Arena

6 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Senam memiliki manfaat penting

Husna Rahmayunita

Ilustrasi senam, aerobik. (Shutterstock)
Ilustrasi senam, aerobik. (Shutterstock)

Bolatimes.com - Salah satu cabang senam yang disukai masyarakat awam adalah senam irama. Berikut manfaat senam irama yang perlu diketahui.

Senam sendiri merupakan olahraga yang melibatkan gerakan tubuh yang butuh kecepatan dan keserasian yang teratur saat memainkannya.

Pada umumnya, senam digunakan banyak orang untuk relaksasi atau menenangkan pikiran. Olahraga ini pun memiliki manfaat penting yakni untuk membentuk kelenturan tubuh.

Setidaknya ada enam macam senam yang dikenal saat ini, seperti senam artistik, senam irama, senam trampolin, senam akrobatik, senam Power Tumbling , dan senam aerobik.

Dari macam-macam senam tersebut, ada beberapa senam yang dipertandingkan di tingkat Olimpiade. Salah satunya adalah senam irama atau senam ritmik.

Senam irama merupakan pertunjukkan senam yang diiringi musik, baik dengan atau tanpa alat bantu untuk senam seperti tali, bola, pita dan lainnya.

Penampilan atlet senam ritmik Lampung Sutjiati Kelanaritma Narendra di PON Papua. [ANTARA]
Penampilan atlet senam ritmik Lampung Sutjiati Kelanaritma Narendra di PON Papua. [ANTARA]

Di ajang Olimpiade, senam ini hanya dimainkan oleh kaum hawa dan dapat dimainkan baik secara individu maupun tim.

Senam irama ini menggabungkan beberapa unsur seperti balet, akrobatik dan penggunaan alat bantu untuk menunjukkan ketangkasan, kelenturan, ketahanan dan koordinasi antara mata dan tangan.

Sebagai sebuah cabang olahraga, senam irama ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh orang yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat senam irama antara lain sebagai berikut.

1. Membuat Tubuh Lebih Kuat dan Sehat

Senam irama membantu orang untuk mengembangkan kekuatan, kelenturan, keseimbangan dan koordinasi tubuh. Selain itu, senam ini juga membantu mengembangkan otot, membentuk postur tubuh dan meningkatkan fungsi motorik.

2. Membangun Kepercayaan Diri

Senam irama melibatkan gerakan tubuh yang lincah, lentur, seimbang dan anggun. Hal ini secara tak langsung membuat orang yang memainkannya merasa percaya diri.

3. Menerapkan Kebiasaan Sehat

Bagi anak, senam irama akan membentuk pola hidup sehat karena membantu keterampilan gerak anak sedari kecil. Keterampilan ini akan terlihat dari aktivitas fisik anak dan membantu anak untuk menerapkan pola hidup sehat.

4. Bentuk Ekspresi Diri

Senam irama memiliki tujuan utama untuk mengekspresikan diri karena merupakan kombinasi olahraga, tari dan seni. Karenanya, pelaku senam irama bisa mengekspresikan diri lewat gerakan-gerakan yang nantinya terlihat menawan.

5. Membangun Psikologis

Senam irama membutuhkan keterampilan dan gerakan yang berulang-ulang. Hal ini membuat pelakunya berada dalam tekanan sehingga membentuk karakter yang kuat akibat kebutuhan untuk menunjukkan kualitas gerakan.

6. Membangun Keterampilan Sosial

Senam irama yang bisa dimainkan secara tim, secara tak langsung membantu pelakunya untuk mengembangkan komunikasi dan keterampilan sosialnya. Apalagi jika diharuskan menunjukkan pergerakannya dalam suatu pertandingan.

Itulah manfaat senam irama.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini