Idul Fitri 2023 Tanggal Berapa? Ini Lebaran Versi Pemerintah, Muhammadiyah dan NU

Kapan Hari Raya Idul Fitri 2023?

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 18 April 2023 | 21:00 WIB
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri / Lebaran. (Pixabay)

Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri / Lebaran. (Pixabay)

Bolatimes.com - Hari Raya Idul Fitri 2023 tanggal berapa? Apakah umat muslim di Indonesia merayakannya bersamaan atau ada perbedaan versi.

Hari Raya Idul Fitri 1444 atau Lebaran 2023 diprediksi jatuh pada 21 atau 22 April 2023. Jatuhnya hari raya Lebaran tak selalu sama, tergantung penafsiran pemerintah atau ormas Islam seperti Muhammadiyah atau Nahdlatul Ulama (NU).

Berikut prediksi tanggal Hari Raya Idul Fitri 2023 seperti dikutip dari Suara.com.

Versi Pemerintah dan NU

Pemerintah baru akan melaksanakan sidang isbat, dan ormas NU menggelar rukyatul hilal pada tanggal 29 Ramadan, atau kamis, 20 April 2023 mendatang. Nantinya setelah pengamatan dilakukan, baru akan dikeluarkan keputusan mengenai kapan jatuhnya Idul Fitri 1444 H atau 1 Syawal.

Pelaksanaan sidang isbat sendiri akan mengundang berbagai pihak yang terkait. Mulai dari Majelis Ulama Indonesia, Komisi VII DPR, serta perwakilan organisasi masyarakat Islam. Proses dan metode yang digunakan dalam sidang isbat akan serupa dengan tahun-tahun sebelumnya.

Versi Muhammadiyah

PP Muhammadiyah telah menetapkan hari raya Idul Fitri 2023 jatuh pada tanggal 21 April 2023 mendatang, yakni tepatnya pada hari Jumat. Hal ini tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab, Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444H.

Hasil hisab Muhammadiyah menyebutkan bahwa pada tanggal 29 Ramadan, ijtimak jelang Syawal 1444 H terjadi pada pukul 11.15.06 WIB, hilal sudah wujud ketika Matahari terbenam di Yogyakarta dan pada saat itu Bulan berada di atas ufuk di seluruh wilayah Indonesia.

Kemungkinan Ada Perbedaan

Pihak pemerintah sendiri menyebutkan bisa saja Idul Fitri 2023 ini mengalami perbedaan antara penentuan dari Muhammadiyah dan apa yang didapatkan dari hasil sidang isbat pemerintah dan pengamatan dari NU.

Meski begitu, hal ini rasanya bukan hal yang baru dan dapat memicu masalah, karena sejatinya penetapan 1 Syawal memang terkadang mengalami perbedaan karena hasil pengamatan yang memang berbeda antara satu dan lain pihak.

Yang dapat dipastikan adalah perbedaan yang mungkin muncul tidak akan terlalu lama, dan jadwal cuti bersama yang telah dirilis pemerintah sudah ditetapkan dan disahkan dengan regulasi legal.

(I Made Rendika Ardian)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pelatih Prawira Harum Bandung, David Singleton bangga dengan keberhasilan timnya melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Keberhasilan tersebut jadi momen indah buat semua orang.

timespedia | 01:40 WIB

Prawira Harum Bandung berhasil melaju ke putaran kedua kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Mereka mengikuti jejak tim bola basket senegaranya, Pelita Jaya.

timespedia | 01:26 WIB

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB
Tampilkan lebih banyak