Arena

Pengertian Senam Irama dan Sejarahnya

Senam irama biasa juga disebut senam ritmik.

Husna Rahmayunita

Ilustrasi senam/aerobik. (Shutterstock)
Ilustrasi senam/aerobik. (Shutterstock)

Bolatimes.com - Senam irama salah satu olahraga yang kian digandrungi belakangan ini. Kali ini dibahas pengertian senam irama dan sejarahnya.

Senam irama umumnya didominasi oleh wanita, namun tak sedikit juga olahraga ini dilakukan oleh lelaki. Di Jepang, olahraga ini cukup populer.

Senam irama sendiri punya pengertian gerakan yang mengikuti irama. Irama yang mengiringi dapat berupa tepukan tangan, ketukan, dan nyanyian musik.

Umumnya, senam irama dilakukan secara perorangan atau kelompok untuk memperlihatkan koreografi yang kental dengan akrobatik dengan atau tanpa alat bantu senam yang berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.

Sejarah Senam Irama

Sejarah senam irama pertama kali digagas oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18. Mulanya, senam irama merupakan gerakan bebas.

Kemudian, Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau mengembangkan gerakan. Alhasil, sehingga menjadi senam irama yang kita kenal sekarang.

Setiap gerakan senam irama diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan rapi. Seiring perkembangan waktu dan zaman, senam irama banyak mengambil gerakan dari balet.

Senam irama biasa juga disebut senam ritmik ini sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang besar. Sebut Olimpiade dan pertandingan skala internasional lainnya bahkan event dunia.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini