Timespedia

Cara Latihan Menggiring Bola dengan Baik, Catat!

Wajib catat, begini cara bisa menggiring bola.

Rauhanda Riyantama

Antoine Griezmann menggiring bola saat melawan Borussia Dortmund di Liga Champions pada 6 November 2018 (Javier Soriano/AFP)
Antoine Griezmann menggiring bola saat melawan Borussia Dortmund di Liga Champions pada 6 November 2018 (Javier Soriano/AFP)

Bolatimes.com - Kemampuan menggiring bola dalam sepak bola menjadi salah satu indikator seorang pemain bisa bermain, meski begitu bisa saja belum cukup dan harus dilatih agar lebih baik.

Menggiring bola menjadi salah satu teknik dasar dalam sepak bola, penggunaan dua kali yang harus seimbang dan sesuai porsi keadaan.

Tidak mudah dalam melakukan giringan bola, baik saat berjalan biasa maupun ketika berlari karena itu dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa melakukannya dengan baik.

Kontrol bola dengan mempertahankannya lewat keseimbangan tentu membutuhkan latihan, pun waktu untuk melakoni proses itu tidak singkat.

Lantas bagaimana cara bisa melakukan giringan bola dengan baik? berikut beberapa cara yang bisa digunakan saat praktek latihan.

1. Sentuhan Lembut

Kontak dengan bola dilakukan dengan sentuhan, sentuhan lembut akan membantu pemain menentukan akselerasi dan kecepatan.

Lakukan hal ini sesering mungkin, karena dapat membuat pemain merasakan lebih mudah dalam mengendalikan bola.

2. Dekat dengan Kaki

Selalu menjaga bola agar dekat dengan kedua kaki, tempatkan badan antara pemain lawan dan bola untuk bisa mengubah arah lebih cepat.

Bola yang dijaga dengan kedua kaki akan membuat pemain lawan lebih sulit untuk bisa merebut dari penguasaan.

3. Menggiring Pakai Ujung Kaki Depan

Gunakan bagian dalam kedua kaki dalam proses mengumpan bola bolak-balik, lakukan gerakan congklang agar bola selalu dekat dengan kaki.

Penempatan pinggang dan kaki saat bercongklang membantu dalam proses penyusuran lapangan, hingga membuat kecepatan dan keseimbangan lebih maksimal.

4. Jaga Penglihatan Sekeliling

Jangan terpaku terus dengan bola, perhatikan lingkungan sekitar saat menggiring bola dengan secepat mungkin.

Hal ini membuat pemain lebih mudah dalam mempertahankan kondisi bola dengan penglihatan yang mengarah pada celah pertahanan lawan.

5. Ubah Kecepatan

Mengubah kecepatan saat menggiring bola, hal ini dilakukan agar pemain lawan kesulitan dalam mengantisipasi gerakan selanjutnya.

Karena pada dasarnya gerakan maju sambil menggiring bola dengan mudah bisa dihentikkan oleh pemain lawan.

6. Pakai Badan Lindungi Bola

Mempertahankan bola dari pemain lawan bisa dengan memanfaatkan postur tubuh, menghalangi lawan dengan badan adalah cara terbaik mempertahankan bola.

Kombinasi dengan kaki dan kedua tangan yang menghalangi lawan juga sangat ampuh, membuat lawan kesulitan mencari celah mencuri bola.

Selain deretan cara di atas, berikut deretan cara berlatih agar mudah dalam menggiring bola tanpa harus pusing mengantisipasi lawan.

  • Melatih giringan bola di lapangan.
  • Melatih giringan bola dengan cepat.
  • Menggiring bola dengan meliuk-liuk, biasanya memakai kerucut dengan satu kaki.
  • Melakukan latihan crossover, juga dengan kerucut memakai kedua kaki.
  • Melakukan latihan inside-outside melewati kerucut dengan kedua kaki.
  • Melakukan latihan roll-inside.
  • Lakukan latihan umpan bola bolak-balik tanpa menggunakan kerucut.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini