Arena

Panjang Sirkuit Mandalika, Venue World Superbike 2021 dengan 17 Tikungan

Sirkuit Mandalika bakal menjadi tuan rumah ajang balap Kejuaraan Dunia Superbike atau World Superbike 2021

Irwan Febri Rialdi

Pemandangan terbaru Sirkuit Mandalika (Twitter)
Pemandangan terbaru Sirkuit Mandalika (Twitter)

Bolatimes.com - Sirkuit Mandalika bakal menjadi tuan rumah ajang balap Kejuaraan Dunia Superbike atau World Superbike 2021. Lalu, bagaimana profil lintasan Sirkuit Mandalika?

Sirkuit yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km. Terdapat total 17 tikungan di Sirkuit Mandalika.

Pada awalnya, Sirkuit Mandalika direncanakan memiliki panjang sekitar 4.32 km dengan 19 tikungan. Namun, desainnya diperpendek menjadi 17 tikungan.

Dalam waktu dekat, Sirkuit Mandalika bakal menggelar seri penutup World Superbike 2021 pada 19-21 November 2021.

Seperti informasi yang didapat dari laman resmi WSBK, Sirkuit Mandalika bakal masuk dalam seri ke-13 WSBK 2021 yang bertajuk Pirelli Indonesian Round.

Sirkuit yang terletak di Desa Kuta, Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, ini memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, ia terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika).

Salah satu keunggulannya yakni karena Sirkuit Mandalika dibangun di salah satu dari empat destinasi unggulan.

Di antaranya yakni Labuan Bajo, Likupang, Mandalika, dan Danau Toba. Mandalika dirasa menjadi lokasi paling strategis untuk membangun sirkuit.

Sebab, Labuan Bajo tak memiliki tanah yang memadai, sementara Likupang adalah lokasi yang lebih banyak pantainya. Adapun Danau Toba memiliki keunggulan di budaya.

Sirkuit Mandalika nantinya akan dihiasi dengan panorama lautan Lombok yang sudah populer akan keindahannya.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, termasuk memanjakan pembalap dan penonton yang hadir di sirkuit tersebut.

Tak hanya itu, aspal Sirkuit Mandalika juga disebut-sebut sebagai salah satu aspal terbaik di dunia saat ini.

Sebab, lintasan Sirkuit Mandalika menggunakan teknologi aspal terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA).

Selain itu pula, Sirkuit Mandalika nantinya akan dilengkapi dengan 40 garasi. Sirkuit bertaraf internasional ini juga akan memiliki kapasitas hingga 200.000 penonton.

Dengan rincian, 50.000 penonton duduk, 138 penonton berdiri, dan 7.700 penonton di area VIP.

Balapan World Superbike 2021 itu bakal digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 19 hingga 21 November 2021.

Selama tiga hari jadwal World Superbike 2021 itu, sejumlah sesi akan tersaji. Salah satunya ialah sesi free practice alias latihan bebas.

Sementara itu, ajang balapan World Superbike 2021 di Circuit Mandalika bakal berlangsung selama dua hari, yakni pada Sabtu (20/11/2021) dan Minggu (21/11/2021).

Tentu, ketiga mantan pembalap MotoGP ini bakal menambah keseruan ajang balapan World Superbike 2021.

Sebagai informasi, Indonesia yang untuk kali pertama menggelar ajang Superbike 2021 ini bakal menjadi balapan seri ke-13 pada musim ini.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini