Wajib Baca! Berikut 5 Tips Membeli Sepatu Futsal

Berikut ini 5 tips membeli sepatu futsal agar tak salah dan nyaman dipakai.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 02 April 2023 | 14:00 WIB
Timnas Futsal Indonesia. (Dok. AFC)

Timnas Futsal Indonesia. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Berikut lima tips untuk membeli sepatu futsal bagi para pemain yang ingin menekuni olahraga yang acapkali disebut sebagai sepak bola indoor ini.

Futsal merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang kerap memberikan prestasi bagi tim Merah Putih.

Ketimbang sepak bola outdoor, futsal Indonesia begitu disegani lawan-lawannya di kancah Asia Tenggara maupun di kancah Asia.

Baca Juga: Jadwal Final Spain Masters 2023: Indonesia Loloskan Dua Wakil

Karenanya, futsal pun menjadi salah satu olahraga yang kerap dilakoni masyarakat Indonesia, terutama di waktu senggang pasca beraktivitas seharian.

Layaknya sepak bola outdoor, dalam memainkan olahraga futsal diperlukan beberapa peralatan pendukung agar bisa memainkannya.

Salah satu peralatan yang wajib dimiliki adalah sepatu, di mana sepatu futsal memiliki desain dan bentuk khusus ketimbang sepatu lainnya.

Baca Juga: Hasil Spain Masters 2023: Susul Gregoria, Ganda Campuran Praveen/Melati Lolos ke Final usai Kalahkan Wakil Denmark

Sepatu futsal ini menjadi barang wajib agar pemain bisa memaksimalkan permainan di atas lapangan dan juga tampil prima sepanjang pertandingan.

Karenanya, dibutuhkan pemilihan sepatu yang tepat bagi para pemain futsal agar bisa maksimal dalam memainkan olahraga ini.

Lantas, apa saja tips untuk memilih sepatu futsal agar bisa memainkan olahraga ini dengan maksimal? Berikut deretan tipsnya.

Baca Juga: Lolos ke Final Spain Masters 2023, Pelatih Beberkan Kunci Kemenangan Gregoria Mariska atas Carolina Marin

1. Sesuaikan Ukuran dan Bentuk Kaki

Layaknya membeli sepatu pada umumnya, pemain harus menentukan ukuran dan bentuk kaki saat memilih sepatu futsal, agar nyaman digunakan saat bermain.

Untuk ukuran sendiri, usahakan membeli sepatu futsal yang melebihi ukuran kaki sekitar 1 cm saja. Hal ini agar pemain bisa menggerakkan kaki dengan bebas.

Baca Juga: Hasil Spain Masters 2023: Kalahkan Carolina Marin, Gregoria Mariska Tunjung Melaju ke Final

Lalu, pilihlah sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki. Dalam dunia sepatu, ada dua tipe kaki yang dimiliki manusia, yakni Wide Fit dan Slim Fit.

2. Sesuaikan Sepatu dengan Posisi Bermain

Jika sudah mengetahui ukuran dan bentuk sepatu yang akan dipilih, para pemain futsal selanjutnya harus menentukan sepatu yang sesuai dengan posisi bermain.

Sebagai contoh, jika bermain sebagai penyerang, maka diperlukan sepatu yang ketat di bagian sisi sepatu agar memudahkan saat menembak.

Jika bermain sebagai penggiring, maka pilihlah sepatu yang ringan dengan sol lebar agar memudahkan saat mengoper dan mengontrol bola.

3. Bahan Sepatu

Saat ini, sepatu futsal dibuat dengan bahan yang beragam entah itu karbon, kulit, ataupun tekstil. Karenanya pilih bahan yang nyaman dengan kaki sang pemain.

Pada umumnya, bahan yang digemari para pemain futsal adalah bahan karbon karena lebih memberikan kenyamanan kepada para pemainnya.

Selain itu, bahan karbon ini dikenal lebih tahan lama atau awet, sehingga pemain tak perlu menggonta-ganti sepatu saat ingin bermain.

4. Melihat Jenis Sol

Selain memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat sepatu, para pemain futsal juga perlu memperhatikan sol yang ada di sepatu itu.

Pemilih sol ini wajib dilakukan agar pemain nyaman dalam bermain. Sehingga, sol yang harus dipilih adalah sol yang tak licin.

Selain itu, sol yang perlu dipilih adalah sol yang memiliki daya cengkeram baik dan keras agar pemain bisa leluasa bergerak di atas lapangan futsal baik di atas rumput sintetis maupun lapangan vinyl.

5. Melihat Jahitan dan Tipe Sepatu

Jahitan sepatu pun harus diperhatikan agar sepatu itu bisa tahan lama atau awet, agar tak mudah jebol saat digunakan.

Usai melihat jahitan sepatu itu, pemain futsal juga harus melihat tipe sepatu yang disesuaikan dengan lapangan tempat bermain.

Tipe sepatu yang digunakan ini bisa menggunakan sepatu tipe indoor yang cocok dengan lapangan taraflex, vinyl, dan lapangan semen.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pelatih Prawira Harum Bandung, David Singleton bangga dengan keberhasilan timnya melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Keberhasilan tersebut jadi momen indah buat semua orang.

timespedia | 01:40 WIB

Prawira Harum Bandung berhasil melaju ke putaran kedua kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Mereka mengikuti jejak tim bola basket senegaranya, Pelita Jaya.

timespedia | 01:26 WIB

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB
Tampilkan lebih banyak