Timespedia

Trik Melakukan Free Kick dalam Permainan Sepak Bola untuk Pemula

Berikut langkah-langkah melakukan tendangan bebas.

Husna Rahmayunita

Gelandang Atalanta, Ruslan Malinovskyi, mencetak gol ke gawang Juventus via freekick. (Andreas Solaro/AFP)
Gelandang Atalanta, Ruslan Malinovskyi, mencetak gol ke gawang Juventus via freekick. (Andreas Solaro/AFP)

Bolatimes.com - Trik melakukan free kick atau tendangan bebas akan dibahas dalam artikel ini. Sebagai salah satu teknik dalam permainan sepak bola, free kick menjadi hal yang perlu dikuasai.

Mengutip dari International Football Association Board (IFAB), tendangan bebas dalam olahraga sepakbola adalah tendangan yang dilakukan oleh salah satu pemain ke gawang lawan ketika salah satu pemain tim lawan melakukan pelanggaran.

Dalam skala permainan sepak bola yang lebih besar, banyak pesepak bola yang dikenal punya teknik tendangan bebas yang mematikan.

Di sepak bola masa kini, misalnya, ada beberapa pemain dengan tendangan bebas mematikan seperti Lionel Messi atau James Ward-Prowse, gelandang Southampton.

Dalam pengaplikasiannya, free kick dibagi menjadi dua yaitu free direct free kick (tendangan bebas langsung) dan indirect free kick (tendangan bebas tidak langsung).

Direct Free Kick

Direct free kick atau tendangan bebas langsung bertujuan untuk menendang langsung ke arah gawang lawan sebagai upaya mencetak gol.

Jika eksekutor tendangan bebas punya akurasi yang bagus, tendang bebas langsung bisa menghasilkan gol tanpa melewati sentuhan pemain lain.

Trik free kick ini biasanya lebih efektif dilakukan jika jarak tendangan berada di dekat kotak penalti lawan. Dengan jarak lebih dekat, pemain bisa lebih mudah mengarahkan bola.

Melakukan Trick Free Kick Langsung

1. Upayakan untuk meletakkan bola di bagian lapangan yang bagus sehingga perkenaan kaki dengan bola akan lebih sempurna.

2. Lihat ke tembok (pagar betis pemain) dan lihat posisi kiper lawan untuk melihat celah.

3. Tentukan di mana Anda ingin menendang bola dan bagaimana ingin melakukan trik free kick. Misalnya, Anda mengira pagar betis akan melompat sehingga anda memutuskan menendang bola secara datar.

4. Ambil langkah untuk melakukan tendangan. Biasanya, setiap langkah pemain sebelum melakukan direct free kick berbeda-beda.

5. Sebelum menendang bola, lihat sekali lagi posisi penjaga gawang, tembok, dan posisi rekan satu tim untuk menentukan keputusan akhir.

6. Lepaskan tembakan dengan ayunkan kaki untuk menendang bola ke arah yang dituju.

Indrect Free Kick

Tendangan bebas tidak langsung biasanya menjadi trik free kick yang tidak bisa menciptakan gol secara langsung. Pasalnya, dibutuhkan beberapa sentuhan sebelum bola dilepaskan.

Indirect free kick biasanya tidak ditendang langsung ke arah gawang lawan, melainkan dioper ke rekan satu tim untuk bertujuan mencetak gol.

Trik free kick ini biasanya dilakukan ketika pelanggaran berada cukup jauh dari kotak penalti lawan atau ada di posisi yang kurang bagus untuk melakukan direct free kick.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini