Arena

Ukuran Lapangan Bola Voli sesuai Standar Internasional

Berikut ukuran lapangan voli sesuai standar FIVB.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus
Ilustrasi - Pebola voli Korea Selatan Jeongah Park (kiri) melepas smash ke tim Indonesia pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (29/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Fanny Octavianus

Bolatimes.com - Seperti cabang olahraga lainnya, permainan bola voli juga memiliki ukuran lapangan yang sudah menjadi standar.

Ukuran lapangan bola voli ini mengacu pada standar yang telah ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Standar ini salah satunya mengatur tentang sejumlah ketentuan-ketentuan mengenai sarana dan prasarana permainan. 

Regulasi itu seperti, misalnya, panjang, lebar, dan area-area yang harus tersedia di sekeliling lapangan permainan.

Merujuk pada Volleyball Rules yang disusun oleh FIVB, ukuran lapangan yang digunakan untuk permainan bola voli berbentuk persegi panjang.

Dimensinya yakni 18x9 meter, alias memiliki panjang 18 meter dan lebar lapangan 9 meter. Area itu juga dikelilingi dengan zona bebas berukuran tiga hingga lima meter.

Area zona bebas itu harus berada di seluruh sisi lapangan dengan bentuk persegi panjang dan simetris.

Kemudian, lebar garis serang ialah tiga mater. Sedangkan area clearance-nya 3 hingga delapan meter di belakang lapangan, dan 3 hingga 5 meter di samping lapangan.

Selanjutnya, aturan lain yang harus dipenuhi ialah permukaan lapangan harus datar dan rata. Permukaan lapangan juga tidak boleh licin ataupun kasar.

Sebab, kondisi itu bisa berbahaya bagi keselamatan pemain. Biasanya, permukaan yang digunakan dalam lapangan bola voli ialah kayu yang sesuai standar FIVB.

Ukuran lapangan yang digunakan untuk permainan bola voli putra dan putri tidak berbeda. Sebab, yang membedakan hanyalah tinggi net-nya.

Selain itu pula, ukuran yang menjadi acuan FIVB ini juga diadopsi oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). 

Induk organisasi bola voli di Indonesia itu menggunakan standar yang sama dengan Federation Internationale de Volleyball (FIVB).

Berikut Bolatimes.com menyajikan penjelasan secara lebih rinci mengenai ukuran lapangan bola voli sesuai dengan standar internasional.

- Luas dari lapangan bola voli adalah 162 m² (18m x 9m)

- Ukuran panjang lapangan bola voli yakni 18 meter.

- Ukuran lebar lapangan bola voli yaitu 9 meter.

- Ukuran lebar garis serang, yakni area yang dekat net adalah 3 meter.

- Ukuran daerah clearance, yakni area menghalau bola yang berada di bagian belakangnya 3-8 meter, dan di sampingnya 3-5 meter.

- Panjang net: 9 meter

- Lebar net: 1 meter

- Tinggi net untuk putra: 2,43 meter

- Tinggi net untuk putri: 2,42 meter

- Tinggi tiang net bola voli: 2,55 meter

- Jarak tiang net dengan garis tepi atau samping lapangan: 0,5-1 meter

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini