Arena

3 Pelatih asal Indonesia yang Kini Tangani Timnas Bulu Tangkis Malaysia

Belum lama ini, tim bulu tangkis Malaysia berhasil mengalahkan Indonesia di Piala Sudirman

Irwan Febri Rialdi

Legenda bulutangkis Indonesia, Flandy Limpele. [AFP/Brian Stewart]
Legenda bulutangkis Indonesia, Flandy Limpele. [AFP/Brian Stewart]

Bolatimes.com - Sejumlah pelatih asal Indonesia sukses mempersembahkan kejayaan untuk timnas bulu tangkis Malaysia.

Keberhasilan Malaysia menumbangkan Indonesia pada babak perempat final Piala Sudirman 2021 juga tak terlepas dari tangan dingin pelatih-pelatih asal Indonesia.

Setidaknya, ada tiga nama pelatih asal Indonesia yang saat ini bertugas untuk mengasuh pebulu tangkis di timnas Malaysia.

Ketiga nama itu juga sukses mengantarkan Malaysia menembus babak semifinal Piala Sudirman 2021. Terakhir kali, kiprah itu tercipta pada tahun 2009.

Sayangnya, kiprah Negeri Jiran hasil tertahan pada babak semifinal. Mereka harus tumbang dari Jepang yang berhasil melaju ke final Piala Sudirman 2021.

Namun demikian, kiprah pebulu tangkis asal Malaysia ini patut diacungi jempol. Apresiasi juga layak diberikan kepada pelatih-pelatih asal Indonesia tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar pelatih-pelatih Indonesia yang saat ini mengasuh timnas bulu tangkis Malaysia.

1. Flandy Limpele

Flandy Limpele merupakan salah satu pelatih asal Indonesia yang saat ini dipekerjakan oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Saat ini, dia mengasuh ganda putra, Aaron Chia/ Soh Woi Yik. 

Polesan Flendy memang cukup terbukti. Aaron Chia/Soh Woi Yik sukses menyabet perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020.

Flandy  Limpele sudah resmi menjadi pelatih bulu tangkis di Negeri Jiran sejak Juni 2020. Sebelumnya, ia sempat bekerja di India.

Pada pekerjaannya itu, peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004 ini sukses mengantarkan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Setty, meraih gelar Thailand Open serta Prancis Open 2019.

Bahkan, pasangan ganda putra itu juga diantarkan oleh Flendy menembus jajaran 10 besar ganda putra di peringkat BWF.

2. Hendrawan

Hendrawan adalah pebulu tangkis peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000. Setelah pamit dari pelatnas, ia kemudian menjadi pelatih di Malaysia.

BAM kemudian menunjuk Hendrawan untuk mengasuh tunggal putra Malaysia, yaitu Lee Zii Jia. Tangan dingin Hendrawan memang sangat terbukti.

Di bawah asuhannya, pebulu tangkis berusia 23 tahun itu sukses menumbangkan Anthony Sinisuka Ginting pada babak delapan besar Piala Sudirman 2021.

Sebelum mencatatkan kiprah itu, Lee Zii Jia juga berhasil meraih gelar juara saat tampil pada kejuaraan All England 2021.

3. Paulus Firman

Tangan dingin pelatih asal Indonesia juga masih berhasil membantu timnas Malaysia menumbangkan Indonesia pada Piala Sudirman 2021.

Pada babak perempat final, pasangan ganda campuran Malaysia, Paulus Firman, sukses mengasuh pemainnya mengalahkan pasangan asal Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Sebelumnya, Paulus Firman sempat menjadi pelatih pasangan ganda putra Malaysia, yakni Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini