Arena

Sejarah Bola Voli, Mulai dari Penemu hingga Mendunia

Ada sosok penting di balik sejarah munculnya permainan bola voli.

Husna Rahmayunita

Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)
Ilustrasi main voli. (Pexels/Mark Musni)

Bolatimes.com - Sejarah bola voli yang dikenal sebagai salah satu cabang olahraga. Munculnya permainan bola voli tak terlepas dari seorang tokoh yang bernama William George Morgan.

Tokoh asal Amerika Serikat ini menjadi sosok penting di balik sejarah munculnya permainan bola voli pada tahun 1985.

Sebelum menemukan permainan bola voli, Morgan tercatat sebagai salah satu mahasiswa Pendidikan Jasmani di Springfield College yang dikelola oleh YMCA atau Young Men’s Christian Association.

Saat menimba ilmu di sana, Morgan berjumpa dengan James Naismith. Orang inilah yang pada tahun 1891 menemukan olahraga bola basket.

Setelah lulus dari Springfield College pada tahun 1895, Morgan kemudian bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA, Massachusetts.

Pada masa-masa awal kariernya itulah, Morgan menciptakan sebuah permainan bernama Mintonette, yang kelak berubah namanya menjadi volleyball atau bola voli.

Saat itu, ide awal yang melatarbelakangi munculnya Mintonette ialah merancang permainan yang tidak sebesar basket. Hal ini dilakukan agar permainan tersebut cocok dimainkan oleh orang-orang yang lebih tua.

Selain itu pula, kemunculan permainan Mintonette juga terinspirasi dari Naismith yang mencetuskan permainan bola basket.

Mengenalkan Permainan Bola Voli

Momen pertama Morgan memperkenalkan permainan bola voli ialah kepada Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA, Springfield, pada 1896.

Dia mempresentasikan ide barunya tersebut kepada Dr Luther Halsey Gulick yang menjadi Direktur Pendidikan dan Pelatihan Jasmani YMCA.

Ketika itu, presentasi permainan ini turut dihadiri oleh semua Direktur Pendidikan Jasmani yang bekerja di YMCA.

Saat mendemonstrasikan permainan ini untuk kali pertama, Morgan membawa dua tim yang masing-masing terdiri dari lima orang.

Pada 9 Februari 1895, Morgan mempresentasikan permainan ciptaannya itu kepada dunia. Saat pertama kali menjelaskan permainan ini, dia menjelaskan sejumlah aturan dan tata cara untuk memainkannya.

Pada intinya, salah satu tujuan dari permainan ini untuk menjaga bola tetap berpindah-pindah wilayah permainan agar tak memantul ke tanah.

Salah satu delegasi pada konferensi tersebut, Professor Alfred T Halsted, langsung jatuh hati dengan permainan Mintonette yang diciptakan oleh Morgan.

Namun, dia merasa bahwa ada sesuatu hal yang kurang pas. Kemudian, Profesor Halsted menyarankan agar permainan ini seharusnya dinamai volleyball atau bola voli.

Sebab, pokok utama dari permainan ini ialah untuk melakukan ‘volley’ alias memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah.

Morgan kemudian sepakat dengan ide yang diusulkan oleh Halsted. Sebab, Mintonette yang menjadi nama awal permainan ini juga merujuk pada volleyball.

Kemudian, Morgan melanjutkan pengembangan permainan ini dengan merancang sejumlah peraturan hingga Juli 1896. Saat itu, olahraga ciptaannya untuk pertama kali ditambahkan ke dalam buku resmi North American YMCA AthleticLeague.

Itulah sejarah permainan bola voli.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini