Doa Malam Nuzulul Quran, Jatuh pada 8 April 2023

Berikut doa yang bisa dipanjatkan oleh umat Muslim saat memperingati malam Nuzulul Quran atau malam di mana turunnya kitab suci Al-Quran.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 07 April 2023 | 19:00 WIB
Ilustrasi Berdoa - Doa Pengabul Keinginan (Pexels)

Ilustrasi Berdoa - Doa Pengabul Keinginan (Pexels)

Bolatimes.com - Berikut doa yang bisa dipanjatkan oleh umat Muslim saat memperingati malam Nuzulul Quran atau malam di mana turunnya kitab suci Al-Qur’an.

Malam Nuzulul Quran menjadi malam yang begitu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pasalnya, malam Nuzulul Quran terjadi tepat di hari ke-17 bulan suci Ramadan.

Adapun untuk tahun ini, malam Nuzulul Quran yang turun pada hari ke-17 bulan suci Ramadan akan jatuh pada hari Sabtu (8/4/23) besok.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Pandai Membaca Isi Hati Orang Lain, Scorpio Nalurinya Kuat

Sehingga, malam Nuzulul Quran pun sudah bisa dilaksanakan sejak Jumat (7/4/23) hari ini. Nantinya, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan agar mendapat keberkahan.

Sebagai informasi, peristiwa Nuzulul Quran adalah peristiwa di mana diturunkannya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW dari Malaikat Jibril sebagai awal turunnya ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Adapun peristiwa Nuzulul Quran ini terjadi di Gua Hira, dekat kaki Jabal Nur di dekat Mekkah, saat Nabi Muhammad SAW melakukan Uzlah atau mengasingkan diri di Gua Hira di usianya yang ke-40 tahun.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Indonesia Resmi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023?

Peristiwa Nuzulul Quran sendiri tertuang di kitab suci Al-Qur’an, tepatnya pada surat Al-Baqarah ayat ke-185 yang berbunyi:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Dalam memperingati malam Nuzulul Quran, umat Muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa agar diberi keberkahan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Kata Beckham Tentang Persiapan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Berikut doa yang bisa dibaca umat Muslim pada malam Nuzulul Quran di hari ke-17 bulan suci Ramadan di tahun ini seperti yang dikutip dari Kanwil Kemenang Kepulauan Riau.

“Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur’an, wa zayyin akhlaaqonaa bijaahil qur'an, wa hassin a'maalanaa bi dzikril qur’an, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur’an, wa adkhilnal jannata bi syafaa'til qur aan”.

Artinya:

Baca Juga: Jelang SEA Games 2023, Media Malaysia Mulai Takut dengan Kabar Kehadiran Ronaldo Kwateh di Timnas Indonesia U-22

“Ya Allah, sinarilah hati kami dengan Al-Qur'an dan hiasilah akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur'an. Baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an. Perbaikilah urusan kami dengan Al-Qur'an dan sembuhkanlah penyakit kami dengan Al-Qur'an. Tunaikanlah hutang kami dengan Al-Qur'an dan hilangkanlah kegelisahan kami dengan AlQur'an.”

Selain itu, umat Muslim bisa memanjatkan doa memohon ampunan seperti:

“Allahumma Innaka ‘Afuwwun Tukhibbul Afwa Fa’fu ‘Anni”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha pemaaf dan engkau menyukai ampunan maka ampunilah aku.”

Begitu pula dengan doa  jika berhasil menuntaskan bacaan atau Khatam Al-Qur’an.

Doa Setelah Khatam Al-Qur’an:

“Allahumarhamni bil qur'an. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimni minhu maa jahiltu. Warzuqnii tilawatahu aana allaili wa athrofannahar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.”

Artinya:

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.”

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB

Jangan ketinggalan event Jatim Media Summit akan digelar 24-25 Mei. Buruan daftar.

timespedia | 17:23 WIB

Buat skuatmu menjadi tangguh

timespedia | 07:48 WIB

Berikut ulasan cara main FIFA Mobile di PC.

timespedia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak