Arena

Asian Games 2022 Hangzhou Resmi Ditunda, Ini Penyebabnya

Asian Games 2022 yang sedianya digelar pada September ditunda.

Rauhanda Riyantama

Logo Asian Games 2022. [STR / AFP]
Logo Asian Games 2022. [STR / AFP]

Bolatimes.com - Asian Games 2022 yang akan digelar di kota Hangzhou, China pada September resmi ditunda hingga tahun depan. Gelombang baru Covid-19 yang menyerang China menjadi dasar dari keputusan itu.

Melansir South China Morning Post, Jumat (6/5/2022), kabar tersebut telah dikonfirmasi media pemerintah China bahwa multievent olahraga terbesar setelah Olimpiade musim panas itu tak akan digelar tahun ini.

"Dewan Olimpiade Asia (OCA) telah mengumumkan bahwa Asian Games ke-19, yang semula dijadwalkan diadakan di Hangzhou, China pada 10 hingga 25 September 2022, akan ditunda," demikian pernyataan pemerintah China.

Tanggal baru untuk multievent olahraga terakbar di Asia itu belum diumumkan. Keputusan untuk menunda Olimpiade diambil pada pertemuan dewan eksekutif OCA di Tashkent pada hari ini, Jumat (6/5/2022).

OCA mengatakan dalam pernyataannya bahwa keputusan untuk menunda disetujui oleh semua pemangku kepentingan setelah mempertimbangkan dengan cermat situasi pandemi dan besarnya penyelenggaraan.

OCA juga mengatakan bahwa Asian Youth Games, yang dijadwalkan akan diadakan pada bulan Desember di kota Shantou, China, akan dibatalkan karena sebelumnya telah ditunda satu kali.

Panitia Penyelenggara Asian Games 2022 Hangzhou pada April lalu sempat mengatakan bahwa persiapan sudah selesai. Sebanyak 56 venue sudah siap untuk menyelenggarakan ajang yang bakal diikuti sekitar 11.000 atlet dari 44 negara tersebut.

China telah berjuang dengan gelombang baru Covid-19 yang didorong oleh varian Omicron.

Pada akhir Maret, kota Shanghai kembali mengalami lockdown mendadak dengan 25 juta penduduknya diperintahkan untuk tinggal di rumah. Pembatasan tetap berlaku di sebagian besar kota.

Berita Terkait

Berita Terkini