Cara Melakukan Lemparan ke Dalam di Permainan Sepak Bola, Awas Tangannya Sering Salah

Inilah cara melakukan lemparan ke dalam di permainan sepak bola

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 20 September 2022 | 22:00 WIB
Pemain Swansea City Kyle Naughton hendak melakukan lemparan ke dalam (throw in). [AFP]

Pemain Swansea City Kyle Naughton hendak melakukan lemparan ke dalam (throw in). [AFP]

Bolatimes.com - Cara melakukan lemparan ke dalam di permainan sepak bola adalah salah satu hal yang perlu dipahami oleh seorang atlet karena memiliki teknik dan aturan yang perlu diperhatikan.

Lemparan ke dalam di permainan sepak bola terjadi ketika bola melewati salah satu garis di sisi lapangan. Lemparan ini dilakukan di tempat yang sama di mana bola meninggalkan lapangan.

Tak hanya itu saja, melakukan lemparan ke dalam di sepak bola juga sangat penting. Sebab, hal ini memiliki pengaruh untuk menjaga penguasaan bola alias ball possession.

Baca Juga: Viral Komentator Vietnam Menangis usai Timnas Indonesia U-19 Cetak Gol Ketiga, Padahal Lagi Live

Lemparan ke dalam juga bisa bermanfaat dalam melakukan serangan yang mengejutkan tim lawan. Oleh karena itu, lemparan ke dalam bisa menjadi keterampilan yang penting dalam permainan sepak bola.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merupakan salah satu sosok yang memanfaatkan lemparan ke dalam untuk menghasilkan peluang berbahaya di hadapan gawang lawan.

Para pemain yang memiliki keahlian khusus dalam melakukan lemparan ke dalam memang mendapatkan tempat spesial di skuad asuhan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Profil Muhammad Fajriyan, Pivot Debutan Timnas Futsal Indonesia Pengganti Evanmovic

Sebab, Shin Tae-yong sering memberikan instruksi khusus kepada pemain yang mampu melontarkan lemparan ke dalam berjarak jauh untuk menciptakan peluang dalam sebuah pertandingan.

Di level senior, Shin Tae-yong sering mengandalkan Pratama Arhan. Sementara di level U-20, pemain muda Persib Bandung, Robi Darwis, kerap diinstruksikan untuk mengeksekusi strategi ini.

Lalu, bagaimana sebetulnya cara melakukan lemparan ke dalam di permainan sepak bola? Berikut Bolatimes.com menyajikannya.

1. Pegang Bola dengan Kedua Tangan

Aturan yang perlu diperhatikan dalam melakukan lemparan ke dalam di permainan sepak bola ialah memegang bola dengan menggunakan kedua tangan.

Oleh karena itu, seorang pesepak bola tidak diperbolehkan untuk melempar menggunakan satu tangan saja ketika melakukan lemparan ke dalam.

2. Arahkan Kaki Menghadap Lapangan

Kedua kaki harus berada di belakang garis lapangan dan menyentuh tanah agar lemparan ke dalam ini dianggap sah. Selanjutnya, kedua kaki disarankan untuk dibuka agar bisa mendapat kuda-kuda yang kokoh.

Salah satu aturan yang patut dipahami ialah kaki tidak boleh melewati garis lapangan ketika melempar bola ke dalam. Jika sampai melewati garis, maka kepemilikan bola akan menjadi milik tim lawan.

3. Melengkungkan Punggung

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan jarak lemparan yang jauh ialah dengan memanfaatkan kekuatan bahu, punggung, maupun momentum ketika berlari.

Artinya, melakukan lemparan ke dalam tak hanya mengandalkan kekuatan tangan saja. Melengkungkan punggung untuk mendapatkan daya lontar bisa menjadi salah satu cara terbaik.

4. Awali dari Belakang Kepala

Kemudian, aturan berikutnya yang patut dipahami ialah mengawali lemparan ke dalam dengan bola berada di belakang kepala.

Hal ini dilakukan agar lemparan ke dalam dianggap sah. Oleh karena itu, bola harus dimulai dari belakang dan melewati atas kepala.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pelatih Prawira Harum Bandung, David Singleton bangga dengan keberhasilan timnya melangkah ke putaran kedua Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Keberhasilan tersebut jadi momen indah buat semua orang.

timespedia | 01:40 WIB

Prawira Harum Bandung berhasil melaju ke putaran kedua kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024. Mereka mengikuti jejak tim bola basket senegaranya, Pelita Jaya.

timespedia | 01:26 WIB

Prawira Harum Bandung akan menjalani laga hidup dan mati saat berjumpa Ulaanbaatar XAC Broncos pada laga play off putaran pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia, Minggu (7/4).

timespedia | 00:30 WIB

Mike Tyson (57) dan Jake Paul akan adu jotos pada 20 Juli di AT&T Stadium Texas, yang merupakan markas klub NFL Dallas Cowboys.

timespedia | 09:02 WIB

kartu merah yang dikeluarkan wasit bentuknya tidak persegi seperti biasanya, melainkan berupa lingkaran

timespedia | 20:58 WIB

berikut adalah teknik dasar bola voli untuk pemula agar bisa mahir dan jadi atlet seperti Shella Bernadetha.

timespedia | 06:00 WIB

Sriartha mulai bermain basket sejak SD. Ia kemudian bergabung dengan tim ekstrakurikuler basket di sekolahnya dan mendapat kesempatan berlatih di klub Merpati Denpasar.

timespedia | 16:50 WIB

Bikini memiliki desain yang simpel dan nyaman, sehingga dapat mendukung gerakan renang yang dinamis.

timespedia | 14:47 WIB

Untuk bermain sepak bola, diperlukan lapangan yang sesuai dengan standar. Ukuran lapangan sepak bola standar nasional di Indonesia adalah sebagai berikut:

timespedia | 14:21 WIB

Marshella Aprilia ngaku baru putus dengan Pratama Arhan sebulan lalu sebelum ditinggal nikah.

timespedia | 20:00 WIB

Apa itu Premier League Summer Series 2023?

timespedia | 10:15 WIB

Berikut ulasan sejarah olahraga panahan.

timespedia | 19:30 WIB

Berikut ulasan jenis-jenis strategi dalam bola voli.

timespedia | 18:00 WIB

Wajib tahu, berikut istilah-istilah dalam catur.

timespedia | 15:30 WIB

Jangan heran jika nantinya ada pemain keturunan Jawa di Timnas Kaledonia Baru U-17 yang tampil pada Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

timespedia | 17:56 WIB

Intip perbedaan mini soccer dengan sepak bola dan futsal.

timespedia | 11:00 WIB

Raket harus sesuai dengan gaya permainan Anda yang cenderung gemar bertahan atau menyerang

timespedia | 17:09 WIB

Di ajang ini, Jakarta Bhayangkara Presisi berhasil lolos ke final

timespedia | 08:14 WIB
Tampilkan lebih banyak