Arena

13 Titik Penyekatan Jalan di Mandalika, Lokasi World Superbike 2021

Jangan sampai salah jalan, intip titik-titik penyekatan Mandalika

Irwan Febri Rialdi

Potret balapan di ajang World Superbike. (Instagram/worldsbk)
Potret balapan di ajang World Superbike. (Instagram/worldsbk)

Bolatimes.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang World Superbike (WSBK) 2021 di mana nantinya ajang ini akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19 hingga 21 November 2021.

Ajang balapan bergengsi WSBK 2021 akan resmi berlabuh di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gelaran WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika sendiri akan berlangsung selama tiga hari yakni sejak Jumat (19/11/21) hingga  Minggu (21/11/21).

Nantinya, para pembalap akan menjalani sesi latihan bebas terlebih dahulu di hari pertama dan diteruskan kualifikasi pada hari ke-2 dan menggelar balapan pada hari ke-3.

Hadirnya WSBK 2021 ke Mandalika pun menarik banyak atensi masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Sebab, ini kali pertama balapan bergengsi kembali hadir di Tanah Air sejak 1997.

Animo masyarakat akan gelaran ini pun terlihat dari penjualan tiket. Selain ingin menonton balapan kelas dunia, masyarakat juga ingin menikmati Sirkuit Mandalika yang disebut memiliki pemandangan indah dan merasakan balapan di Sirkuit Jalan Raya (Street Circuit) Mandalika.

Ya, Sirkuit Mandalika diketahui merupakan sirkuit bertipe jalan raya. Dengan kata lain, lintasan yang dipakai tak hanya untuk balapan, melainkan juga untuk akses umum.

Karena bertipe Street Circuit seperti Monte Carlo di Monaco, maka setiap akan ada ajang balapan, lintasan pun akan ditutup atau mendapat penyekatan.

Penyekatan ini juga bertujuan untuk menyortir masyarakat yang berkepentingan di ajang balapan, contohnya seperti penonton.

Dilansir dari Lombok Post, untuk penyelenggaraan WSBK 2021 aparat kepolisian akan menerapkan penyerakatan di 13 titik kawasan sekitar Sirkuit Mandalika.

13 titik yang dimaksud yakni 13 pintu masuk ke Sirkuit Mandalika di mana di tempat tersebut, polisi aka menyaring para penonton WSBK yang akan masuk dan untuk mengurai kemacetan yang ada.

Adapun 13 titik tersebut di antaranya adalah:

1. Bundaran Mong Desa Kuta
2. Simpang Empat dalam Kuta Mandalika
3. Simpang Tiga dekat tepi pantai Hotel Radja
4. Parkiran Barat ITDC
5. Bundaran Triputri ke area Pantai Kuta Mandalika
6. Grandstand Outdoor Enduro di KEK Mandalika
7. Simpang Tiga samping SPBU Desa Kuta
8. Simpang Tiga Unjung Daye
9. Simpang Tiga Potem dari arah Pantai Tanjung Ann
10. Bundaran Songgong Desa Sukadana
11. Area Parkir Cadangan dekat ITDC Mandalika
12. Tunnel Utara ke arah Sirkuit Mandalika
13. Parkir Timur Kawasan Mandalika

Untuk memudahkan penyekatan, polisi menyiapkan 800 personel mengingat masyarakat yang datang tak hanya akan menonton WSBK, melainkan ada pula yang datang hanya untuk melihat Mandalikan dan merasakan atmosfer ajang balapan bergengsi tersebut.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini