Arena

Selamat, Timnas Futsal Indonesia Lolos ke Piala Asia 2022

Prestasi membanggakan dari Timnas Futsal Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Timnas Futsal Indonesia saat menghadapi Malaysia di Piala AFF Futsal 2022. (Dok. PSSI)
Timnas Futsal Indonesia saat menghadapi Malaysia di Piala AFF Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Futsal Indonesia melaju ke final Piala Futsal AFF 2022 setelah menundukkan Myanmar dengan skor 6-1 pada laga semifinal di Bangkok, Jumat. Hasil ini juga sekaligus membuat Garuda otomatis lolos ke Piala Asia Futsal 2022.

Itu menjadi final kelima timnas futsal Indonesia pada ajang Piala AFF. Sementara di Piala Asia, Indonesia akan menjalani penampilan ke-10 setelah terakhir kali berkompetisi di kejuaraan tersebut pada tahun 2014.

Adapun gol-gol Indonesia dalam laga empat besar Piala AFF kontra Myanmar dilesakkan oleh Syauqi Saud, Evan Soumilena, Ardiansyah Runtuboy (dua gol), Guntur Sulistyo dan Firman Ardiansyah.

Myanmar hanya berhasil mendapatkan gol melalui kaki Hlaing Min Tun, tiga menit menjelang laga selesai.

Pada laga itu, Indonesia bermain ngotot dan agresif sejak menit pertama. Memiliki beberapa kesempatan, tim “Garuda” akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-17 lewat sepakan keras Syauqi Saud.

Dua menit kemudian, kiper Indonesia Muhammad Albagir membuat penyelamatan penting dengan menepis sepakan “second penalty” Myanmar.

Usai jeda, Indonesia yang memimpin 1-0 langsung menggandakan kedudukan via gol tumit Evan Soumilena. Pada menit ke-25 via sepakan Ardiansyah Runtuboy mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Kemudian, Runtuboy lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-35.

Tertinggal empat gol, Myanmar menerapkan strategi “power play” yang berbuah gol pengecil jarak dari Hlaing Min Tun.

Menjelang akhir laga, Indonesia menambah dua gol lagi dari sumbangan Guntur Sulistyo dan Firman Ardiansyah yang memanfaatkan “lubang” dari “power play” lawan. Indonesia pun mengunci kemenangan telak dengan skor 6-1.

Partai final Piala Futsal AFF 2022 akan berlangsung di Stadion Hua Mark, Bangkok, Thailand, pada Minggu (10/4), mulai pukul 17.00 WIB.

Lawan Indonesia adalah pemenang antara Thailand dan Vietnam yang bertanding pada semifinal mulai pukul 17.00 WIB, Jumat (8/4).

Sementara Piala Asia Futsal AFC 2022 akan berlangsung pada 25 September-20 Oktober 2022 di Kuwait.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini