Arena

7 Fakta Sutjiati Narendra, Atlet Senam Ritmik yang Curhat Tak Diberangkatkan ke SEA Games

Sutjiati Narendra atlet muda beprestasi.

Husna Rahmayunita

Atlet senam ritmik Indonesia, Sutjiati Kelanaritma Narendra. (Instagram/sutji.ritma)
Atlet senam ritmik Indonesia, Sutjiati Kelanaritma Narendra. (Instagram/sutji.ritma)

Bolatimes.com - Sutjiati Narendra, atlet senam ritmik Indonesia, menjadi perbincangan publik karena tak bisa berlaga di SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam.

Sutjiati Narendra merupakan salah satu atlet yang tidak terpilih untuk berlaga di ajang SEA Games 2021 karena tak masuk dalam daftar 31 cabor yang diberangkatkan Kemenpora RI.

Oleh sebab itu, Sutjiati Narendra berencana untuk tetap berangkat ke ajang SEA Games 2021 menggunakan dana pribadi.
Meskipun demikian, rencananya tak semulus itu. Sebab, ia belum mendapatkan izin dari pemerintah meski berangkat memakai biayanya sendiri.

Pengakuan ini disampaikan Sutjiati Narendra saat menjalani sesi bincang-bincang di podcast milik Deddy Corbuzier yang ditayangkan Kamis (14/4/2022).

“Well, ya masuk akal sih (pemerintah hanya membiayai yang berprestasi), karena Suci belum pernah ikut SEA Games. Tapi, bahkan aku belum diberi kesempatan untuk mewakili Indonesia,” kata Sutjiati.

Penampilan atlet senam ritmik Lampung Sutjiati Kelanaritma Narendra di PON Papua. [ANTARA]
Penampilan atlet senam ritmik Lampung Sutjiati Kelanaritma Narendra di PON Papua. [ANTARA]

Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik tentang Sutjiati Narendra, atlet senam ritmik yang berangkat SEA Games 2021 menggunakan biaya sendiri.

1. Atlet yang memiliki nama lengkap Sutjiati Kelanaritma Narendra ini adalah perempuan blasteran Indonesia-Amerika. Dia lahir di New York, Amerika Serikat, pada 13 Februari 2004.

2. Ayahnya yang bernama Andy Febriant Narendra berdarah lampung, sementara ibunya, Christina Marie-Narendra, berasal dari Amerika Serikat.

3. Sutjiati mulai berlatih senam ritmik sejak berusia sembilan tahun. Ketika itu, ia mulai aktif mengikuti beberapa kejuaraan di Amerika dan Eropa untuk menimba ilmu dan pengalaman.

4. Kecintaan Sutjiati pada senam ritmik berawal dari cinta pada pandangan pertama. Saat itu, ia menyaksikan para pesenam ritmik beraksi dengan cantik di atas area senam pada Olimpiade 2012 yang berlangsung di London.

Alet senam ritmik Sutjiati Narendra di podcasct Close the Door. (YouTube/deddycorbuzier)
Alet senam ritmik Sutjiati Narendra di podcasct Close the Door. (YouTube/deddycorbuzier)

5. Salah satu prestasi mentereng yang pernah diraih perempuan 18 tahun itu di turnamen internasional ialah meraih gelar juara di Las Vegas dan Bulgaria.

6. Di Indonesia, Sutjiati Narendra telah menorehkan prestasi yang cukup mentereng. Sebab, ia sukses merebut dua medali emas dan satu perak di ajang PON XX Papua 2021 mewakili Lampung di cabor senam.

7. Karena tiga medali PON Papua 2021 itu, seharusnya Sutjiati Narendra mendapatkan bonus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Setidaknya, dia dijanjikan bonus sebesar Rp 600 juta Namun, sampai saat ini uang itu belum juga dicairkan.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini