Timespedia

Lirik Lagu YNWA, Lagu Kebesaran Liverpool yang Awalnya untuk Pertunjukan Musikal

Inilah lirik lagu YNWA milik Liverpool, lengkap dengan sejarah terciptanya

Irwan Febri Rialdi

Salah seorang suporter Liverpool atau dikenal dengan The Kop saat menyaksikkan laga final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool, (26/5/2018). [OLI SCARFF / AFP[
Salah seorang suporter Liverpool atau dikenal dengan The Kop saat menyaksikkan laga final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool, (26/5/2018). [OLI SCARFF / AFP[

Bolatimes.com - Lirik lagu You'll Never Walk Alone (YNWA) yang identik dengan Liverpool dan para suporternya bakal dibahas dalam artikel ini. 

Lagu YNWA sendiri merupakan lagu kebesaran Liverpool yang wajib dilantunkan sebelum dan sesudah The Reds berlaga. Chant atau nyanyian YNWA ini dianggap mampu mengangkat moral para pemain.

Meski begitu melekat dengan Liverpool dan para suporternya, lagu You'll Never Walk Alone tidak ditulis oleh suporter Liverpool itu sendiri.

Dalam sejarahnya, lagu ini ditulis oleh Oscar Hammerstein II dan disusun oleh Richard Rodgers.  Lagu ini dibuat untuk sebuah pertunjukan musikal berjudul Carousel yang dirilis di Amerika Serikat pada 1945.

Pada tahun 1963, lagu tersebut langsung nge-hits di Inggris setelah Gerry and the Pacemakers mempopulerkan lagu "You'll Never Walk Alone". Versi YNWA mereka sukses memuncaki tangga lagu Inggris Raya selama empat minggu berturut-turut kala itu.

Karena popularitasnya, pendukung Liverpool mulai menyanyikan lagu ini dalam pertandingan dan tak lama kemudian menjadi "lagu kebangsaan" Liverpool.

Menurut mantan pemain Liverpool F.C. Tommy Smith, vokalis Gerry Marsden memberikan rekaman single covernya kepada manajer Liverpool Bill Shankly dengan rekaman single covernya yang akan datang selama tur pra-musim pada musim panas 1963. Menurutnya, Bill Shankly kagum dengan lagu ini.

"You'll Never Walk Alone" kemudian menjadi anthem bagi The Reds dan diadaptasi sebagai motto klub. Hingga kini, lagu "You'll Never Walk Alone" selalu dikumandangkan pendukung Liverpool di Anfield sebelum dan sesudah tim kesayangan mereka berlaga. 

Kalimat "You'll Never Walk Alone" tercantum dalam Gerbang Shankly (Shankly Gates), salah satu gerbang masuk stadion milik Liverpool F.C, Anfield, yang diresmikan tahun 1982.

Selain di Gerbang Shankly, kalimat ini juga tercantum di lambang milik Liverpool F.C. sejak versi 1992 hingga versi saat ini.

Lantas, seperti apa lirik lagu YNWA atau You'll Never Walk Alone ini?

Lirik Lagu YNWA

When you walk true a storm

Hold your head up high

And don’t be afraid of the dark

 

At the end of a storm

There is a golden sky

And the sweet silver song

Of love

 

Walk on true the wind

Walk on true the rain

For your dreams beats ours

And blow

 

Walk on

Walk on

With hope in your arms

And you never walk alone

you never walk alone

 

Walk on

Walk on

With hopes in your arms

And you never walk alone

You never walk alone

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini