Arena

Tuai Hasil Positif saat TC di Australia, Timnas Basket Indonesia Siap Tempur di FIBA Asia Cup 2022

Timnas Basket Indonesia akan memulai petualangan di FIBA Asia Cup 2022 pada 12-21 Juli mendatang.

Rauhanda Riyantama

Timnas basket Indonesia. [FIBA[
Timnas basket Indonesia. [FIBA[

Bolatimes.com - Timnas basket Indonesia meraih hasil positif selama TC di Australia. Mereka pun dipastikan siap tempur di FIBA Asia Cup 2022 yang akan berlangsung di Jakarta pada 12-21 Juli mendatang.

Keyakinan Perbasi akan performa timnas basket Indonesia berdasarkan hasil uji coba di Australia. Arki Dikania Wisnu cs mengakhiri uji coba dengan membungkam Brisbane Capitals 94-101 di Auchenflower Stadium, Kamis (23/6/2022).

Itu merupakan laga ke-10 atau penutup timnas basket Indonesia sebelum kembali ke Tanah Air hari ini, Jumat (24/6/2022).

"Demi mencapai sukses prestasi, setelah meraih emas SEA Games lalu, Timnas langsung try out ke Australia," jelas Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi dalam laman resmi federasi bola basket nasional itu.

"Di sana kita melawan tim-tim divisi satu Liga Australia. Mereka membukukan tujuh kemenangan dari sepuluh pertandingan."

Hal senada disampaikan Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih. Dia meyakini timnas basket Indonesia sudah siap menghadapi FIBA Asia Cup 2022.

Selain menyelesaikan 10 laga uji coba dengan baik, timnas basket Indonesia juga memiliki bekal medali emas SEA Games 2021 yang merupakan prestasi terbaik Merah Putih sejak mengikuti kejuaraan itu pada 1977.

"Timnas saat ini sudah uji coba di Australia 10 kali pertandingan. Rencananya, 24 Juni 2022 sudah pulang, langsung persiapan ke kualifikasi FIBA World Cup 2023 kemudian FIBA Asia Cup. Saya rasa mereka sudah siap," tukas Danny.

Kesiapan Timnas mengukir prestasi di FIBA Asia Cup ditunggu semua pihak. Tak terkecuali Menpora Zainudin Amali.

Mentri asal Gorontalo itu menekankan Timnas tidak boleh gagal di FIBA Asia Cup agar bisa mendapatkan tiket lolos otomatis ke FIBA World Cup 2023 di mana Indonesia juga berstatus sebagai tuan rumah.

FIBA Asia Cup 2022 akan jadi ajang penentu lolos tidaknya tim Merah Putih ke FIBA World Cup 2023 yang akan digelar di tiga negara yakni Jepang, Filipina dan Indonesia.

Meski berstatus sebagai tuan rumah, FIBA tidak memberikan jatah tiket lolos otomatis untuk Indonesia karena pertimbangan ranking yang terlalu jauh.

Sebagai gantinya, FIBA memberi syarat minimal untuk timnas Indonesia agar bisa lolos ke FIBA World CUp 2023 yakni finis delapan besar FIBA Asia Cup 2021.

Berita Terkait

Berita Terkini