Kejuaraan Dunia Badminton 2021 Segera Digelar, Indonesia Kirimkan 16 Wakil

Enam wakil di antaranya langsung lolos ke babak kedua.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 06 Desember 2021 | 15:51 WIB
Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo mengembalikan kok ke ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan pada babak perempat final Kejuaraan Indonesia Masters 2021 di Nusa Dua, Bali, Jumat (19/11/2021). (ANTARA FOTO/Humas PBSI/wpa/wsj)

Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo mengembalikan kok ke ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan pada babak perempat final Kejuaraan Indonesia Masters 2021 di Nusa Dua, Bali, Jumat (19/11/2021). (ANTARA FOTO/Humas PBSI/wpa/wsj)

Bolatimes.com - Kejuaraan Dunia Badminton 2021 segera digelar di Palacio de Los Deportes Carolina Marin Arena, Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember. Indonesia pun iktu berpartisipasi dengan mengirimkan 16 wakil.

Dalam turnamen kategori Grade 1 atau setara Olimpiade itu, Indonesia mengirim sebanyak 16 wakil sebagaimana merujuk situs BWF Tournament Software, Senin (6/12/2021).

Melihat hasil undian turnamen kategori Grade 1 atau setara Olimpiade itu, 10 wakil Indonesia belum dipertemukan oleh lawan-lawan tangguh di babak pertama. Sementara enam lainnya langsung melaju ke babak kedua karena mendapat jatah bye.

Baca Juga: Sejarah Ban Kapten Pelangi Khas LGBT yang Gemparkan Piala AFF 2020

Dari sektor tunggal putra, Indonesia mengirim empat wakil yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Tommy Sugiarto.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat tampil di Piala Thomas dan Uber 2021 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. [BWF/Badminton Photo/Raphael Sachetat]
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat tampil di Piala Thomas dan Uber 2021 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. [BWF/Badminton Photo/Raphael Sachetat]

Anthony selaku unggulan kelima akan menghadapi Thomas Rouxel dari Prancis di babak pertama. Sementara Jonatan yang berstatus unggulan ketujuh sudah ditunggu wakil Austria, Luka Wraber.

Dari sektor tunggal putri, Indonesia mengirim dua wakil yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan. Gregoria akan melawan Line Christopersen (Denmark), sedangkan Ruselli ditunggu Martin Repiska (Slovakia).

Baca Juga: Atlet Dikritik soal Bonus, Netizen Ramaikan Tagar 'Apresiasi untuk Atlet'

Dari sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan empat wakilnya ke ajang ini. Mereka adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, dan Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin.

Tiga pasangan yang disebutkan pertama akan langsung melaju ke babak kedua. Sementara Leo / Daniel selaku non-unggulan sudah ditunggu Alexander Dunn / Adam Hall (Skotlandia).

Dari sektor ganda putri, Greysia Polii / Apriyani Rahayu masih akan menjadi tumpuan. Mereka ditemani Siti Fadia Silva Ramadhanti / Ribka Sugiarto di ajang ini.

Baca Juga: Profil Safuwan Baharudin, Bek Singapura yang Rajin Berkarier di Luar Negeri

Ganda Putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mengembalikan kok ke ganda putri Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai pada semifinal Indonesia Open 2021 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (27/11/2021). (ANTARA FOTO/HO/Humas PBSI/wpa/hp)
Ganda Putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mengembalikan kok ke ganda putri Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai pada semifinal Indonesia Open 2021 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (27/11/2021). (ANTARA FOTO/HO/Humas PBSI/wpa/hp)

Greysia / Apriyani selaku unggulan kelima mendapat jatah bye, sementara Fadia / Ribka ditunggu wakil tuan rumah Clara Azurmendi/Beatriz Corrales.

Sementara dari sektor ganda campuran, Indonesia mengirim empat wakilnya yakni Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto / Lisa Ayu Kusumawati, Dejan Ferdinansyah / Serena Kani.

Berikut Daftar Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia 2021.

Baca Juga: Respons Cristiano Ronaldo usai Debut Manis Rangnick di Manchester United

Tunggal putra

Anthony Sinisuka Ginting (5) vs Thomas Rouxel (Prancis)

Jonatan Christie (7) vs Nhat Nguyen (Irlandia)

Shesar Hiren Rhustavito vs Luka Wraber (Austria)

Tommy Sugiarto vs Niluka Karunaratne (Srilanka)

Tunggal putri

Gregoria Mariska Tunjung vs Line Christopersen (Denmark)

Russeli Hartawan vs Martina Repiska (Slovakia)

Ganda putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon (1) bye

Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan (2) bye

Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto (6) bye

Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin vs Alexander Dunn / Adam Hall (Skotlandia)

Ganda putri

Greysia Polii / Apriyani Rahayu (5) bye

Siti Fadia Silva Ramadhanti / Ribka Sugiarto vs Clara Azurmendi / Beatriz Corrales (Spanyol)

Ganda campuran

Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti (4) bye

Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari bye

Rehan Naufal Kusharjanto / Lisa Ayu Kusumawati vs Saurabh Sharma / Anouskha Parikh (India)

Dejan Ferdinansyah/Serena Kani vs Paul Reynolds / Rachael Darragh (Irlandia)

*Nomor di belakang nama merupakan status unggulan pemain/pasangan di Kejuaraan Dunia 2021 atau BWF World Championships 2021.

(Suara.com/Arief Sapriadi)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak