjung

Gregoria Mariska Tunjung lolos ke BWF World Tour Finals 2022 setelah salah satu peserta menyatakan mundur.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 28 November 2022 | 10:29 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. [Dok. PBSI]

Pebulu tangkis tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. [Dok. PBSI]

Bolatimes.com - Indonesia meloloskan enam wakil dari empat sektor yang hanya diikuti delapan pemain terbaik di tiap nomor ke turnamen penutup musim BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember. Terbaru adalah tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Gregoria Mariska Tunjung dipastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2022 setelah salah satu dari delapan peserta tunggal putri mengundurkan diri. Namun BWF tidak menyebut pebulu tangkis yang mundur tersebut.

Sebelumnya, peserta yang tampil di nomor tunggal putri adalah Chen Yu Fei (China), Tai Tzu Ying (Taiwan), He Bing Jiao (China), An Se Young (Korea Selatan), Pusarla V Sindhu (India), Ratchanok Intanon (Thailand), Busanan Ongbamrungphan (Thailand) dan juara dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi.

Baca Juga: Belgia Dihajar Maroko, Suporter Ngamuk Lempar Kembang Api hingga Bakar Kendaraan

Sebelum berangkat ke BWF World Tour Finals, Gregoria sebetulnya saat ini berada di posisi 13 pada ranking, turnamen yang hanya dapat diikuti delapan wakil terbaik di tiap nomor. Berdasarkan peraturan, Gregoria menempati daftar tunggu nomor pertama.

Dengan demikian, Gregoria Mariska Tunjung menjadi pebulu tangkis tunggal putri Indonesia pertama yang tampil di ajang bergengsi itu sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 2018.

Sementara dari sektor tunggal putra, Indonesia meloloskan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Merekan akan bersaing dengan enam wakil terbaik lainnya, yaitu Viktor Axelsen (Denmark), Chou Tien Chen (Taiwan), Prannoy H.S (India), Loh Kean Yew (Singapura), Lu Guang Zu (China), dan Kodai Naraoka (Jepang), demikian BWF dalam laman resminya, Rabu.

Baca Juga: Belgia Dipecundangi Maroko, Begini Komentar Roberto Martinez

Indonesia juga mengirimkan dua wakil pada sektor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang telah menjalani delapan final dan memenangi empat gelar musim ini memimpin ranking World Tour, akan berjuang bersama Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di posisi kedua.

Mereka akan bersaing dengan juara dunia Aaron China/Soh Wooi Yik (Malaysia), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang), dan duet anyar yang baru dipasangkan bersama musim ini, yaitu Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) dan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan).

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda campuran. Rinov/Pitha menjadi wajah baru di antara para pemain bintang di BWF World Tour Finals 2022, seperti juara dunia Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), juara bertahan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand), peraih emas Olimpiade Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China), dan juara All England asal Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik usai Laga Spanyol vs Jerman Berakhir Imbang 1-1

Pasangan Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue tidak pernah menjuarai turnamen musim ini, tetapi cukup solid dan konsisten untuk tampil di World Tour Finals, bersama-sama dengan pasangan Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie and Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Pada sektor ganda putri akan mempertemukan delapan wakil terbaik termasuk duet Korea Selatan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong, yang sempat menempati peringkat ke-73 di akhir musim 2021 namun kini melesat ke peringkat kelima dunia dan nomor satu dalam ranking World Tour.

Selain itu, tujuh pasangan lain yang lolos ke Bangkok adalah Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China), Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand), Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia), Vivian Hoo/Liem Chiew Sien (Malaysia), Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang), dan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand), dan juara dunia asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Baca Juga: Digadang-gadang Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Elkan Baggott Lakukan Aksi Mulia

Dengan demikian, Indonesia mempunyai enam wakil pada turnamen berhadiah total 1,5 juta dolar AS (Rp23,5 miliar) itu. Sebelumnya, Indonesia sudah terlebih dahulu meloloskan Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak