Arena

Profil Derrick Michael, Wonderkid yang Bawa Timnas Basket Indonesia Raih Medali Emas SEA Games

Derrick tampil apik sepanjang pertandingan melawan Filipina dengan mencetak 17 poin dan 7 rebound.

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Basket Indonesia, Derrick Michael. (Dok. IBL)
Pemain Timnas Basket Indonesia, Derrick Michael. (Dok. IBL)

Bolatimes.com - Nama Derrick Michael sedang ramai dibicarakan belakangan ini karena penampilan apiknya bersama Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi.

Bersama rekan-rekannya, Derrick mengukir sejarah dengan meraih medali emas di cabor basket 5x5 putra SEA Games untuk pertama kali sejak ikut serta pada 1977.

Kepastian medali emas ini didapatkan usai Timnas Indonesia mengalahkan sang raja basket Asia Tenggara, Filipina, dengan skor 85-81 pada Minggu (22/5/2022), sore WIB.

Derrick tampil apik sepanjang pertandingan melawan Filipina dengan mencetak 17 poin dan 7 rebound. Namanya pun kini makin mencuri perhatian.

Lantas, siapa sebetulnya Derrick Michael yang bikin bangga Timnas Basket Indonesia ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Derrick Michael

Sosok dengan nama lengkap Derrick Michael Xzavierro ini merupakan atlet kelahiran 1 April 2003. Postur Derrick kini mencapai 2,03 meter.

Perawakan tinggi yang dimiliki oleh Derrick didapatkan dari sang ayah yang berasal dari Kamerun, sedangkan ibu Derrick berasal dari Sumatera Utara.

Derrick mulai menjadi pusat perhatian kala bertanding di ASEAN Schools Games 2019 di Semarang, Jawa Tengah. Kala itu, ia berstatus sebagai pelajar kelas XI di SMA Ragunan.

Dilansir dari situs FIBA Asia Cup, Derrick merupakan pemain dari klub Generasi Muda Shark yang berbasis di Jakarta.

Potensi yang dimiliki oleh Derrick Michael membuatnya bisa melangkah jauh. Dia menjadi pebasket Indonesia pertama yang bisa masuk ke NBA Academy.

Tak hanya itu, Derrick Michael juga selangkah lagi bakal membuat sejarah sebagai pebasket pertama Indonesia yang bakal tampil di kejuaraan bola basket antar pelajar Amerika Serikat paling elite, NCAA.

Hal ini dipastikan setelah Derrick Michael berkomitmen untuk bergabung dengan Grand Canyon University (GCU) mulai tahun ajaran mendatang.

Dengan bergabungnya Derrick di kampus ini, dia dipastikan bakal tampil di NCAA Divisi I. Tentu saja bermain di kompetisi macam NCAA bisa membuka peluang buat Derrick tampil di NBA pada masa mendatang.

Adapun, debut Derrick Michael di Timnas Basket Indonesia terjadi pada ajang FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers, 20 Februari 2020.

Terbaru dia menjadi bagian Timnas Basket Indonesia yang menyabet medali emas SEA Games 2021. Derrick Michael diharapkan bisa menjadi tumpuan untuk ajang-ajang internasional lainnya di masa akan datang.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini