Arena

3 Fakta Menarik Keberhasilan Timnas Basket Indonesia Juarai di SEA Games 2021

Timnas Basket Indonesia juarai SEA Games 2021, mengalahkan juara bertahan Filipina.

Irwan Febri Rialdi

Timnas basket putra Indonesia di SEA Games 2021. [Perbasi]
Timnas basket putra Indonesia di SEA Games 2021. [Perbasi]

Bolatimes.com - Selesai sudah perjalanan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam. Perjalanan ini ditutup dengan manis lewat torehan medali emas.

Bertanding melawan Filipina pada laga terakhir di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022), Timnas Basket Indonesia memastikan kemenangan dengan skor 85-81.

Pemain naturalisasi, Marques Bolden, menjadi top skor Indonesia dengan torehan 18 poin, disusul Abraham Damar Grahita dengan 17 poin, lalu ada Derrick Michael dengan 14 poin.

Adapun, cabor basket 5x5 putra di SEA Games 2021 berjalan dengan format round robin. Di klasemen akhir, Indonesia berada di puncak dengan koleksi 12 poin, disusul Filipina di tempat kedua dan Thailand ketiga.

Keberhasilan Timnas Basket Indonesia merengkuh gelar juara di SEA Games 2021 sekaligus memutus dominasi Filipina yang selalu merengkuh emas dalam 13 edisi berturut-turut.

Torehan ini sekaligus menciptakan sejarah baru untuk Indonesia meraih emas untuk kali pertama di ajang SEA Games. Emas SEA Games itu mengakhiri penantian panjang sejak berpartisipasi di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu sejak 1977. 

Berikut beberapa fakta menarik usai Timnas Basket Indonesia memastikan medali emas di SEA Games 2021.

1. Medali Kedelapan

Medali emas di SEA Games 2021 menjadi medali kedelapan Indonesia di cabor basket putra. Sebelumnya Timnas Basket Indonesia sudah meraih empat medali perak dan tiga perunggu.

Pada SEA Games 2019 lalu di Manila, Filipina, Indonesia gagal meraih medali karena hanya mampu menempati posisi keempat.

2. Negara Ketiga Peraih Emas

Indonesia kini tercatat sebagai negara ketiga yang mampu meraih medali emas basket putra di SEA Games. Indonesia mengikuti jejak Filipina dengan 18 emas dan Malaysia dengan 2 medali emas.

3. Pemain Aboard

Keberhasilan Timnas Basket indonesia mengalahkan Filipina dan meraih medali emas tidak terlepas dari hadirnya pemain-pemain hebat yang kini merumput di luar negeri.

Ada empat pemain yaitu Agassi Goantara di CB Alhama Baloncesto, Brando Jawato di Utsunomiya Brex, Derrick Michael di Grand Canyon Antelopes, dan Marques Bolden di Salt Lake City Stars.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini