Timespedia

Tugas Setter dalam Permainan Bola Voli

Simak tugas setter dalam permainan bola voli.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Voli Indonesia Hernanda Zulfi. (Instagram/@hernandasulfi13)
Pemain Timnas Voli Indonesia Hernanda Zulfi. (Instagram/@hernandasulfi13)

Bolatimes.com - Tugas setter dalam permainan bola voli menjadi hal penting untuk diketahui jika Anda berminat untuk mendalami salah satu olahraga tim ini.

Setter sendiri merupakan sebutan untuk salah satu posisi di olahraga bola voli. Setter punya peran penting dalam mengatur strategi permainan tim.

Setter yang juga biasa dikenal dengan sebutan set-upper bertanggung jawab atas jalannya permainan tim hingga strategi yang ingin diterapkan.

Lantas, apa tugas setter dalam permainan bola voli?

Tugas Setter dalam Bola Voli

Setter atau pengumpan memiliki tugas untuk mengatur kemana bola akan pergi. Kepada siapa bola akan diumpankan sebelum melakukan spike atau smash.

Setter yang juga populer dikenal dengan sebutan tosser di Indonesia, pemain di posisi ini biasanya akan menjadi pemain kedua yang menyentuh bola saat masuk ke area permainan sendiri.

Setelah bola diterima, setter akan menentukan siapa yang akan menerima bola. Setter juga menentukan jenis operan seperti apa yang akan diberikan kepada rekannya.

Selain bertugas mengatur strategi, setter juga bertanggung jawab untuk memastikan semua pemain berada di tempat yang benar dan juga mengkomunikasikan permainan kepada rekan satu tim sebelum melakukan servis.

Jika di sepak bola dikenal ada gelandang serang atau gelandang tengah yang biasanya menjadi pengatur permainan, seorang setter juga harus punya keberanian dalam mengambil keputusan atau inisiatif ke arah mana dan kepada siapa bola akan diberikan.

Karena tanggung jawab ini, seorang Setter perlu memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan membuat keputusan yang cepat.

Selain komunikasi, seorang setter juga harus menguasai teknik dasar teknik mengumpan dengan baik dan benar. Mulai dari operan hingga pukulan.

Seiring berkembangnya permainan bola voli, seorang setter juga bisa membantu untuk melakukan block.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini