Max Verstappen Juara Dunia Baru F1 usai Menang Dramatis di Seri Abu Dhabi

Max Verstappen menang dramatis lawan Lewis Hamilton di seri pamungkas Abu Dhabi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 13 Desember 2021 | 11:09 WIB
Max Verstappen juara dunia F1 2021. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Max Verstappen juara dunia F1 2021. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Bolatimes.com - Pebalap tim Red BullMax Verstappen, sukses menjadi juara dunia F1 2021. Pria asal Belgia itu menang dramatis lawan juara bertahan Lewis Hamilton pada seri pamungkas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (12/12/2021) malam WIB.

Hamilton memiliki peluang besar memecahkan rekor juara dunia kedelapan dalam kariernya di F1 setelah memimpin hampir sepanjang lomba dan menjaga jaraknya 11 detik dari Verstappen, sebelum safety car diberlakukan di empat lap terakhir merusak impian sang pebalap Inggris.

Verstappen mencuri titel dari sang pebalap Mercedes dengan manuver menyalip di lap terakhir ketika balapan berjalan kembali normal.

Baca Juga: Indonesia Dapat Jatah Bermain di Liga Champions Asia pada 2023

Sebelumnya Verstappen dan Hamilton menuju Abu Dhabi dengan raihan poin yang sama setelah merampungkan 21 balapan.

"Ini gila. Orang-orang di tim saya, di Honda, saya sangat mencintai mereka. Pada akhirnya, sedikit keberuntungan untuk saya. Dan saya harus berterima kasih kepada Checo, dia membalap dengan hati hari ini," kata Verstappen dikutip laman resmi F1.

Sang pebalap Belanda  mengamankan pole position, namun Hamilton melesat dengan baik setelah lampu merah padam demi mengambil alih pimpinan lomba dari Verstappen menuju tikungan pertama.

Baca Juga: Jawab Isu Mundurnya Malaysia di Piala AFF, FAM: Itu Propaganda Vietnam

Hamilton mengambil sisi luar menuju tikungan 6 dan Verstappen berupaya memanfaatkan celah itu untuk menyalip namun kedua pebalap nyaris bersenggolan. Hamilton harus menghindar ke area runoff dan berhak mempertahankan posisinya.

Race director Michael Masi memutuskan tidak ada tindakan lanjut setelah investigasi dan menyebut Verstappen memaksa Hamilton keluar trek dengan manuver menyalipnya dari sisi dalam.

Max Verstappen juara dunia F1 2021. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)
Max Verstappen juara dunia F1 2021. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Verstappen mengeluh kesulitan mengendalikan bagian belakang mobilnya dan pada lap ke-14 melakukan pitstop untuk berganti dari ban soft ke hard. Mercedes memanggil Hamilton ke pit satu lap berselang untuk ban hard juga.

Baca Juga: Kisah Tragis Eks Bintang Liga Inggris yang Pensiun akibat Kaki Diamputasi

Sergio Perez turut membantu Verstappen memangkas jarak dari Hamilton ketika sang pebalap Meksiko menahan gempuran mobil Mercedes bernomor 44 yang ingin mengambil alih pimpinan lomba.

Berkat manuver defensif rekan satu timnya itu, Verstappen kembali menempel Hamilton dengan jarak kurang dari dua detik.

Antonio Giovinazzi menghentikan mobil Alfa Romeonya di pinggir trek karena mengalami masalah teknis sehingga virtual safety car diberlakukan.

Baca Juga: Kacau, Pemain Thailand Keracunan Santap Makanan dari Panitia Piala AFF 2020

Red Bull menarik kembali Verstappen ke pit untuk ban hard baru dan kembali ke trek dengan defisit 17 detik di belakang Hamilton yang tak berganti ban dengan 20 lap tersisa.

Dengan ban hard yang berusia 23 lap lebih tua Hamilton berupaya menjaga jarak dan kecepatannya dari Verstappen. Namun lima lap jelang bubaran Safety Car dikeluarkan karena mobil Williams Nicholas Latifi menabrak pagar pembatas di tikungan 14.

Red Bull menarik Verstappen untuk pitstop ketiga berupaya memanfaatkan kecepatan ban soft apabila balapan harus start ulang di saat Hamilton bertahan dengan ban lamanya.

Safety Car berakhir dengan menyisakan satu lap yang menjadi kesempatan terakhir bagi Verstappen dan Hamilton untuk bertarung habis-habisan.

Dibekali ban soft baru, Verstappen tak kesulitan menyalip Hamilton dan menyegel gelar juara dunia pertamanya setelah melintas garis finis pertama kali.

Hamilton menelap pil pahit setelah kecolongan dan harus puas sebagai runner-up, di saat Carlos Sainz melengkapi podium untuk Ferrari di peringkat tiga.

"Selamat untuk Max dan timnya. Saya rasa kami melakukan tugas yang luar biasa tahun ini, kami bekerja sangat keras," kata Hamilton.

"Kami mengerahkan segalanya, kami tak pernah menyerah dan itu hal yang terpenting."

Pebalap tim Haas Nikita Mazepin absen di balapan hari ini karena positif COVID-19.

Kimi Raikkonen harus mengakhiri balapan pemungkas kariernya lebih dini karena mengalami masalah pengereman dan kerusakan sayap depan mobil Alfa Romeonya.

[Antara]

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak