Timespedia

Cara Melakukan Tendangan Kura-kura dalam Sepak Bola Ala Arkhan Kaka

Beginilah cara melakukan tendangan roket seperti Arkhan Kaka

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka, usai menjebol gawang Filipina di Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)
Penyerang Timnas Indonesia U-16, Arkhan Kaka, usai menjebol gawang Filipina di Piala AFF U-16 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Tendangan kura-kura merupakan salah satu teknis atau jenis tendangan di olahraga sepak bola.

Meski terdapat pula teknik atau gerakan dribbling, passing, heading dan kontrol bola, tendangan menjadi esensi dari olahraga  sepak bola.

Tendangan menjadi gerakan yang dapat digunakan untuk mencetak gol. Setidaknya, ada empat teknik yang umum digunakan oleh para pemain profesional untuk dapat menghasilkan tendangan yang akan sulit dibendung oleh lawan. 

Menendang bola dengan ujung kaki atau bagian luar menjadi salah dua di antara teknik menendang. Namun, ada juga tendangan kura-kura.

Ini adalah teknik yang dilakukan striker Timnas Indoneia U-16, Arkhan Kaka, kala menjebol gawang Uni Emirat Arab (UEA) di Kualifikasi Piala Asia U-17  2023.

Teknik Menendang Kura-kura dalam Sepak Bola

Teknik menendang kura-kura merupakan istilah dari teknik menendang bola menggunakan bagian punggung kaki.

Pada umumnya, tendangan dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke arah gawang. Teknik penting untuk dilatih agar kualitas tendangan semakin meningkat, lebih akurat, dan tepat sasaran.

Cara Melakukan Tendangan Kura-kura ala Arkhan Kaka

1. Tumpuan Kaki

Sesuai dengan prinsip menendang bola, maka letak kaki tumpu untuk menendang bola menggunakan kura-kura kaki adalah posisi kaki tumpu berada di samping sedikit agak belakang bola, arah kaki tumpu sejajar dengan arah sasaran.

2. Ayunan Kaki

Kaki yang menendang di angkat ke belakang, selanjutnya diayunkan ke depan ke arah bola. Gerakan arah kaki lurus kedepan searah dengan arah sasaran dan sejajar dengan arah kaki tumpu. Kemudian kaki yang menendang diterusakan dengan gerak lanjutan

3. Sikap Badan

Selain gerakan kaki, sikap badan juga penting. Sikap badan sesuai dengan prinsip menendang bola pada umumnya. Bedanya, sikap badan untuk melakukan tendangan kura-kura badan sedikit lebih condong ke belakang.

4. Pandangan Mata

Pada saat gerakan menendang sebelum dan pada saat perkenaan kaki dengan bola, arah pandangan mata berturut- turut pada arah sasaran, bola, kemudian pada laju bola saat gerakan folow through.

5. Perkenaan Bola

Perkenaan bola yang harus ditendang untuk melakukan tendangan kura-kura dalam sepak bola adalah bagian bawah tengah bola, sehingga bola akan naik atau melambung rendah.

6. Ancang-ancang

Pemain berdiri lurus di belakang bola dengan jarak mulai satu sampai lima langkah, hingga letak pemain, bola dan arah sasaran merupakan satu garis lurus. Ancang-ancang sebaiknya diambil tidak jauh dari bola karena kurang efektif.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini