5 Pembalap Paling Berumur di MotoGP setelah Valentino Rossi Pensiun

Setelah Rossi pensiun, inilah deretan pembalap gaek di MotoGP

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 25 November 2021 | 11:55 WIB
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso (kiri) saat berbincang dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dalam sebuah kesempatan. [AFP / Juan Mabromata]

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso (kiri) saat berbincang dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dalam sebuah kesempatan. [AFP / Juan Mabromata]

Bolatimes.com - Valentino Rossi akhirnya telah resmi pensiun dari ajang balap MotoGP pada akhir musim 2021. 

Pada MotoGP Valencia 2021 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (14/11/2021), Valentino Rossi akhirnya melangsungkan balapan terakhirnya.

Sepanjang kariernya yang telah membentang selama 25 tahun, Valentino Rossi telah mencatatkan 432 balapan di ajang MotoGP.

Baca Juga: Jadwal Indonesia Vs Myanmar Jelang Piala AFF, Digelar Malam Ini

Pembalap asal Spanyol ini tercatat mengakhiri kariernya pada usia 42 tahun, angka yang sangat fantastis di dunia MotoGP.

Namun, saat ini masih ada sejumlah pembalap MotoGP yang terhitung berusia uzur, meski tak sebanding dengan The Doctor, julukan Valentino Rossi.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pembalap paling berumur di MotoGP setelah pensiunnya Valentino Rossi.

Baca Juga: The Daddies Tersingkir dari Indonesia Open 2021, Atlet Taiwan Beri Dukungan

1. Andrea Dovizioso

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso (kiri) saat berbincang dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dalam sebuah kesempatan. [AFP / Juan Mabromata]
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso (kiri) saat berbincang dengan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dalam sebuah kesempatan. [AFP / Juan Mabromata]

Setelah Valentino Rossi pensiun dari MotoGP, status sebagai pembalap tertua saat ini dipegang oleh Andrea Dovizioso.

Pembalap kelahiran Forlimpopoli, Italia, 23 Maret 1986 itu saat ini telah menginjak usia 35 tahun.

Baca Juga: Kisah Todd Ferre, Bersinar saat Lawan Qatar Tapi Kini Kariernya Terancam

Saat ini, Andrea Dovizioso membalap bersama Petronas Yamaha SRT dan berencana untuk bergabung dengan RNF MotoGP Racing pada musim 2020.

Sampai saat ini, Dovizioso telah meraih satu kali gelar juara dunia 125cc, 15 kemenangan pada ajang MotoGP.

2. Aleix Espargaro

Baca Juga: Soroti Aksi Ganti Raket Pramudya/Yeremia, BWF: Mereka Membuatnya Jadi Mudah

Rider Aprilia, Aleix Espargaro. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]
Rider Aprilia, Aleix Espargaro. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Status pembalap MotoGP tertua kedua saat ini jatuh kepada Aleix Espargaro. Pembalap asal Spanyol itu tercatat lahir pada 30 Juli 1989. Saat ini, usianya telah menginjak 32 tahun.

Aleix Espargaro sampai saat ini membalap di ajang MotoGP bersama Aprilia Racing. Sepanjang kariernya, Aleix sudah pernah dua kali menduduki pole position.

Sampai saat ini, pembalap berusia 32 tahun itu telah mengumpulkan tiga kali podium, di mana dua di antaranya tercatat di ajang MotoGP.

3. Johann Zarco

Johann Zarco (Instagram)
Johann Zarco (Instagram)

Pembalap tertua ketiga yang masih tampil di MotoGP ialah Johann Zarco. Pembalap asal Prancis ini tercatat lahir pada 16 Juli 1990. Usianya telah menginjak 31 tahun.

Saat ini, Johann Zarco membalap bersama Pramac Racing.  Sebelumnya, kiprahnya melonjak setelah sukses memenangi Moto2 World Championships 2015 dan 2016.

Sepanjang kariernya, Zarco telah mencatatkan 15 kemenangan di Moto2 dan satu kemenangan di kelas 125 cc. Secara keseluruhan, ia telah mengumpulkan 52 kali podium, di mana 11 di antaranya diraih di kelar MotoGP.

4. Pol Espargaro

Pol Espargaro. (Instagram)
Pol Espargaro. (Instagram)

Pol Espargaro, rider MotoGP yang musim ini memperkuat tim Pabrikan Repsol Honda, juga menjadi pembalap tertua.

Sebab, lelaki kelahiran Barcelona, Spanyol, pada 10 Juni 1991 itu telah berusia 30 tahun. Sebagai informasi, Pol Espargaro adalah adik dari Aleix Espargaro.

Sepanjang kariernya, Pol Espargaro pernah meraih satu gelar juara dunia Moto2, 10 kemenangan di Moto2, dan lima kemenangan di kelas 125cc.

Secara keseluruhan, adik Aleix Espargaro ini telah mencatatkan 51 kali podium. Adapun tujuh podium di antaranya diraih di kelas MotoGP.

5. Takaaki Nakagami

Pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami (HO via LCR Honda)
Pebalap tim LCR Honda Takaaki Nakagami (HO via LCR Honda)

Takaaki Nakagami merupakan pembalap MotoGP kelahiran Jepang yang kini bergabung dengan Team Idemitsu Honda Team Asia.

Nakagami tercatat lahir di Chiba, Jepang, pada 9 Februari 1992. Saat ini, usianya telah menginjak 29 tahun.

Salah satu prestasi terbaik Nakagami ialah menempati peringkat keenam klasemen pada musim 2016. Saat itu, dia meraih satu kemenangan dan empat kali podium.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Liberty Media membeli 86 persen saham MotoGP, dengan Dorna Sports mempertahankan 14 persen saham. Nilai perusahaan MotoGP ditaksir bernilai 4,2 miliar euro atau setara dengan Rp72 triliun.

arena | 20:51 WIB

Uji coba privat tim Monster Energy Yamaha bersama Fabio Quartararo dan Alex Rins itu dilakukan sebelum balapan seri ketiga MotoGP Amerika Serikat di Austin.

arena | 14:18 WIB

Pemilik kejuaraan balap mobil Formula 1, Liberty Media disebut siap untuk melakukan finalisasi pembelian, dan mengambil alih kejuaraan balap motor MotoGP, yang diprediksi mencapai angka 4 miliar dolar AS.

arena | 12:56 WIB

Dani Pedrosa merupakan juara dunia tiga kali, yang sebelumnya juga sempat turun sebagai wildcard untuk tim Red Bull KTM, dan finis di posisi keenam pada balapan Sprint, serta posisi ketujuh pada balapan utama GP Spanyol 2023.

arena | 12:37 WIB

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tak segera berpuas diri usai sama-sama mencapai daftar 10 besar pada MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao akhir pekan lalu.

arena | 15:34 WIB

Duo pebalap Gresini Racing, Marc Marquez dan Alex menyatakan, siap mengalihkan fokus dan menatap balapan seri berikut di Sirkuit Austin, MotoGP Amerika Serikat pada 12-15 April 2024.

arena | 15:04 WIB

Pebalap Maverick Vinales mengakui, bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan kegagalannya finis di MotoGP 2024 seri Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao, pada Minggu (24/3/2024).

arena | 20:51 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB
Tampilkan lebih banyak