Timespedia

Arti dan Tugas Striker dalam Sepak Bola

Apa itu striker dan apa saja tugasnya?

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Dimas Drajad usai mencetak gol ke gawang Curacao. (Dok. PSSI)
Selebrasi Dimas Drajad usai mencetak gol ke gawang Curacao. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dalam sebuah tim sepak bola, setiap posisi memiliki tugas dan perannya masing-masing. Salah satu posisi yang penting dalam sebuah tim ialah striker alias penyerang.

Pemain yang biasanya bertugas sebagai striker bakal menempati posisi yang paling dekat dengan gawang lawan. Tujuannya agar ia mampu menjalankan tugasnya sebagai pencetak gol.

Oleh karena itu, posisi striker menjadi salah satu sektor yang vital dalam sebuah tim, terutama jika menempatkannya dalam aspek ofensif.

Dalam permainan sepak bola, penyerang atau striker memang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada peran serta posisinya di sektor lini serang.

Untuk memahaminya, berikut Bolatimes.com menyajikan penjelasan mengenai pengertian striker serta tugasnya dalam permainan sepak bola.

Pengertian Striker dalam Sepak Bola

Striker atau penyerang merupakan pemain yang posisinya berada paling depan dalam sebuah permainan sepak bola. 

Dalam permainan sepak bola, setidaknya posisi penyerang bisa dibagi menjadi empat macam kategori.

Untuk kategori pertama ialah penyerang bayangan. Striker semacam ini posisinya berada di belakang penyerang murni. 

Kemudian, ada yang namanya penyerang sayap. Biasanya, mereka mendapat tugas khusus untuk mengisi sisi kanan atau kiri.

Selanjutnya, kategori yang ketiga ialah penyerang tengah. Penyerang tipe ini biasanya bertugas dalam formasi tiga penyerang dalam skema 4-3-3 ataupun 3-4-3.

Adapun kategori yang keempat ialah penyerang tunggal. Mereka biasanya bertugas menjadi target man, alias pemain yang mendapat suplai bola untuk menjebol gawang lawan.

Tugas Striker dalam Sepak Bola

Sebagai seorang pemain yang posisinya berada paling dekat dengan gawang lawan, tentu penyerang memiliki tugas utama untuk menjebol gawang lawan.

Namun, apabila merujuk dari empat kategori yang telah disebutkan sebelumnya, maka tugas seorang striker dalam sepak bola dapat dibedakan sesuai dengan posisinya.

Seorang pemain yang bertugas sebagai penyerang bayangan memiliki peran penting untuk menjembatani lini tengah dengan penyerang utama.

Sementara itu, seorang penyerang sayap, baik itu yang beroperasi di sektor kiri maupun kanan, memiliki tugas khusus untuk menyuplai bola matang kepada penyerang tengah.

Adapun seorang penyerang tengah mendapatkan tugas untuk mencetak gol ke gawang lawan. Dia bisa saja melakukan penetrasi ke jantung pertahanan lawan sekaligus membuka ruang bagi rekan-rekannya.

Lalu, penyerang tunggal adalah pemain yang biasanya memiliki kemampuan dan insting mencetak gol yang tinggi. Maka, dia menjadi seorang target akhir dari permainan sebuah tim untuk menjebol gawang lawan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini