Lirik Lagu Tanah Airku, Ciptaan Ibu Sud yang Sering Dinyanyikan Timnas Indonesia usai Bertanding

Ayo hafalin, lagu ini pasti diputar usai laga Timnas Indonesia vs Curacao

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 22 September 2022 | 20:00 WIB
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Salah satu ritual terbaru yang sering dilakukan oleh suporter seusai timnas Indonesia bertanding di berbagai ajang ialah menyanyikan lagu nasional berjudul “Tanah Airku”.

Dalam sejumlah kesempatan, perjuangan para pemain timnas Indonesia di atas lapangan biasanya ditutup dengan melingkar di tengah lapangan lalu menyanyikan lagu “Tanah Airku” bersama-sama dengan suporter.

Tak jarang, momen menyanyikan lagu “Tanah Airku” ini sering kali menggetarkan hati dan jiwa setiap orang yang berada di stadion.

Pasalnya, lagu nasional yang diciptakan oleh Ibu Sud ini memiliki makna nasionalisme yang sangat mendalam di setiap baris liriknya.

Lagu Tanah Airku yang menjadi salah satu lagu wajib nasional ini memang memiliki lirik yang menggambarkan mengenai keindahan alam Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Selain itu, lirik lagu ini juga merepresentasikan nilai-nilai kebangsaan serta bentuk cinta seorang warga kepada tanah airnya. 

Untuk diketahui, Tanah Air terdiri dari tiga bait. Bait pertama inilah yang menggambarkan kecintaan seseorang terhadap tanah airnya, yakni Indonesia.

Sementara itu, pada bait kedua, liriknya mengandung makna bahwa ketika seseorang yang yang berada jauh dari tanah airnya, tetapi alam dan keindahan Indonesia akan tetap berada di hatinya.

Hal inilah yang membuat seseorang akan selalu memiliki keinginan untuk kembali ke pelukan tanah airnya meskipun sudah berkelana jauh ke berbagai negeri.

Adapun bait ketiga isinya juga sama dengan bait yang pertama. Yakni menggambarkan tentang tanah air yang dicintainya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lirik lagu “Tanah Airku”, lagu nasional yang kerap dinyanyikan timnas Indonesia seusai bertanding.

Tanah air ku tidak kulupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh

Tidak kan hilang dari kalbu

Tanah ku yang kucintai

Engkau kuhargai

 

Walaupun banyak negeri kujalani

Yang masyhur permai dikata orang

Tetapi kampung dan rumahku

Di sanalah ku rasa senang

Tanah ku tak kulupakan

Engkau kubanggakan

 

Tanah ku yang kucintai

Engkau kuhargai

Kuhargai

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pelatih Prawira Harum Bandung, David Singleton bangga dengan keberhasilan timnya melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Keberhasilan tersebut jadi momen indah buat semua orang.

timespedia | 01:40 WIB

Prawira Harum Bandung berhasil melaju ke putaran kedua kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Mereka mengikuti jejak tim bola basket senegaranya, Pelita Jaya.

timespedia | 01:26 WIB

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB
Tampilkan lebih banyak