Penasaran dengan Harga Helm MotoGP? Segini Lho Nominalnya

Simak nih yang pengin punya helm ala MotoGP

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 19 Februari 2022 | 21:00 WIB
Helm Valentino Rossi AGV Soleluna 2021. (rideapart.com)

Helm Valentino Rossi AGV Soleluna 2021. (rideapart.com)

Bolatimes.com - MotoGP selalu menghadirkan sisi unik yang bisa bikin para penikmatnya tercengang. Salah satunya adalah mengenai harga Riding Gear atau perlengkapan membalap yang mereka miliki.

Ajang MotoGP memang menjadikan motor atau tunggangan para pembalap sebagai daya tarik utama. Kehadiran kuda besi di arena balap bisa memanjakan para penikmat otomotif.

Selain itu, MotoGP juga menghadirkan aksi-aksi yang memacu adrenalin para penontonnya, baik di arena langsung maupun layar kaca.

Baca Juga: Malaysia Belum Tersingkir dari Piala AFF U-23 Usai Tumbang dari Laos, Begini Regulasinya

Tak hanya motor dan setiap aksi para ridernya, penikmat otomotif juga kerap terpesona dengan Riding Gear atau perlengkapan para pembalap MotoGP.

Sebagai salah satu olahraga ekstrem, MotoGP menerapkan standar keamanan yang maksimum dalam perlengkapan seorang pembalap untuk beradu cepat di atas aspal.

Beberapa Riding Gear yang ditetapkan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) untuk pembalap MotoGP adalah helm, sarung tangan khusus, sepatu khusus, dan pakaian balap khusus sebagai perlindungan diri para pembalap.

Baca Juga: Profil Michael Weiss, Pelatih Laos yang Permalukan Malaysia di Piala AFF U-23 2022

Dari semua Riding Gear yang disebutkan, salah satu yang paling digemari untuk dikoleksi oleh penikmat otomotif adalah helm.

Helm menjadi Riding Gear MotoGP yang awam digunakan oleh masyarakat umum dalam mengendarai sepeda motor yang bertujuan untuk melindungi kepala ketika mengalami kecelakaan.

Meski begitu, helm yang biasa digunakan masyarakat awam dan pembalap MotoGP punya spesifikasi yang berbeda jauh. Karenanya, harganya pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Baca Juga: Berapa Sih Harga Helm MotoGP?

Kira-kira, berapa rata-rata harga helm yang dikenakan para pembalap MotoGP ketika beradu balap?

Mencapai Miliaran Rupiah

Harga helm yang dikenakan para pembalap MotoGP terbilang variatif. Hal ini tergantung merek ataupun spesifikasi yang dimiliki.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sempat Tak Percaya Mees Hilgers Batal Bela Timnas Indonesia

Sebagai informasi, konstruksi helm yang dikenakan pembalap MotoGP harus lolos standarisasi FIM Racing Homologation Programme (FRHP) yang ditetapkan oleh FIM.

Di MotoGP sendiri terdapat beragam merek helm yang dibuat oleh pabrikan Italia seperti AGV, pabrikan Jepang seperti Arai, pabrikan Amerika Serikat seperti Bell dan lain sebagainya.

Sebagai contoh harga, ambil helm dengan merek AGV yang dikenakan oleh pembalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi.

Helm AGV yang digunakan Rossi ditaksir memiliki harga mencapai Rp15-18 juta. Meski begitu, ada versi lebih murah yang hanya berada di angka Rp6,5 juta dalam bentuk replika.

Beralih ke merek lainnya, helm Shoei X-14 yang digunakan oleh Marc Marquez memiliki harga mencapai Rp12 juta lebih. Bahkan, harga replikanya saja mencapai Rp10 jutaan.

Dari sana, bisa disimpulkan bahwa helm para rider MotoGP pada umumnya hanya berada di angka belasan juta rupiah saja.

Meski begitu, harga helm pembalap MotoGP nyatanya bisa mencapai ratusan juta rupiah dan bahkan miliaran rupiah jika dilepas ke pasaran dalam bentuk lelang.

Sebagai contoh helm dari pembalap asal Australia, Jack Miller yang dilelang untuk membantu bencana kebakaran di negaranya.

Saat dilelang ke masyarakat awam, helm AGV seri Pista GP R yang Jack Miller miliki, laku dengan harga Rp170 jutaan.

Belum lagi dengan helm dipakai Valentino Rossi saat terakhir kalinya membalap di MotoGP. Dilansir dari berbagai sumber, helm yang dilemparnya ke fans itu ditaksir memiliki harga mencapai Rp1,6 miliar di kalangan kolektor.

Kontributor: Zulfikar

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap MotoGP dari tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo tak ingin mengendurkan semangatnya untuk balapan di MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

arena | 18:49 WIB

Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi mengaku optimistis, karena keduanya berhasil finis di daftar delapan besar pada balapan utama MotoGP Amerika dua pekan lalu.

arena | 15:15 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Alex Rins bertekad untuk mengulangi kemenangan pada MotoGP Amerika Serikat 2024.

arena | 13:25 WIB

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, ingin meraih podium pertamanya di balapan yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA) Austin, Texas, pada akhir pekan ini.

arena | 12:30 WIB

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB
Tampilkan lebih banyak