Arena

Dicibir Karena Transgender, Petarung MMA Ini Curhat Dinodai Komentar Jahat

Alana McLaughlin geram kerap dihujar karena transgender.

Rauhanda Riyantama

Petarung MMA transgender, Alana McLaughlin. (Instagram/lady_feral)
Petarung MMA transgender, Alana McLaughlin. (Instagram/lady_feral)

Bolatimes.com - Nama Alana McLaughlin semakin mencuat dan menjadi perbincangan di dunia MMA. Pasalnya ia merupakan transgender yang berkarier di kompetisi wanita.

Curhat Alana McLaughlin soal komentar-komentar jahat yang menyerangnya setelah turun di kompetisi MMA wanita dan meraih kemenangan di laga debut.

Alana McLaughlin melakoni laga debut melawan Celine Provost di ajang Combate Global pada Sabtu (11/9/2021) di Univision Studios Miami, Floria, Amerika Serikat.

Sebagai petarung transgender pertama di ajang MMA dalam tujuh tahun terakhir, Alana McLaughlin berhasil memenangi laga tanpa bersusah payah.

Petarung berjuluk Lady Feral itu menyudahi perlawanan Provost pada ronde kedua pertandingan lewat kuncian rear naked choke.

Susah payah mendapatkan lawan, kemenangan Alana itu justru membuatnya panen cibiran karena dianggap melakukan tindak kecurangan.

Alana mengaku sangat menghormati Provost yang sudah bersedia menjadi lawannya di ajang tersebut dan bahkan mendapat dukungan dari Fallon Fox.

Fallon Fox merupakan petarung MMA transgender pertama yang duel terakhirnya digelar pada 2014 silam, meski demikian hal itu tak membuat Alana terhindar dari cibiran.

Dilansir dari ESPN, Alana diperbolehkan bermain di kompetisi MMA wanita setelah melalui semua tes medis, termasuk panel hormon.

Nyatanya hal itu tak membuat petarung transgender ini terhindar dari komentar jahat para penikmat MMA di seluruh dunia.

Petarung MMA transgender, Alana McLaughlin. (Instagram/lady_feral)
Petarung MMA transgender, Alana McLaughlin. (Instagram/lady_feral)

Curhat Alana ini dituangkan lewat sebuah tulisan yang diunggah pada akun Instagram pribadi, pada Minggu (12/9/2021).

"Saya mendapat beragam komentar dan pesan jahat yang menyebut saya curang. Padahal Provost menghabisi saya lebih dari sekali," tulis Alana.

"Dan pasti ia memenangi ronde pertama dari nilai yang didapatkan. Ini adalah satu-satunya unggahan yang akan saya buat tentang ini.''

"Transfobia hanya membuat pukulan saya akan menjadi lebih kuat," imbuhnya.

Fallon Fox benar-benar menjadi inspirasi bagi Alana, dan bahkan ia secara terang-terangan ingin membuka jalan bagi para transgender.

Melalui sebuah tindakan kecil di ajang MMA, Alana berharap nantinya banyak generasi penerus dari transgender yang mengikuti ajang tersebut.

"Saya mengikuti jejak Fox, hanya selangkah lagi di sepanjang jalan dan saya punya harapan besar," ujar Alana.

"Bahwa akan ada lebih banyak lagi yang mengikuti saya di belakang. Jika kita ingin melihat lebih banyak atlet transgender.''

"Kita harus mencari jalan untuk mendapatkan ruang-ruang itu dan mewujudkan impian tersebut," tandas Alana McLaughlin.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini