Arena

2 Wasit Indonesia akan Bertugas di Piala Asia FIBA 2022, Ini Sosoknya

Turnamen bola basket FIBA Asia Cup 2022 akan segera digelar pada 12-24 Juli 2022.

Rauhanda Riyantama

Hardja Jaladri, salah satu wasit asal Indonesia yang akan memimpin pertandingan di Piala Asia FIBA 2022. (instagram/@jaladri05)
Hardja Jaladri, salah satu wasit asal Indonesia yang akan memimpin pertandingan di Piala Asia FIBA 2022. (instagram/@jaladri05)

Bolatimes.com - Gelaran basket bergengsi, yakni Piala Asia FIBA 2022 akan segera bergulir pada 12-24 Juli 2022. Menariknya, ada dua wasit asal Indonesia yang ditugaskan di ajang tersebut.

Kedua wasit tersebut adalah Budi Marfan dan Raden Harja Jaladri. Keduanya telah dikenal terbiasa memimpin laga basket tingkat internasional.

Mereka sudah mengantongi lisensi FIBA sejak 2003, bahkan Harja Jaladri pernah menjadi wasit pada gelaran Piala Dunia FIBA 2019 di China tiga tahun yang lalu.

Profil Harja Jaladri

Wasit yang dikenal tegas ini lahir pada 17 September 1976, ia memulai karir pertama sebagai wasit di kampusnya yakni Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ia mengawali kariernya sebagai pembantu wasit, meski impian sebenarnya adalaj pemain basket atau atlet basket.

Berawal dari sana lah, ternyata ia bisa menjadi salah satu wasit bola basket terbaik Indonesia.

Harja Jaldri memulai karir internasionalnya pada 2005. Lalu pada 2012, ia pertama kali menjadi wasit netral yang dipilih oleh FIBA secara langsung pada turnamen FIBA Asia 2012.

Harja Jaldri sudah diakui sebagai wasit internasional sejak 2005, dan kenyataannya ia memiliki prestasi yang gemilang.

Harja juga pernah dipilih sebagai wakil FIBA ASIA mengikuti NBA Summer Camp di Las Vegas, Amerika Serikat.

Pada 2018, Harja juga terpilih untuk mengikuti kejuaraan dunia Bola Basket Wanita di Spanyol, dan ia berhasil dinobatkan sebagai wasit terbaik di Indonesia Basket Ball League 2018/2019.

Profil Budi Marfan

Meski usia Budi Marfan lebih muda dari Harja Jaldri, namun Budi sudah mengantongi lisensi FIBA pada 2003.

Di ajang Basket Internasional, Budi tekenal sebagai wasit yang disegani, karena ia memiliki jam terbang yang tinggi. Pembawaannya selalu tenang dalam menghadapai para pemain dan situasi game ketat.

Budi Marfan kerap dianugerahi banyak penghargaan sebagai wasit terbaik di kompetisi Basket terbaik tanah air. Dan tentunya ketika dipilih sebagai wasit Piala FIBA bersama Harja Jaladri, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Budi.

Ia senang karena sudah lolos dan menang dalam tahap seleksi, mengalahkan sekian banyaknya wasit jempolan di Asia.

Dalam laga FIBA pertama Asia Cup 2022, 12 Juli mendatang, Indonesia akan berhadapan dengan tim basket Arab Saudi.

Optimisme mengalir deras, mengingat pada pertemuan terakhir di FIBA World Cup 2023 Asian Qualifiers tanggal 1 Juli lalu, Arab Saudi hanya menang dua poin, 69-67.

Pada FIBA Asia Cup 2022 yang akan berlangsung juga di Istora Gelora Bung Karno Jakarta, Arab Saudi kembali mengirimkan skuad yang sama persis dengan gim terakhir melawan Indonesia tersebut.

Saat bertanding di Istora Senayan, timnas basket sempat unggul 13 poin hingga awal kuarter pertama, sayangnya keunggulan ini tidak terkejar hingga akhir kuarter ketiga.

Marzouq Almuwallad mencetak tripoin pada tepat pada saat waktu berakhir, sehingga membawa Arab Saudi unggul 49-48.

(Kontributor: Damayanti Kahyangan)

Berita Terkait

Berita Terkini